Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Kebijakan Pajak Ekspor Nikel, Begini Efeknya ke Emiten Logam

6 Agu 2022, 13:36 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pemerintah berencana memberlakukan pajak ekspor baru untuk komoditas nikel dengan jenis nickel pig iron (NPI) dan ferronickel pada 3Q22. Staff Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo menyatakan bahwa tujuan dari larangan tersebut adalah mendorong pasokan nikel untuk hilirisasi, tentu selain untuk menambah pendapatan pemerintah dari pajak.

Kebijakan tersebut serupa meskipun tak sama dengan keputusan pemerintah melarang ekspor bijih nikel (nickel ore) bahan baku NPI dan ferronickel untuk kepentingan hilirisasi pada awal tahun 2020 lalu. Sehingga kedepan harapannya Indonesia sebagai negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia dapat mengekspor nikel dalam produk jadi atau setengah jadi, bukan bahan baku mentah.

BACA JUGA: Sebelum Beli Saham Nikel, Wajib Baca Ini Ya

Meskipun pemberlakuan pajak tersebut masih dalam bentuk wacana, dapat diperkirakan akan ada potensi kenaikan tarif pajak dari yang sebelumnya 2%. Potensi kenaikan tarif pajak tersebut tentu akan menjadi biaya keuangan bagi perusahaan, sehingga dapat menjadi katalis bagi perusahaan.

Emiten Ini yang akan Terdampak

Melihat rencana pajak tersebut akan dikenakan bagi produk nickel pig iron dan ferronickel, maka HRUM dan ANTM menjadi emiten yang akan terdampak. Dimana HRUM memiliki produk NPI sedangkan ANTM ferronickel.

Meskipun pendapatan HRUM lebih dari 98% masih disumbang dari komoditas batubara, per April 2022 HRUM melalui anak usahanya bernama Infei Metal Industri, HRUM telah memulai produksi NPInya dengan penjualan sejumlah 5.046 ton.

Sedangkan ANTM sejak tahun 2018 telah memulai penjualan produk ferronickel, dimana pada kuartal I/2022 bisnis ferronickel ANTM menyumbang 35,7% dari total pendapatan pada periode tersebut.


Berapa Beban Pajak & Retribusi Perusahaan Saat Ini?

Mengutip dari laporan keuangan ANTM kuartal I/2022, ANTM menanggung beban pajak atas penjualan ekspornya senilai Rp31,3 miliar atau setara dengan 1,3% dari total nilai penjualan ekspor. Sedangkan HRUM sepanjang semester I/2022 menanggung US$53,3 juta beban retribusi atau 16,7% dari total nilai penjualan ekspor. Meski demikian perlu diketahui bahwa retribusi yang terdapat di HRUM merupakan royalti dari bisnis batubaranya.

 

Prospek Komoditas Nikel, Penuh Risiko Jangka Pendek

Selain kekhawatiran terjadinya resesi yang dapat menekan permintaan nikel global, tensi geopolitik yang memanas antara AS dan China atas Taiwan juga dapat mengganggu supply chain nikel global, dimana tensi geopolitik yang semakin parah dapat menekan konsumsi nikel China sebagai negara dengan tingkat impor nikel tertinggi, mewakili lebih dari 63% nilai impor nikel global.

Sentimen akan berlakunya pajak ekspor untuk nickel pig iron dan ferronickel tentu juga akan menambah katalis negatif bagi industri metal, terutama mereka yang memiliki penjualan ekspor di kedua produk tersebut.

Mau belajar trading dan investasi saham lainnya secara praktis? yuk upgrade ke VIP member Emtrade. 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi