Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Cara Lihat Grafik Harga CPO Hari Ini, Ikuti Langkah-Langkahnya

20 Sep 2022, 14:43 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
grafik harga cpo hari ini

Bagaimana cara cek grafik harga CPO hari ini? Sektor CPO merupakan salah satu saham favorit banyak orang yang aktif melakukan trading. Karena emitennya memproduksi CPO, otomatis harga sahamnya akan bergerak mengikuti harga komoditasnya. Sehingga penting untuk memperhatikan perkembangan harga CPO yang umumnya sangat volatil sebagai salah satu pertimbangan saat ingin membeli saham dari sektor ini. 

Kenapa CPO Pakai Satuan Ringgit?

Ketika berbicara tentang harga komoditas CPO, umumnya trader mengacu pada CPO yang diperdagangkan di Bursa Malaysia Derivative (BMD) dengan satuan ringgit per ton. Jadi kalau kamu lagi cek grafik harga CPO hari ini, pastikan lihat berdasarkan harga Malaysia.

Nah, mungkin kamu bingung kenapa pakai satuan ringgit bukan rupiah padahal Indonesia adalah produsen CPO terbesar di dunia?  Alasannya karena Malaysia punya acuan data statistik yang sangat lengkap untuk analisis pergerakan supply and demand CPO. 

Sedangkan data stastik dari Indonesia sering kali mengalami keterlambatan dalam hal perilisan data. Oleh sebab itu sulit untuk dijadikan trader sebagai bahan analisis. 

Baca juga: 3 Tips Meminimalisir Risiko di Pasar Saham

Cara Lihat Grafik Harga CPO Hari Ini

Kamu bisa manfaatkan fitur chart gratis dari TradingView untuk cek grafik komoditas CPO.

1. Masuk ke tradingview.com

2. Klik kolom pencarian “Search markets here”

grafik harga cpo hari ini

3. Masukkan kode FCPO

4. Klik “Launch chart” pada kode FCPO

grafik cpo hari ini

5. Grafik CPO akan muncul sebagai berikut.

grafik harga cpo hari ini

Baca juga: Harga CPO Naik, Sahamnya Juga Meroket Naik Gitu? Cek Jawabannya di Sini!

Istilah yang Harus Dipahami

Saat masukkan kode FCPO di TradingView untuk lihat grafik harga CPO hari ini, sebenarnya ada pilihan chart berdasarkan current contract in front dan next contract in front. Apa sih maksudnya?

Sebagai informasi, futures contract (kontrak berjangka) mewajibkan pemegangnya untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan. Dalam beberapa kasus, masa kedaluwarsa kontrak sangatlah lama. Dalam kasus lain, kontrak kedaluwarsa dalam periode waktu yang relatif singkat.

Istilah front month mengacu pada tanggal kedaluwarsa terdekat dalam futures trading. Itu berarti front month menjadi time frame terpendek dalam hal pembelian kontrak.

Kontrak ini cenderung ramai diperdagangkan, sehingga tergolong cukup likuid. Alasannya karena gap yang relatif kecil antara harga spot komoditas atau komoditas yang mendasari kontrak dan harga futures.

Jadi, jika ingin melihat harga CPO yang paling mendekati harga spot bisa melihat harga dalam kontrak current front month dan next front month

Adapun, setiap futures market umumnya memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda. Untuk sektor komoditas akan sangat bergantung dengan musim penambangan, panen, atau penanaman, dan mungkin memiliki lima bulan pengiriman atau lebih dalam satu tahun. Kontrak sektor energi seperti CPO berhenti diperdagangkan di bulan sebelum bulan kedaluwarsa.

Baca juga: 2 Modal Selain Uang yang Harus Disiapkan Sebelum Masuk Saham

Demikian adalah langkah-langkah serta penjelasan mengenai grafik harga CPO hari ini. Mau tahu potensi dan prospek dari saham CPO?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi