Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Strategi Paslon Pilpres 2024 dalam Mendorong Kapitalisasi Pasar Modal Indonesia

9 Jan 2024, 10:45 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emtraders, tahukah kamu? Pada tahun 2022 kontribusi sektor keuangan terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 120% dengan rasio M2 terhadap PDB sekitar 5%. 

Angka ini terhitung masih di bawah rata-rata negara maju di mana bagian sektor keuangan mencapai 300% dari PDB. Adapun rasio M2 terhadap PDB di Malaysia mencapai 112% dan Thailand 143%.

Di sisi lain, kapitalisasi pasar IHSG sekitar 48,5% dari PDB pada tahun 2022, lebih rendah dari Thailand 121% dan Singapura 189%.

Padahal, sepanjang tahun 2023 pasar modal tumbuh di mana IHSG ditutup naik 6,16% di level 7272, lebih tinggi dibandingkan penguatan tahun 2022 yang hanya 2,78%. 

Selain itu, IHSG juga mencatat rekor kapitalisasi pasar tertinggi dalam sejarah Rp11.762 triliun pada 28 Desember 2023. Sedangkan rekor volume transaksi harian tertinggi sepanjang sejarah pada 31 Mei 2023, yakni dengan 89 miliar lembar saham.

Data tersebut menunjukkan bahwa masih terdapat potensi untuk lebih meningkatkan peran sektor keuangan dalam menyediakan dana, terutama melalui pasar modal yang diharapkan bisa turut mendongkrak kapitalisasi.

Mengingat sebentar lagi ada pesta demokrasi, sebaiknya kita ketahui strategi para paslon supaya menjadi semakin mantap dengan pilihan kita. Dalam hal ini, arah kebijakan investasi dan pasar modal di periode kepemimpinan berikutnya.

Berikut adalah upaya Capres-Cawapres yang disampaikan oleh tim ekonomi masing-masing paslon melalui Dialog Arah Kebijakan dan Investasi Pasar Modal 2024-2029 by Sucor Sekuritas.

Paslon 1

Salah satu visi dan misi dari paslon 1 Anies Baswedan-Cak Imin adalah mendorong debt to GDP (gross domestic product/PDB) ratio maksimal 30%. Hal ini bertujuan untuk membatasi utang melalui SBN/SUN yang merugikan sektor keuangan termasuk pasar modal karena menarik likuiditas.


Di samping itu, pemerataan kesejahteraan melalui pasar modal dilakukan melalui pengenalan pasar modal kepada masyarakat luas sekaligus memperkuat pasar modal melalui beberapa hal. Di antaranya adalah kepastian hukum, kualitas birokrasi, stabilitas politik dan ekonomi, daya beli masyarakat, konsistensi regulasi, industrialisasi, serta stabilisasi politik dan makro.


Dengan kondisi market cap to GDP ratio hanya 48%, target Paslon 1 adalah menyamai angka Malaysia dan Thailand yang masing-masing sebesar 91,6% dan 119%.


Kontribusi tiap sektor di pasar modal Indonesia juga dirasa perlu dibuat seimbang. Misalnya, sektor-sektor masa depan seperti teknologi dan industri harus sama kuatnya dengan sektor keuangan. 


Adapun strategi guna meningkatkan kapitalisasi pasar modal Indonesia melalui pemaksimalan supply, demand, dan enabling environment. 


Hal tersebut akan dibarengi dengan rencana pembangunan literasi dan inklusi pasar modal. Dalam hal ini, Paslon 1 mengklaim akan menjadi marketer pasar modal Indonesia jika nantinya terpilih. Salah satunya dengan membangun mindset sejak kecil yang disisipkan dalam kurikulum SD/SMP/SMA. 


Baca juga: Deretan Saham yang Diuntungkan Jika Anies dan Cak Imin Terpilih di Pilpres 2024

Paslon 2

Paslon 2 Prabowo - Gibran memiliki Target Indonesia Emas 2045. Untuk mencapai target ini, pengembangan pasar modal menjadi bagian strategi dalam upaya mencegah Indonesia terjebak dalam middle-income trap.


Visi ini dilakukan melalui peningkatan kapitalisasi, literasi, inklusi, kualitas aset, perlindungan investor, carbon trade, peran BUMN dan investor domestik serta digitalisasi dan hilirisasi digital dengan tetap menjaga kualitas ekonomi makro.


Strategi ekonomi Prabowo-Gibran menggunakan Keynesian Stimulus untuk mendorong pertumbuhan 6-7%. Pemerataan melalui belanja investasi lebih diutamakan, terutama pada SDM (pendidikan dan kesehatan) dan melanjutkan bansos. 


Sumber dana belanja pemerintah didapat dari sumber penerimaan negara yang tidak terkumpulkan namun tidak menaikan PPh dan PPN kecuali yang sudah diumumkan sebelumnya. 


Nantinya, belanja investasi pemerintah akan diputar di ekonomi rakyat. Misalnya, program makan siang dan susu gratis, di mana perputaran ekonomi terjadi antara peternak ayam dan sapi, petani, katering, jasa pengantaran, dan lainnya. 


Selain itu, hilirisasi ditargetkan untuk 21 komoditas bukan hanya di sektor tambang, dengan target biaya yang dibutuhkan mencapai US$545 miliar pada 2040. 


Adapun target market cap Prabowo - Gibran lebih tinggi dibandingkan roadmap OJK. Jika pada tahun 2027 OJK menargetkan market cap mencapai di atas Rp15.000 triliun, Paslon 2 ini menargetkan sebesar Rp22.000 triliun. Hal ini akan ditopang oleh strategi hilirisasi dan ekonomi biru.


Baca juga: Deretan Saham yang Diuntungkan Jika Prabowo dan Gibran Terpilih di Pilpres 2024

Paslon 3

Dilihat dari sudut pandang investor, keputusan investasi di pasar modal jika Paslon 3 terpilih dapat dilihat melalui 11 program berikut ini: 

  1. Pertumbuhan ekonomi 7%

  2. Menciptakan 17 juta lapangan pekerjaan

  3. Membuat pusat ekonomi baru

  4. Program 1 Desa, 1 Nakes, 1 Faskes

  5. Program 10 juta hunian

  6. Mudah berusaha

  7. Pasokan pangan aman, harga enak di kantong

  8. Petani bangga bertani

  9. Di laut kita jaya, nelayan sejahtera

  10. Sikat KKN

  11. Internet super cepat, gratis, dan merata


Singkatnya, sektor-sektor yang berpotensi diuntungkan dari program tersebut antara lain properti, semen, kesehatan, pertanian, dan perikanan. 


Dalam program Ganjar - Mahfud, pasar modal diharapkan menjadi sumber pendanaan alternatif bagi perusahaan yang ingin berekspansi. Prosesnya akan dipermudah sehingga perusahaan tertarik untuk mencari pendanaan di pasar modal melalui initial public offering (IPO). 


Kemudian peran pasar modal dalam pembangunan adalah menjadi instrumen investasi jangka panjang persiapan hari tua. Edukasi akan digencarkan untuk memberikan pemahaman yang utuh, sehingga stigma-stigma buruk masyarakat terhadap investasi saham bisa dihentaskan.



Baca juga: Deretan Saham yang Diuntungkan Jika Ganjar dan Mahfud MD Terpilih di Pilpres 2024


Itu tadi adalah beberapa strategi dari Capres-Cawapres yang penting untuk diketahui. Mau tahu strategi trading jelang pemilu? Saham apa saja yang potensial? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. 


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

BBRI Masih Nyaman di Level 4000-an, Apa yang Mesti Dilakukan Holder?

29 Apr 2024, 14:20 WIB
article
ArtikelInsight

Harga Nikel Cetak Rekor, Sahamnya Menyala

22 Apr 2024, 16:23 WIB
article
ArtikelInsight

Rupiah Ambruk ke Level Terendah Empat Tahun, Begini Korelasinya ke IHSG Secara Historis

17 Apr 2024, 11:51 WIB
article
ArtikelInsight

Seberapa Besar Dampak Konflik Timur Tengah yang Kian Memanas ke Pasar Saham?

16 Apr 2024, 10:54 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi