Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

What's Hot Today: BI Tahan Suku Bunga, BBCA Tebar Dividen

17 Mar 2022, 17:41 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image
IHSG sempat mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa setelah tembus di atas 7.000 pada sesi I perdagangan 17 Maret 2022. Sayangnya, indeks saham Indonesia itu ditutup koreksi 0,4% di sesi kedua. Lalu, ada kabar pasar apa saja hari ini?

Secara sektoral, ada 6 sektor saham yang menguat pada 17 Maret 2022, yang dipimpin sektor teknologi naik 1,45%, transportasi 1,22%, industri dasar 1,09%, industrial 0,6%, cyclical 0,48%, dan properti 0,18%. 

Di tengah tekanan, IHSG masih mencatatkan net buy asing di pasar reguler senilai Rp708,13 miliar. 

5 saham yang paling diburu asing antara lain, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Rp410,2 miliar, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) Rp92,3 miliar, PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) Rp59,9 miliar, PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) Rp38,5 miliar, dan PT Timah Tbk. (TINS) Rp34,7 miliar.

5 saham yang dilepas asing terbesar antara lain, PT Telkom (Persero) Tbk. (TLKM) Rp112,1 miliar, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Rp111,6 miliar, PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) Rp55,9 miliar, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) Rp26,7 miliar, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) Rp18,1 miliar. 

BI Tahan Suku Bunga di 3,5%, Meski The Fed Sudah Naik




Dari rapat dewan gubernur (RDG) memutuskan pertahankan suku bunga acuan BI 7-days reverse repo rate sebesar 3,5% dalam rapat 16-17 Maret 2022. 

Dalam waktu yang berdekatan, bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) baru saja menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps sehingga tingkat suku bunganya sekitar 0,25% - 0,5%. 

Keputusan The Fed menaikkan suku bunga itu merespons inflasi AS yang terlalu tinggi. Dalam rapat Federal Open Market Committee (FOMC) itu, pejabat The Fed menyebutkan inflasi AS berpotensi makin tertekan akibat dampak perang Rusia-Ukraina. 

BBCA Bagi Dividen Rp120 per Saham


Dalam RUPS tahunan pada 17 Maret 2022, BBCA memutuskan tebar 56,8% laba bersih atau Rp17,83 triliun untuk dividen. Artinya, setiap pemegang saham berhak mendapatkan dividen Rp120 per saham.

Sebelumnya, BBCA juga membagikan dividen interim senilai Rp25 per saham. Jika ditotal, BBCA membagikan dividen senilai Rp145 per saham dari hasil laba bersih 2021. 


CENT Tuntaskan Akuisisi Anak Usaha EdgePoint Group Senilai Rp5 triliun


PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) telah mengakuisisi PT EPID Menara AssetCo, anak usaha EdgePoint Group. 

EPID Menara AssetCo adalah perusahaan menara yang memborong sekitar 4.000 menara milik PT Indosat Ooredoo Hutchinson Tbk. (ISAT) pada 2021. Dengan begitu, akuisisi ini bisa meningkatkan total menara CENT menjadi 9.000. 

Sebelumnya, CENT sudah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat untuk akuisisi EPID pada akhir 2021. Dalam ketentuannya, CENT akan menggelontorkan modal Rp5,01 triliun untuk merampungkan akuisisi tersebut. 

ERAA Ekspansi Bareng Perusahaan Vietnam




PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) menjalin kerja sama perusahan patungan dengan The Gioi Di Dong untuk membentuk PT Era Blue Electronic (Era Blue). Nantinya, Era Blue akan membuka gerai elektronik di Indonesia. Nantinya, Era Blue akan dibuka pada pertengahan 2022.

The Gioi Di Dong adalah anak usaha Mobile World Investment Corporation, salah satu peritel multi-kategori terbesar di Vietnam. 

Lalu, bagaimana strategi trading saham untuk besok?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


-SR-


Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi