Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Review Market Hari Ini: INDY Getol Bisnis Logam, Batu Bara Bakal Punah?

29 Sep 2022, 21:23 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Hello Emtraders…


Emiten batu bara INDY menyelesaikan akuisisi smelter dan pertambangan bauksit untuk diversifikasi bisnis batu bara. Di sisi lain harga minyak dunia nanjak terus kasih keuntungan bagi sahamnya. Bagaimana selengkapnya?





INDY Diversifikasi Bisnis non-Batu Bara

PT Indika Energy Tbk (INDY) mengakusisi PT Perkasa Investama Mineral melalui anak perusahaannya PT Indika MIneral Investindo. 

"Nilai transaksi 100 persen saham di PIM senilai US$5 juta atau setara dengan Rp74.899.000.000,- (Rp74,89 miliar)," kata skeretaris perusahaan Indika Energy Adi Pramono dalam keterangan resmi.

PIM adalah erusahaan konsultasi manajemen dan perdagangan besar logam dan bijih logam. PIM memiliki 2 anak perusahaan yakni PT Mekko Metal Mining dan PT Perkasa Alumina Indonesia. Nama pertama memiliki bisnis pertambangan bijih bauksit, sedangkan yang kedua bergerak dalam industri pembuatan logam dasar bukan besi (smelter).

Sebelumnya PT Mitra Motor Group, anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) mendirikan perusahaan patungan dengan Foxteq Singapore Pte. Usaha patungan keduanya bernama PT Foxconn Indika Motor yang didirikan pada 22 September 2022. Mitra Motor memiliki saham sebesar 60% sementara Foxtec sebesar 40%

Bisnis Foxconn Indika Motor adalah manufaktur kendaraan bermotor roda empat atau lebih, manufaktur batu baterai, dan jasa konsultasi manajemen.

Kabar Ramai di Pasar

Perusahaan produsen roti PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) menyiapkan modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp150 miliar pada 2022 untuk menambah pabrik baru ke-15 di Pekanbaru. 

PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA) diakusisi sebesar 45,71% oleh PT Basis Utama Prima dengan harga beli Rp25 per lembar atau senilai Rp75 miliar untuk menjadi pemegang saham mayoritas di emiten properti dan perhotelan.

PT Bank Syariah Indonesia (BRIS) akan melakukan aksi right issue sebanyak 6 miliar lembar dengan nominal Rp50 per lembar. Berdasar surat pernyataan pada27 September 2022, Bank Mandiri dengan kepemilikan 20,90 miliar saham atau 50,83% kepemilikan akan mengeksekusi right issue

+ Anak PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yaknia PT Wakita Toll Road menjual 39,77% saham PT Jasamarga Semarang Batang ke perusahaan asal Hong Kong, Road King Infrastructure Ltd. Transaksi tersebut ditaksir mencapai Rp3,82 triliun. 

Saham Minyak Tersengat Harga Dunia

Tiga emiten minyak besar yakni MEDC, ELSA, dan RAJA harganya melonjak pada perdagangan hari ini. MEDC melesat 2,87% menjadi 895, ELSA naik 0,66% menjadi 306, dan RAJA melonjak 1,94% dibandingkan posisi sebelumnya.

Lonjakan harga saham emiten minyak ini didorong oleh tingginya harga minyak mentah dunia yang ‘panas’. Pada Rabu (29/9/2022) harga minyak Brent ditutup melonjak 3,54% dibanding posisi sebelumnya menjadi US$89,32 per barel. Sementara jenis light sweet atau West Twexas Intermediate melambung 4,65% ke uS$82,15 per barel.

BACA JUGA: Harga saham Minyak Kompak Menguat, Begini Pendorongnya

Sentimen positif pertama, turunnya persediaan minyak mentah Amerika Serikat sebesar 215.000 barel  pada pekan yang berakhir 23 September 2022 menjadi 430,6 juta barel. Jumlah penurunan pasokan minyak mentah AS tersebut di bawah konsensus yang dihimpun Trading Economics, yakni naik 443.000 barel. 

Begitu juga dengan persediaan bensin AS yang turun 2,4 juta barel dalam seminggu menjadi 212,2 juta barel. Hasil ini juga jauh dari konsensus Trading Economics yang memiliki proyeksi kenaikan sebesar 709 ribu barel.

Sementara itu,  Rusia menyarankan OPEC+ untuk mengurangi produksi sebanyak 1 juta barel per hari dan diputuskan pada pertemuan OPEC+ berikutnya.

Pertemuan OPEC+ selanjutnya akan diadakan pada 5 Oktober sengan agenda penentuan target produksi November. Ini bertepatan dengan penyaluran cadangan minyak strategis Amerika Serikat (AS) untuk menopang pasokan.




Mau dapat update market sebelum pasar buka di Morning dan Day Briefing setiap hari? yuk upgrade menjadi VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi