Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Apa itu Saham Treasuri? Pengertian, Tujuan, Metode, dan Contohnya

3 Agu 2022, 16:18 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
apa itu saham treasuri

Apa itu saham treasuri? Ini merupakan salah satu istilah yang boleh jadi banyak investor kurang familiar, terutama pemula. Hal ini dikarenakan jenis saham yang umum ditransaksikan oleh retail bukanlah saham treasuri, melainkan saham biasa.

Saham treasuri sendiri berkaitan dengan struktur modal perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Biasanya perusahaan mengubah jumlah modal saham dengan membeli kembali saham yang beredar. Inilah yang disebut dengan treasury stock. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Saham Treasuri?

Pengertian saham treasuri adalah jenis saham yang dikeluarkan untuk investor publik dan kemudian dibeli kembali (buyback) oleh perusahaan penerbit atas nama perusahaan itu sendiri. Besar kecilnya yang dibeli akan memengaruhi tingkat likuiditas saham di bursa lantaran dapat mengurangi jumlah saham yang beredar.

Dengan demikian treasury stock tidak diikutsertakan ke dalam perhitungan learning per share di laporan keuangan. Treasury stock juga tidak memiliki hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), tidak berhak atas pembayaran dividen, dan tidak mendapatkan kekayaan bersih dalam hal perseroan dilikuidasi. Dalam laporan keuangan treasury stock dicatat di neraca bagian ekuitas.

Baca juga: 2 Cara Antisipasi Manipulasi Laporan Keuangan oleh Emiten

Tujuan Kepemilikan Saham Treasuri

Setelah tahu apa itu saham treasuri, terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan memiliki treasury stock. Buyback dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menopang harga saham tidak merosot terlalu dalam dengan menciptakan artificial demand atau permintaan buatan.

Strategi tersebut cenderung ampuh mendongkrak harga saham yang tentunya menguntungkan bagi investor yang masih memegang sahamnya. Kemudian pada situasi tertentu seperti market crash, pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah beberapa kali memberi lampu hijau kepada emiten untuk melakukan buyback tanpa persetujuan pemegang saham di RUPS.

Selain itu, modal saham yang dibeli kembali oleh perusahaan penerbit biasanya memiliki tujuan untuk diterbitkan lagi dengan harga yang lebih tinggi, serta mengurangi jumlah saham yang beredar agar angka EPS meningkat. Ada juga kemungkinan saham tersebut untuk dipindah tangankan ke karyawan perusahaan atau dimanfaatkan sebagai langkah pembagian dividen.

Melansir Corporate Finance Institute, aksi buyback bisa menggenjot peningkatan rasio keuangan yang terlihat dari return on assets (ROA) dan return on equity (ROE). Hal ini kemudian menggambarkan kinerja pasar perusahaan yang positif.

Baca juga: Mining 101 - Batubara: Pemahaman dan Cara Analisisnya

Metode Perolehan Saham Treasuri

Dalam mendapatkan kembali saham beredar biasanya perusahaan menerapkan satu dari beberapa metode, yaitu:

  • Tender Offer

Secara definisi, tender offer merujuk pada aksi korporasi di mana perusahaan mengumumkan akan membeli kembali saham pada harga dan periode yang telah ditentukan.

  • Open-Market Repurchase

Perusahaan membeli kembali sahamnya melalui pialang dan membayar fee atau komisi pada tingkat normal. Harga yang dibeli sesuai dengan harga pasar.

  • Dutch Auction

Perusahaan menyebutkan rentang harga saham yang ditawarkan. Cara kerjanya seperti lelang di mana pemegang saham akan memilih satu harga yang mereka tetapkan untuk menjual sahamnya kepada perusahaan.

Baca juga: Analisa Bid Offer Saham untuk Mengetahui Likuiditas Saham

Contoh Saham Treasuri

PT United Tractors Tbk (UNTR) akan melakukan buyback selama tiga bulan sejak 13 Juli sampai 12 Oktober 2022. Buyback tidak lebih dari 20% dan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5% dari modal yang disetor. 

Buyback dilakukan menggunakan kas internal, sehingga aset dan ekuitas akan menurun dengan perkiraan sebanyak-banyaknya Rp5 triliun. Tujuannya untuk menstabilkan harga saham dan memberikan keyakinan atas nilai saham UNTR kepada investor.

Adapun PT MD Pictures Tbk (FILM) yang melepas sekitar 146 juta treasury stock melalui perdagangan di BEI secara bertahap pada 30 Maret 2022 sampai 4 April 2022. Total dana yang diperoleh dari penjualan treasury stock sebesar Rp169,22 miliar.

Untuk contoh lainnya, PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menjual saham hasil pembelian kembali atau treasuri dengan total 5,446 juta saham pada Maret 2022. Total perolehan dananya sebesar Rp148,60 miliar.

Baca juga: 6 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen yang Mesti Kamu Tahu

Demikian adalah ulasan singkat tentang apa itu saham treasuri. Jika kamu tertarik belajar saham lebih jauh sekaligus dapat rekomendasi jual-belinya, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Perhitungan Break Even Point Supaya Kamu Tahu Sudah Untung atau Belum

13 Jan 2023, 16:28 WIB
article
ArtikelPemula

Istilah Price In Harga Saham, Apa Maksudnya?

10 Nov 2022, 16:18 WIB
price in harga saham
ArtikelPemula

Aset Safe Haven Emas, Pahami Maksud dan Keuntungannya Di Sini

11 Nov 2022, 16:21 WIB
aset safe haven emas
ArtikelPemula

Ekonomi AS Diprediksi Double-Dip Recession, Apa Maksudnya?

2 Nov 2022, 15:45 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi