Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisa Saham CARS: Berhasil Ubah Nasib dari Rugi Menjadi Laba

11 Apr 2023, 08:47 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisa saham cars

Analisa Saham CARS - Seperti yang diketahui, analisa saham merupakan suatu kegiatan untuk menilai nilai saham suatu perusahaan dengan menggunakan berbagai macam metode dan alat analisis. Dalam analisa saham, terdapat beberapa aspek yang diperhatikan seperti kinerja keuangan perusahaan, fundamental perusahaan, dan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi harga saham. 

Analisa saham juga bertujuan untuk membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan menguntungkan. Tidak hanya itu, analisa saham juga dapat membantu investor untuk meminimalisir risiko dalam investasi saham.

Dengan menganalisis kinerja keuangan perusahaan secara mendalam, investor dapat memperkirakan potensi keuntungan dan risiko yang mungkin terjadi. Hal ini dapat membantu investor untuk mengambil keputusan yang tepat, seperti membeli, menjual, atau menahan saham, sehingga dapat meminimalisir risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan dalam investasi saham.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas analisa saham CARS. Jadi bagi kamu yang penasaran, pastikan simak ulasannya sampai selesai, ya!

Profil Bisnis CARS

PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma Tbk (CARS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi mobil, suku cadang, dan layanan purna jual. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan saat ini merupakan pemegang lisensi eksklusif dari merek mobil Mazda di Indonesia.

Selain itu, CARS juga menjadi distributor resmi untuk merek-merek mobil lain seperti Peugeot, Chevrolet, dan BMW. Selama bertahun-tahun, perusahaan telah memperluas bisnisnya dengan membuka cabang di beberapa kota di Indonesia dan mengembangkan jaringan purna jual yang luas.

Pada tahun 2021 CARS juga berhasil mengembangkan bisnisnya dengan mengakuisisi 60% saham PT Kreta Indo Artha, yang bergerak di bidang penyediaan jasa sewa kendaraan bermotor. Keberhasilan CARS dalam mengembangkan bisnisnya dan kinerja keuangannya yang positif membuat saham perusahaan ini menarik untuk dianalisis sebagai potensi investasi di pasar modal Indonesia.

Baca juga: Analisa Saham CPIN: Lebaran di Depan Mata, Kenapa Sahamnya Belum Gerak?

Analisa Saham CARS dari Kinerja 2022

Sepanjang tahun 2022 saham CARS berhasil membalikkan keadaan dari kerugian menjadi laba bersih sebesar Rp136,83 miliar. Hal ini menjadi pencapaian positif bagi perusahaan yang sebelumnya mengalami kerugian senilai Rp428,63 miliar pada tahun 2021.

Pencapaian kinerja positif ini tak lepas dari performa top line CARS. Pendapatan CARS tumbuh sebesar 3,88% menjadi Rp5,50 triliun pada tahun 2022. Segmen otomotif menjadi kontributor utama pendapatan perusahaan, terutama dari penjualan mobil, suku cadang, hingga sewa operasional senilai Rp5,41 triliun.

Layanan purnajual dan pembiayaan konsumen juga berhasil mencetak pemasukan sebesar Rp73 miliar dan Rp15,51 miliar, secara berturut-turut. Meskipun pendapatan naik analisa saham CARS dari sisi beban pokok CARS justru mengalami penurunan sebesar 2,2%, terutama akibat penurunan ongkos pembiayaan dan purnajual.

Hingga 31 Desember 2022, CARS memiliki saldo kas dan setara kas senilai Rp435,96 miliar, naik tipis dari akhir 2021 sebesar Rp434,59 miliar.

Namun, meskipun berhasil meningkatkan pendapatannya, CARS masih perlu menghadapi beberapa tantangan seperti persaingan yang ketat di industri otomotif dan fluktuasi nilai tukar yang dapat berdampak pada harga suku cadang yang diimpor.

Perlu diketahui, secara rasio debt to equity (DER), utang CARS cukup tinggi di atas 7x. Selain itu saham ini juga kurang likuid, sehingga cukup berisiko.

Baca juga: Analisis Saham LAJU: Kinerja Baik, Pangsa Pasar Ikutan Naik?

Lalu, bagaimana analisis teknikalnya? Dan bagaimana view ke depannya? Cari tahu selengkapnya untuk kamu analisa saham CARS dengan cara upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.


Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisa saham cars

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

SIDO: Kinerja Turun Secara Tahunan Namun Mentereng di Basis Kuartalan

20 Feb 2024, 13:55 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BBTN Capai All Time High Namun NIM Menurun

12 Feb 2024, 15:47 WIB
article
ArtikelInsight

Tertekan Boikot, Laba Bersih UNVR Turun 10% Sepanjang 2023

9 Feb 2024, 13:16 WIB
article
ArtikelInsight

Net Interest Margin BRIS Terkoreksi di Tengah Pertumbuhan Laba Bersih

2 Feb 2024, 15:08 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi