Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPsikologi Trading

3 Mindset Trader Saham yang Penting Dimiliki Agar Lebih Konsisten

5 Sep 2022, 16:01 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
mindset trader

Kata kunci sukses di pasar saham adalah 3M, yakni mindset, money management, dan method. Kali ini kita akan membahas mindset atau pola pikir yang penting dimiliki oleh siapa pun yang ingin mulai trading saham.

Kenapa penting? Sebab sering kali orang masih suka keliru dalam hal memperlakukan saham yang sebenarnya hanyalah “kendaraan” untuk mencapai kenyamanan finansial. Alhasil karena ekspektasinya terlalu tinggi, begitu rugi banyak malah merasa kapok dan tidak bisa bertahan lama di market.

Trading dan Investasi itu Seperti Maraton

Emtraders, trading dan investasi itu seperti maraton. Jangan hanya lihat kondisi atau hasilnya sekarang. Lihatlah dalam jangka panjang, bukan dalam beberapa bulan bahkan harian saja. Alih-alih fokus pada tujuan, lebih baik fokus pada proses belajar. Ketika terlalu fokus pada tujuan dan mengabaikan prosesnya, malah nanti kita akan jadi lebih sulit untuk belajar dan hasilnya pun jadi kurang maksimal

Baca juga: Belajar dari Kegagalan Ray Dalio di Pasar AS dan Mindset yang Bisa Dipelajari

Trading dan Investasi itu Harus Mengalir

Trading itu seperti berselancar mengikuti arah ombak. Trading juga bisa dianalogikan seperti orang yang sedang menari mengikuti irama musik. Kita tidak bisa memaksakan arah ombak. Kita juga tidak bisa menyuruh DJ untuk mainkan musik tertentu. Maka yang bisa dilakukan adalah mengalir dengan suasana. Artinya ketika merasa capek, kita tidak perlu berselancar dan menari untuk sementara.

Yang dapat dipetik dari kedua analogi ini adalah terkadang hasil trading bisa mengikuti tren market. Entah itu tren naik atau turun. Ketika market lagi uptrend, hasilnya bisa bagus tetapi jika lagi downtrend kita bisa wait and see terlebih dahulu dan kurangi transaksi. Begitu pun ketika sideways sebaiknya jangan terlalu agresif dengan cara mengurangi porsi atau nominal beli saham.

Pertanyaanya, “kenapa kalau lagi sideways Emtrade terkadang masih trading? Kok masih beli?” Perlu diperhatikan, strategi beli saham Emtrade menggunakan analisis teknikal. Salah satunya melihat saham yang mantul di support dari masa sideways.


Adapun ketika harga saham mengalami breakout dari masa sideways.


Kedua kondisi ini merupakan peluang bagus yang bisa dimanfaatkan. Maka dari itu jika tidak melakukan buy, otomatis kita kan kehilangan peluang. Nah, mungkin kamu bertanya-tanya lagi, “kalau peluang itu diambil kan belum tentu berhasil?” Probabilitas di masa sideways itu 50:50. Walaupun begitu bisa disiasati dengan mengurangi porsi beli dari masa sideways menuju uptrend atau dari masa testing.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

Mencukupkan Diri

Untuk menjadi seorang trader dan investor yang sukses, penting juga untuk menanamkan mindset let go. Cukupkan lah diri dengan apa yang ada pada diri kita. Seperti yang kita tahu cara berinvestasi yang tepat adalah dengan memakai uang dingin. Otomatis jika kita punya uang dingin untuk berinvestasi, artinya secara finansial hidup kita baik-baik saja jadi so what gitu lho?. Kita tidak perlu terburu-buru untuk cuan besar di saham. Lebih baik enjoy the process.

BACA JUGA: Pilih Jadi Swing Trader atau Super Trader? Harus Tahu Ini Dulu!

Dari ketiga mindset yang disebutkan, mana nih yang belum kamu terapkan? Yuk mulai benahi mindset-mindset yang masih keliru supaya kita semua bisa bertahan lama di market dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelPemula

Pilih Jadi Swing Trader atau Super Trader? Harus Tahu Ini Dulu!

26 Okt 2022, 16:38 WIB
article
ArtikelPemula

Kamu Bisa Jadi Full Time Trader Kalau…

13 Okt 2022, 16:20 WIB
full time trader
ArtikelPemula

3 Kesalahan Trading Saham yang Bikin Kamu Susah Cuan

1 Sep 2022, 14:52 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi