Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Analisa Saham CPIN: Lebaran di Depan Mata, Kenapa Sahamnya Belum Gerak?

10 Apr 2023, 11:56 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
analisa saham cpin

Analisa Saham CPIN - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis dan peternakan di Indonesia. Perusahaan ini memiliki sejarah panjang sejak didirikan pada tahun 1972 dan telah menjadi salah satu pemain utama di industri pangan nasional. CPIN juga telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1994 dan menjadi salah satu emiten terbesar di pasar modal Indonesia.

Sebagai perusahaan dengan peran strategis di sektor pangan nasional, analisa saham CPIN yang akan dibahas di artikel ini bisa menjadi informasi yang berguna bagi para investor yang ingin berinvestasi di perusahaan tersebut. Mari simak sampai selesai.

Jelang Lebaran, Sahamnya Kok Belum Gerak?

Jika diperhatikan, selama beberapa bulan terakhir harga saham CPIN masih belum banyak bergerak. Hal ini dikarenakan adanya sentimen dari sisi makroekonomi yang belum mendukung.

  • Program culling belum dilanjutkan lagi per 28 Januari 2023. Program ini memangkas ayam kurang produktif agar supply berkurang dan bisa meningkatkan harga. Berhubung belum dilanjut lagi, supply ayam jadi melimpah. Dampaknya harga ayam jadi turun.

  • Tak hanya itu, harga ayam masih cenderung turun. Sejak awal tahun 2023 harga ayam masih turun sekitar 10%.

  • Sepanjang tahun 2022, saham CPIN tercatat mengalami fluktuasi yang cukup signifikan di pasar modal. Meskipun begitu, perusahaan masih mampu mencatatkan kinerja keuangan yang positif dengan pendapatan dan laba bersih yang meningkat dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Alasan di Balik Saham Banking Turun Jelang Lebaran

Analisa Saham CPIN dari Kinerja 2022

Lalu bagaimana dengan performa keuangannya sepanjang 2022?

CPIN mencatatkan peningkatan penjualan pada tahun 2022. Dalam laporan keuangannya, penjualan bersih yang dicapai sebesar Rp56,86 triliun, meningkat 10% dari tahun 2021 yang hanya mencapai Rp51,69 triliun.

Peningkatan penjualan ini didorong oleh beberapa segmen, seperti penjualan ayam pedaging, pakan, dan ayam olahan. Penjualan penjualan ayam pedaging dengan total Rp31,96 triliun, naik 18,82% dari Rp26,90 triliun pada tahun 2021.

Namun, segmen pakan ternak, yang merupakan penyumbang terbesar kedua dengan nilai penjualan sebesar Rp13,62 triliun, malah mengalami penurunan 4,46% dari capaian di 2021 sebesar Rp14,25 triliun. Segmen anak ayam usia sehari (day old chicken/DOC) juga turun sebesar 31,03% menjadi Rp1,47 triliun dari Rp2,14 triliun. Sedangkan penjualan ayam olahan justru naik 20,57% dari sebelumnya Rp6,93 triliun menjadi Rp8,36 triliun.

Meskipun terjadi kenaikan penjualan, laba bersih CPIN turun 19,13% dari Rp3,62 triliun pada 2021 menjadi Rp2,92 triliun pada 2022. Penurunan disebabkan oleh meningkatnya beban penjualan menjadi Rp2,12 triliun dari Rp1,76 triliun pada 2021. CPIN juga mencatatkan rugi atas perubahan nilai wajar aset biologis sebesar Rp281,8 miliar.

Meski begitu CPIN masih memiliki kas dan setara kas senilai Rp1,69 triliun pada akhir tahun 2022. Total aset perusahaan juga mengalami kenaikan menjadi Rp39,84 triliun pada akhir tahun 2022 dari Rp35,4 triliun pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Analisis Saham ICBP: Tetap Strong dengan Kinerja yang Solid di 2022

Profil Bisnis CPIN

Selain mengulas analisa saham CPIN, belum afdol kalau kita belum mengenal perusahaannya. PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis dan peternakan di Indonesia. Bisnis utama CPIN meliputi pakan ternak, peternakan ayam, produksi dan distribusi bahan pangan, serta perdagangan produk-produk pertanian. Selain itu CPIN juga memiliki beberapa bisnis terkait seperti distribusi logistik dan perkebunan kelapa sawit.

Sebagai salah satu pemain utama di industri pangan nasional, bisnis perseroan didukung oleh jaringan usaha yang luas dan terintegrasi dari hulu ke hilir. Perusahaan memiliki ribuan hektar lahan pertanian dan peternakan, serta ratusan kantor cabang dan pusat distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia. Jaringan distribusinya juga luas, mencakup seluruh Indonesia dan beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Dalam bisnisnya, raja poultry ini telah mengembangkan teknologi modern dalam produksi dan manajemen bisnis, serta memiliki sertifikasi halal dan ISO untuk menjamin kualitas produk yang dihasilkan.

Lantas, bagaimana view saham CPIN? Apakah saat ini potensi untuk trading atau investasi? Cari tahu analisa saham CPIN selengkapnya dengan cara upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.


Baca juga: Analisis Saham TOTO: Produksi Maksimal Pasca Pandemi, Cuan Hampir 100%

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

analisa saham cpin

Atau hubungi tim sales Emtrade + 6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Kinerja Kuartal I/2023 HRUM Kinclong di Kala Normalisasi Batu Bara, Ini Pendorongnya

6 Jun 2023, 09:03 WIB
kinerja hrum
ArtikelInsight

Pendapatan MDKA Naik Signifikan, Laba Bersih Turun Signifikan, Kenapa?

6 Jun 2023, 09:00 WIB
kinerja mdka
Artikel

Prospek Saham ITMG: Batu Bara Normalisasi, Kinerja Menurun

31 Mei 2023, 16:49 WIB
prospek saham itmg
Artikel

Profil Bisnis Saham MLPL yang Balikkan Rugi Jadi Laba, Begini Rinciannya

29 Mei 2023, 09:27 WIB
saham mlpl
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi