Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

4 Cara Mendapatkan Dividen Saham

4 Mar 2022, 17:35 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Cara mendapatkan dividen saham seringkali dipertanyakan oleh investor pemula yang ingin memperoleh passive income selain dari capital gain. Dividen sendiri merupakan keuntungan investor dari hasil laba perusahaan. Sehingga ada atau tidaknya dividen sangat bergantung pada pendapatan serta hasil keputusan RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Untuk bisa mendapatkan dividen serta memaksimalkan keuntungannya, ada 4 cara yang wajib diketahui investor. Apa saja?

Pilih Saham yang Tepat

cara mendapatkan dividen saham

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pilihan sahamnya. Karena tujuannya ingin mendapatkan dividen, tentu investor harus membeli sahamnya terlebih dahulu. Lebih tepatnya saham dari emiten yang rajin membagikan dividen. Pertanyaannya, emiten seperti apa yang potensial dalam hal pembagian dividen?

1.       Profitabilitas atau net margin cukup tinggi

2.       Kas yang dimiliki perusahaan cukup tinggi

3.       Solvability atau kemampuan untuk membayar utang dalam jangka pendek yang baik

Selain itu perhatikan juga dividend yield yang akan diberikan oleh emiten. Rasio ini mengukur besarnya dividen yang dibagikan kepada investor. Semakin besar persentasenya, semakin besar keuntungan dari dividen yang diberikan berdasarkan harga saham saat itu.

Rumus = Dividen per Lembar Saham : Harga Saham x 100%

Atau bisa cek langsung indeks IDX High Dividend 20 yang mengukur kinerja harga dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dengan yield yang tinggi. Caranya dengan mengunjungi situs resmi BEI idx.co.id.

Baca juga: GARP Investing: Strategi Investasi Saham Ala Peter Lynch

Beli Saham Sebelum Cum Date

Cara membeli saham untuk mendapatkan dividen dilakukan sebelum cum date (cumulative date). Selama cum date, investor dapat membeli saham agar namanya tercatat dalam daftar penerima dividen. Biasanya cum date berlangsung selama satu hari.

Apabila saham baru dibeli setelah cum date atau biasa disebut ex date, investor nggak bisa memperoleh hak sebagai penerima dividen. Maka dari itu, investor yang mengharapkan dividen wajib mengetahui jadwal pembagiannya supaya nggak terlewat.

Baca juga: 6 Tips Investasi Saham untuk Pemula

Cermati Dividen Secara Historikal

cara mendapatkan dividen saham

Selanjutnya investor perlu perhatikan pula historis dividend yield-nya. Hal ini bertujuan agar investor mengetahui tentang seberapa sering suatu emiten membagikan dividen dalam setahun selama beberapa periode terakhir, besaran dividend payout ratio (DPR) atau rasio jumlah dividen dibandingkan laba bersihnya. .

Dividen yang konsisten dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa perusahaan mampu mencetak dan meningkatkan laba secara konsisten. Itu berarti sahamnya layak untuk diinvestasikan dalam jangka panjang dan ada potensi yield akan terus naik ke depannya.

Baca juga: Strategi Investing Dividend dan Pilihan Sahamnya

Investasikan Hasil Dividen

Ketika hasil pembagian dividen sudah diterima, pertimbangkan untuk menginvestasikannya kembali supaya bisa memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Boleh ke saham yang sama, dengan catatan perusahaan tersebut memiliki prospek yang menjanjikan sesuai dengan jangka waktu investasi. Ataupun ke saham lain apabila dinilai lebih baik dari segi fundamental.

Kenapa harus menginvestasikan hasil dividen? Mengacu pada konsep compounding (bunga berbunga), imbal hasil yang diinvestasikan lagi akan menghasilkan pengembalian yang lebih besar. Terutama dalam horizon waktu yang panjang. Selama nggak ada kebutuhan mendesak, nggak ada salahnya menggunakan dividen untuk modal investasi

Tonton juga: Tips Cuan Dividen Investing

Nah, itu tadi 4 cara mendapatkan dividen saham yang perlu diketahui investor. Jika kamu tertarik untuk belajar saham lebih jauh untuk memaksimalkan keuntungan, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi