Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

MDKA Dapat Pendapatan Nikel? Begini Penjelasannya

12 Agu 2022, 16:41 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Merdeka Copper Gold Tbk, saat ini cukup dikenal dengan lini bisnisnya yang berfokus pada komoditas metal seperti tembaga, emas, dan perak. Meski demikian, pada awal 2022 lalu MDKA melakukan langkah ekspansi dengan mengakuisisi tambang dan smelter nikel, dimana pada bulan Mei MDKA telah menyelesaikan proses akuisisi PT Merdeka Battery Minerals (MBMA) melalui anak usahanya bernama PT Merdeka Energi Nusantara.

BACA JUGA: Begini Efek Pajak Ekspor Kepada Kinerja Saham Nikel

Melalui penyelesaian akuisisi tersebut, MDKA membawahi bisnis nikel yang terintegrasi secara vertikal mulai dari tambang nikel seluas 21 hektar, 4 smelter RKEF, dan kawasan industri nikel seluas 3.600 hektar. Sehingga nantinya MDKA akan masuk kedalam rantai pasokan baterai mobil listrik global melalui proyek-proyek strategisnya.

Melalui presentasi perusahaan, manajemen mengungkapkan adanya lonjakan pendapatan menjadi US$341 juta pada semester 1/2022, naik 153% dibandingkan kinerja semester 1/2021, perolehan tersebut setara dengan 90% pendapatan setahun penuh di 2021. Hal tersebut terjadi karena MDKA mulai mengonsolidasi pendapatan nikelnya pada kuartal 2 tahun ini. Tercatat MDKA telah menjual 5.041 ton produk nickel pig iron setara dengan US$94 juta atau 43% dari total pendapatan semester 1 MDKA, menjadi komoditas dengan kontribusi ke pendapatan terbesar.

Volume penjualan nikel tersebut menggambarkan 13% dari kapasitas produksi NPI MDKA saat ini sebesar 38 ribu ton NPI per tahun, tidak termasuk smelter Zao Hui Nickel (ZHNS) yang masih dalam proses konstruksi. Dengan asumsi smelter ZHNS dapat beroperasi di 2023, utilisasi sebesar 80% maka MDKA, dan harga jual rata-rata (ASP) yang stabil, MDKA dapat memperoleh pendapatan sebesar US$1,31 miliar dari segmen nikelnya.



Proyek Indonesia Konowe Industrial Park

Selain proyek smelter RKEF ZHNS dengan kapasitas 50 ribu ton NPI pertahun yang sedang dalam masa konstruksi. MDKA juga sedang melaksanakan uji kelayakan Indonesia Konowe Industrial Park (IKIP) yang dimiliki sebesar 32% oleh perusahaan. Proyek tersebut nantinya akan menjadi kawasan industri nikel seluas 3.600 hektar dengan beberapa proyek pengolahan nikel.

Kawasan tersebut nantinya akan terdapat smelter HPAL yang dikembangkan oleh IKIP dan Tsingshan melalui joint venture. Kawasan tersebut akan menjadi salah satu langkah untuk MDKA memasuki rantai pasokan baterai EV global.

 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi