Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

K-Drama Stock Struck: Pelajaran Berharga untuk Investor Pemula

31 Agu 2022, 17:06 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
drama stock struck

Belajar saham di zaman sekarang sudah jauh lebih mudah. Di media sosal pun setiap hari banyak konten edukasi saham yang berseliweran, Emtrade salah satunya. Bahkan ada beberapa film, series, atau drakor alias drama korea yang mengangkat cerita seputar investasi saham seperti contohnya Stock Struck.

Stock Struck sudah mulai tayang di platform streaming Korea TVING sejak bulan 12 Agustus 2022. Drama ini bercerita tentang lima investor ritel yang baru tertarik untuk masuk ke pasar saham dan akhirnya tergabung dalam satu grup belajar saham. Masing-masing karakter punya background story-nya sendiri yang bikin mereka terdorong untuk belajar lebih jauh.

Tidak hanya menghibur, drakor satu ini juga memberi pesan berharga yang bisa dipetik khususnya untuk investor pemula. Nah, kali ini kita akan sama-sama belajar sambil mengulas episode 1. Kalau kamu mau nonton full setelah baca artikel ini, tenang saja! Soalnya di episode ini baru perkenalan karakter kok, jadi tanpa spoiler ya.

Dari Untung Jadi Buntung

Diceritakan seorang perempuan bernama Yoo Mi Seo, pegawai mall yang berencana untuk menikah dengan pacarnya. Mi Seo bisa dibilang orang yang impulsif. Suka sama satu barang langsung beli. Termasuk sewa apartemen dengan harga tinggi di luar kemampuan finansial dia.

Akhirnya pinjaman bank jadi solusi terakhir yang diambil. Sayangnya pihak bank menolak pengajuan tersebut. Padahal dia sudah bayar uang muka sebesar 3 juta won (Rp33,2 juta) dan bisa hangus kalau uang sewanya tidak dibayar. Melihat Mi Seo yang lagi pusing tujuh keliling, Sim Soo Jin, temannya menawarkan untuk investasi saham.

Soo Jin pun kasih tahu informasi dari salah seorang insider, yaitu kerabatnya yang bekerja di perusahaan farmasi Tae-Pyeong Bio bahwa mereka akan rilis obat demensia. Ketika nanti resmi rilis, harga sahamnya diprediksi akan naik. Sambil membujuk, Soo Jin memamerkan tas branded-nya yang dibeli dari return investasinya.

BACA JUGA: Dividen TLKM 2023, Simak Rinciannya Di Sini

Mi Seo yang awalnya ragu-ragu akhirnya beli saham Tae-Pyeong Bio pakai uang nikah dengan modal awal sebesar 5 juta won (Rp55,34 juta) dari total modal 180 juta won (Rp2 miliar). Selang beberapa waktu harga saham naik hingga 88%. Otomatis nilainya jadi sekitar 9,2 juta won (Rp101 juta). Lihat sahamnya cuan besar, Mi Seo langsung all in pakai semua modal dengan harapan memperbesar keuntungan.

drama stock struck

Alih-alih tambah untung, Mi Seo berakhir buntung karena harga saham jatuh hampir 50% jadi 91,14 juta won (Rp1 miliar). Mi Seo yang panik akhirnya memutuskan untuk cut loss dengan posisi rugi besar. Namun sehari setelah dijual, harga saham Tae-Pyeong Bio kembali naik. Dia pun kesal dengan Soo Jin yang merekomendasikan saham tersebut. Hubungan dengan calon suaminya juga berantakan.

stock struck

Baca juga: Strategi Scalping, Swing, dan Super Trading, Apa Bedanya?

Pelajaran yang Bisa Dipetik

Dari satu episode tadi ada banyak hal yang dapat kita pelajari. Mulai dari financial planning di mana kebiasaan impulsif Mi Seo yang bikin dia ambil keputusan berdasarkan emosi sesaat tanpa pertimbangan yang matang. Kalau saja dia sewa apartemen yang harganya sesuai dengan budget, mungkin nasibnya tidak akan berakhir seperti itu. Sayangnya Mi Seo terlalu memaksakan kehendak. Maka pesannya adalah live below your means.


Lalu berikutnya, bekali diri dengan ilmu yang mumpuni sebelum berinvestasi saham. Mi Seo yang saat itu sedang punya masalah dan harus segera cari solusi memutuskan untuk beli saham tanpa pengetahun apa pun. Itu pun sahamnya hasil rekomendasi dari Soo Jin yang punya informasi insider. Jadi dia belum benar-benar mengetahui kinerja dan kesehatan perusahaan Tae-Pyeong Bio.

Kemudian perasaan FOMO sebaiknya dihindari saat berinvestasi saham. Di episode 1 terlihat Mi Seo yang untung 88% langsung all in beli saham pakai semua modal dengan harapan tambah cuan. Salah satu pendorongnya bisa jadi karena dia punya trigger yang mengharuskannya untuk cuan besar dalam waktu cepat. Keputusan ini tentu sangat berisiko ditambah lagi Mi Seo masih pemula yang sama sekali belum belajar saham.

drama stock struck

Hal lain yang dapat dipelajari adalah tentang bahayanya menggunakan uang panas untuk investasi. Uang panas tidak melulu soal uang hasil pinjaman ya, Emtraders. Bisa juga uang tabungan yang akan dipakai dalam waktu dekat. Dalam kasus Mi Seo, uangnya berasal dari tabungan pernikahan yang dikumpulkan bersama pacarnya. Alhasil begitu tahu tabungannya tergerus banyak, Mi Seo diputusin dan mereka gagal nikah.

Meski begitu Mi Seo berani mengakui dan memperbaiki kesalahannya dengan belajar tentang saham agar lebih siap masuk ke market. Sikapnya pantut dicontoh nih. Tapi sebaiknya belajar dari awal ya Emtraders. Jangan tunggu salah dulu baru mau belajar.

Baca juga: Pemula Pilih Belajar Teknikal atau Fundamental?

Nah, itu tadi pelajaran berharga yang bisa diambil dari drakor Stock Struck. Meskipun bukan secara teori maupun praktik, tapi setidaknya kita bisa mempelajari mindset yang tepat saat hendak terjun di pasar saham.

Kalau mau belajar teori dan praktik lebih jauh, Emtrade bakal ajarin kamu lebih di Workshop Zero to Hero: Analisis Laporan Keuangan hari Sabtu, 24 September 2022 jam 13:00-17:30 WIB bersama tim Equity Research Analyst Emtrade dan Ellen May.


Klik di sini untuk daftar Workshop

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Dividen TLKM 2023, Simak Rinciannya Di Sini

13 Jan 2023, 16:26 WIB
article
ArtikelInsight

6 Saham yang Bakal Bagi-Bagi Dividen Interim, Siapa yang Yield-nya Terbesar?

23 Nov 2022, 15:29 WIB
article
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi