Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Phobia Pandemi Indonesia Surut, Kinerja MAPI Siap Take Off?

15 Mar 2022, 09:24 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Phobia Covid-19 di Indonesia tampaknya sudah berkurang. Ditandai dengan kebijakan pelonggaran yang dilakukan oleh Pemerintah. Hal ini menguntungkan hampir semua sektor bisnis. Terutama sektor ritel.

Sektor ritel diuntungkan dari kebijakan tersebut. Terutama karena dapat meningkatkan mobilitas di tempat belanja dan juga restoran atau tempat makan. Selain itu, boom harga komoditas juga jadi salah satu keuntungan karena meningkatkan daya beli masyarakat.

BACA JUGA: Berikut Tanda-tanda Harga Saham Bakal Balik Arah Naik

PT Mitra Adi Perkasa (MAPI) kami perkirakan jadi emiten yang ‘ketiban’ untung. Sebab toko MAPI berada di di pusat perbelanjaan seperti mall. Juga memiliki bisnis food and beverage di mana traffic pengunjung sangat mempengaruhi pendapatan perusahaan.

Sebagai gambaran, setelah pembatasan sosial dicabut pada kuartal IV-2021, penjualan mengalami peningkatan yang signifikan.

Pelonggaran pembatasan sosial selama musim Natal dan Tahun Baru 2021 mendorong penjualan MAPI di kuartal IV-2021. Berpotensi meningkat dari tahun ke tahun (year-on-year/yoy) dari Rp 4.677,9 miliar pada kuartal IV-2020 tetapi masih di bawah Rp 6227,5 miliar yang tercatat pada kuartal IV-2019.

Mobilitas kota Jakarta dan sekitarnya bisa jadi kunci bagi MAPI karena mayoritas store MAPI berada di sana. Mengutip situs MAPI, store di daerah Jakarta dan sekitarnya sebesar 1.261 unit, setara 64,08% dari total store MAPI di Indonesia yaitu 1.968 unit.


Sumber: website MAPI

Mobilitas masyarakat di pusat perbelanjaan berkorelatif dengan Pertumbuhan Penjualan Rata-Rata Tiap Toko (Same Store Sales Growth/SSSG) MAPI. Hampir sepanjang tahun 2020-2021, mobilitas masyarakat tertekan dan berada di level negatif.

Akan tetapi pada bulan Mei 2021, yang masuk kuartal-II, memasuki level positif untuk pertama kali sejak virus corona menjangkit di bumi pertiwi. Ini karena kebijakan pembatasan yang mulai longgar saat itu dan juga bertepatan dengan hari raya Idul Fitri pada bulan Mei.

Pada kuartal-II 2021, SSSG MAPI juga masuk level positif. Maka dari itu, melihat mobilitas masyarakat yang saat ini membaik dan masuk ke level positif, kami optimis SSSG MAPI juga akan tumbuh di level positif pada kuartal-IV 2021.

Selain SSSG, mobilitas juga berkorelasi dengan pertumbuhan pendapatan secara kuartalan. Ketika mobilitas membaik, maka pertumbuhan pendapatan MAPI pun akan positif seperti pertumbuhan di kuartal II dan kuartal-III 2020 dan kuartal-IV 2020. Begitu juga yang terjadi di kuartal-II 2021, di mana pendapatan bertumbuh 12% dibanding kuartal-I 2021, karena mobilitas masyarakat yang masuk ke level positif.

Sumber: riset NH.Korindo, Laporan Keuangan MAPI, Emtrade

Mengacu konsensus yang dihimpun oleh Bloomberg, laba MAPI pada tahun 2021 sebesar Rp 412,4 miliar, naik 174,5% dibanding laba tahun 2021. Laba yang didapatkan oleh MAPI akan meningkat 93,8% pada tahun 2022 menjadi Rp 799,5 miliar.

Optimisme pertumbuhan laba MAPI di 2022 dengan asumsi Indonesia sudah mencapai herd immunity dan virus corona lebih terkendali, sehingga ekonomi dapat berjalan. 

MAPI memiliki lebih dari 150 merek eksklusif. Hal ini jadi keuntungan bagi MAPI dalam persaingan di industri. Sebab hambatan masuk yang tinggi.

Adapun risiko meningkatnya kasus virus Covid-19 bisa menghambat laju pendapatan MAPI. Akan tetapi, kami perkirakan tidak separah awal pandemi. Ini karena penjualan online yang sudah mulai menopang pendapatan MAPI.

Penjualan online menyumbang 21,6% dari penjualan pada kuartal III-2021 dan 14% dari penjualan pada sembilan bulan pertama 2021. Angka penjualan online pun naik 48,1% yoy di 9M21.

Reopening yang berpotensi mendongkrak pendapatan membuat kami merekomendasikan MAPI untuk jangka menengah. 


Mau tau kinerja lengkap dan prospek saham MAPI? 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

Emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli & jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi