Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

ISAT Layani Internet Rumah Lewat HiFi, Begini Prospeknya

27 Sep 2022, 15:30 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. (ISAT) meluncurkan layanan koneksi internet kabel optik bernama HiFi. Perusahaan semakin percaya diri karena jumlah pelanggan paska merger dengan Hutchinson 3 membuat mereka berani menargetkan pangsa pasar 10% pada 2025.

Tentunya persaingan tidak kudah karena ISAT harus melawan pemain lama seperti Indihome, First Media, MNC Play, hingga My Republic. Lantas di mana posisi HiFi dalam peta persaingan fixed broadband?

Layanan fixed broadband ditujukan untuk konsumsi internet rumah tangga/perumahan dan perkantoran. Layanan ini saat ini tersedia di Jabodetabek, Yogyakarta dan Surabaya. Harga yang ditawarkan yakni Rp245.000 – Rp345.000 per bulan dengan kecepatan 30-100 Mbps.

BACA JUGA: Tren Suku Bunga Naik vs IHSG, Bagaimana Arah Ke Depannya?

Dibandingkan dengan pesaingnya, harga layanan HiFi sangat kompetitif karena menjadi yang terendah. Selisih harga berkisar 16%-28% pada paket 30-100 Mbps dibanding fixed broadband yang lain.

Bedanya HiFi dengan layanan fixed broadband lainnya adalah paket yang ditawarkan hanya internet tanpa layanan tambahan seperti TV berbayar.

Peluang HiFi di pasar fixed broadband masih besar sebab layanan ini di Indonesia secara keseluruhan memiliki ruang perkembangan yang lebar.

Penetrasi fixed broadband Indonesia pada 2020 baru 13% menururt Anaysys Mason. Angka ini jauh tertinggal dari Singapura sebesar 102% dan Malaysia sebesar 40%. Bahkan masih di bawah rata-rata tingkat penetrasi untuk kawasan Asia Tenggara yakni 40%.

Anaysys Mason memproyeksi tingkat penetrasi fixed broadband Indonesia akan mencapai 28% pada 2026  Dibandingkan dengan pesaingnya, layanan HiFi dihargai sangat menarik karena menawarkan harga yang sangat kompetitif (terendah di antara rekanrekannya), dengan kisaran diskon harga 16%-28% pada paket 30-100 Mbps dibandingkan dengan rata-rata rekan-rekannya.

Saat ini pasar layanan fixed broadband masih dikuasai oleh Indihome dengan pangsa pasar sebesar 87%. Indosat sendiri menargetkan merebut pangsa pasar 10% dari pangsa pasar FTTH fixed broadband Indonesia pada tahun 2025.Jika HiFi bisa mencapai targetnya, maka akan menempati posisi kedua yakni First Media yang memiliki pangsa pasar sebesar 7%.

Harapan tersebut berpotensi tercapai karena (HiFi akan memiliki akses langsung ke 96,2 juta pelanggan Indosat. Selain itu permintaan seiring dengan peningkatan kebutuhan internet rumah. Apalagi dengan harga jual yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor.

Lalu bagaimana strategi trading di ISAT?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi