Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisis Saham LAJU: Kinerja Baik, Pangsa Pasar Ikutan Naik?

6 Apr 2023, 14:08 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisis saham laju

Analisis Saham LAJU - Tampaknya belakangan ini banyak orang yang penasaran dengan salah satu saham yang baru IPO, yaitu LAJU. Saham ini resmi tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 27 Januari 2023. Total saham yang ditawarkan kepada publik sebanyak 700 juta lembar dengan harga senilai Rp100 per lembar. Dengan begitu melalui aksi ini emiten logistik LAJU meraup dana segar sebesar Rp70 miliar.

Saat ini mayoritas saham LAJU dimiliki oleh PT Ervin Niaga Abadi 60,70%. Sedangkan masyarakat umum 32,56%.

Jika kamu salah satu orang yang ingin tahu lebih banyak tentang laju, pastikan baca ulasannya di artikel ini sampai selesai, ya!

Profil Bisnis LAJU

Sebelum bahas analisis saham LAJU, kita kenalan dulu yuk dengan pendapatan baru bursa satu ini.

PT Jasa Berdikari Logistics Tbk (LAJU) adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan logistik terintegrasi di Indonesia. Berdiri tahun 2007, perseroan menyediakan layanan pengelolaan logistik, baik untuk pengiriman (distribusi barang) maupun manajemen pergudangan. 

Sejak tahun 2010, Perseroan telah menjadi mitra logistik bagi PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), perusahaan peritel tingkat nasional pertama yang menggunakan jasa logistik dari pihak ketiga (3PL). 

Selain itu LAJU juga mendukung aktivitas perusahaan-perusahaan nasional lain di berbagai bidang seperti PT Mulia Keramik dan PT Tirta Sukses Perkasa, serta baru-baru ini merambah ke jasa distribusi untuk industri e-commerce dengan melayani PT Sooplai Indonesia (SIRCLO) yang juga membawahi e-commerce "Warung Pintar".

Ada hampir 400 unit armada yang dimiliki tersebar di seluruh Indonesia. Dalam upayanya meningkatkan kapasitas logistic dan memenuhi kebutuhan mitra bisnisnya, LAJU membangun bisnis manajemen gudang logistik modern untuk meningkatkan kapasitas jalur distribusi di Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Adapun digitalisasi sistem logistik terintegrasi, yang mencakup pelacakan lokasi dan faktur serta dashboard management untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi.

Baca juga: Analisis Saham UNTR: Performa Solid, Siap-Siap Bagi Dividen Jumbo?

Analisis Saham LAJU

Dalam prospektus saham IPO LAJU disebutkan bahwa dalam dua tahun terakhir, LAJU berhasil mencatatkan kinerja yang sangat baik. 


Pada periode yang berakhir pada tanggal 30 November 2022, LAJU berhasil mencapai Laba Komprehensif Tahun Berjalan sebesar Rp10,9 miliar, yang merupakan peningkatan sebesar 37% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021 yang sebesar Rp7,9 miliar. 


Peningkatan tersebut disebabkan oleh keberhasilan LAJU dalam meningkatkan Pendapatan hingga mencapai Rp133 miliar, yang merupakan peningkatan sebesar 23% secara tahunan.


Perseroan membagikan dividen tunai dari laba bersih tahun buku 2022. Di mana rencananya dividen tersebut dibayar sebesar-besarnya 30% dari laba bersih tahun berjalan. Untuk itu, perlu tunggu informasi lebih lanjut terkait nominalnya untuk mengetahui analisis saham LAJU dari sisi yield dividennya.


Selain itu, LAJU juga berencana untuk menambah armada truk guna memperkuat pangsa pasarnya di Ibukota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Saat ini perseroan tengah menjajaki penggunaan truk listrik dengan salah satu produsen besar truk listrik. 


Dengan begitu posisi LAJU dalam pangsa pasar bisnis logistik akan semakin kuat. Hal ini dikarenakan pemerintah mewajibkan bisnis yang beroperasi di IKN Nusantara, Kalimantan Timur untuk menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga: Analisis Saham ITMG: Siap-Siap Bagi Dividen Tertinggi Sepanjang Masa

Itu tadi adalah analisis saham LAJU yang perlu kamu tahu. Kira-kira apakah sahamnya bagus untuk trading atau investasi saat ini?  Cari tahu jawabannya dengan cara upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisis saham laju

 Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144 


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

ASII Cetak Rekor Laba Bersih, Segini Potensi Dividennya

28 Feb 2024, 13:22 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih AALI Turun 34% Sepanjang 2023, Kapan Ada Perbaikan?

27 Feb 2024, 16:43 WIB
article
ArtikelInsight

Laba Bersih BFIN Turun Secara Tahunan Namun Naik Secara Kuartalan, Apa Penyebabnya?

26 Feb 2024, 15:43 WIB
article
ArtikelInsight

AUTO Cetak Kinerja Positif, Berapa Potensi Dividennya?

23 Feb 2024, 16:43 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi