Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Net Buy dan Net Sell Asing di Pasar Saham, Apa dan Bagaimana Pengaruhnya?

9 Feb 2022, 13:14 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Bagi yang sudah lama terjun ke pasar saham, pasti sudah sangat familiar dengan istilah net buy dan net sell asing. Kedua data yang menunjukkan transaksi investor asing ini merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh para investor.

Memang, saat ini investor domestik lebih menguasai pasar dibandingkan asing. Namun, investor asing tetap memiliki pengaruh besar ke pasar karena tipe mereka adalah investor institusi atau big fund. Jadi, pergerakannya di pasar saham Indonesia dilakukan dengan analisis dan berbagai informasi yang komprehensif. Jadi, investor domestik, terutama ritel tetap memantau pergerakannya. .

Pengertian Istilah Net Buy dan Net Sell

Dalam investasi saham, ada yang namanya analisis foreign flow atau analisis yang memantau pergerakan dana asing di pasar saham Indonesia melalui data pembelian dan penjualan. Foreign flow sendiri terdiri dari net buy asing dan net sell asing.

Net buy asing atau net foreign buy adalah pembelian bersih yang dilakukan oleh investor asing pada periode tertentu. Net buy terjadi ketika transaksi beli jumlahnya lebih besar dibandingkan transaksi jual.  Sebaliknya, net sell asing atau net foreign sell adalah penjualan bersih investor asing yang jumlahnya lebih besar dibandingkan transaksi beli.

Data net buy dan net sell ini bisa dilihat melalui platform atau aplikasi saham yang biasanya disediakan oleh masing-masing sekuritas.

Baca juga: 5 Cara Manajemen Portofolio Saham yang Harus Kamu Tahu

Mengapa Penting dan Apa Pengaruhnya?


Data net buy dan net sell asing penting untuk dijadikan data pelengkap saat melakukan investasi saham. Hal ini bertujuan agar investor mengetahui saham big caps apa saja yang sedang dikoleksi oleh asing guna mengidentifikasi prospek harga saham.

Angka net buy dan net sell asing juga dapat digunakan untuk mengukur keyakinan serta pandangan investor asing selama melakukan transaksi di pasar modal Indonesia. Net buy besar menunjukkan asing percaya dengan kondisi perekonomian Indonesia ke depannya. Tapi kalau net sell-nya ternyata lebih besar, itu artinya asing masih khawatir dengan perekonomian Indonesia, sehingga memutuskan untuk keluar dari pasar.

Adapun, transaksi yang dilakukan oleh investor asing biasanya bernilai cukup besar karena semuanya adalah investor institusi. Jadi, ketika ada saham yang diburu atau mencatatkan net buy asing, ada potensi menguat. Begitu juga sebaliknya, saham cenderung turun ketika banyak asing yang melakukan jual.

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan asing justru memborong saham ketika banyak pelaku pasar yang melakukan penjualan atas saham tersebut, ditandai oleh harga saham yang turun atau muncul candle merah di chart. Biasanya jika IHSG koreksi tapi asing net buy dan terjadi selama beberapa minggu, hal ini bisa menjadi good signal bagi para investor karena tanda investor asing mulai akumulasi saham.

Baca juga: Apa Itu Strategi Swing Trading? Begini Caranya

Penutupan Data Real-Time Tipe Investor

Setelah sebelumnya BEI melakukan penutupan kode broker pada 6 Desember 2021, informasi terkait domisili investor (lokal maupun asing) juga akan ditutup. Rencananya penutupan tersebut efektif mulai tanggal 6 Juni 2022.

Dampaknya investor sudah tidak bisa lagi melihat tipe investor dalam perdagangan real-time yang ditampilkan dengan kode F untuk investor asing dan D untuk investor domestik. Kebijakan ini bertujuan agar dapat mengurangi bentuk investasi di pasar modal dari hasil ikut-ikutan orang lain atau anggota bursa.

Kendati demikian, domisili investor tetap bisa diakses melalui laman resmi BEI usai jam perdagangan.

Baca juga: Efek Kode Broker Ditutup, Coba Cara Trading Saham Ini

Demikian penjelasan mengenai net buy dan net sell asing di pasar saham. Jika kamu tertarik untuk dapat insight lebih dalam tentang saham, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi