Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Cum Date dan Ex Date: Istilah yang Wajib Investor Saham Tahu

4 Feb 2022, 14:48 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Banyak hal yang harus kamu ketahui dalam investasi saham. Termasuk apa  yang harus dilakukan investor jika saham yang dikoleksinya melakukan aksi korporasi. 


Misalnya, saham PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk. (BBRI) mau melakukan rights issue alias penerbitan saham baru. Di situ, investor yang mengoleksinya harus memutuskan apakah akan ambil hak saham baru atau tidak. Lalu, cari tau juga, bagaimana cara menebus saham baru dengan sekuritas yang digunakan saat ini. 


Baca juga: BBRI Mau Rights Issue Untuk Akuisisi Pegadaian dan PNM, Tebus atau Enggak Ya?


Yang paling penting adalah mengetahui kapan tanggal cumulative date (cum date) dan expired date (ex date). Tanggal-tanggal itu akan menjadi penentu apakah kalau kamu beli sekarang bakal dapat hak rights issue-nya atau enggak. 


Tanggal cum date dan ex date ini tidak cuma digunakan untuk aksi korporasi rights issue aja lho, tapi juga aksi korporasi lainnya dari pembagian dividen dan stock split

Apa itu Cum Date dan Ex Date?

Cum date adalah periode di mana investor masih mendapatkan hak atas aksi korporasi emiten. Misalnya, kalau rights issue, berarti masih mendapatkan hak saham baru. Kalau dividen, berarti masih dapat pembagian dividen. 


Nah, kalau sudah lewat cum date, berarti masuk ke masa ex date. Kalau sudah masuk masa ex date, investor yang baru membeli sahamnya tidak akan mendapatkan hak dari aksi korporasi yang dilakukan.


Baca juga: Golden Cross dan Death Cross: Sinyal Perubahan Tren yang Sering Dipakai Trader


Misalnya, rencana rights issue BBRI untuk akuisisi Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani dengan skema inbreng memiliki jadwal cum date pada 7 september 2021 dan ex date 8 September 2021. 


Artinya, investor yang membeli saham BBRI sampai 7 September 2021 bakal mendapatkan hak atas saham barunya nanti. Lalu, investor yang baru masuk pada 8 September 2021 tidak akan mendapatkan hak saham baru dari aksi korporasi tersebut. 


Nah, kamu pernah terlewat cum date dan ex date dalam aksi korporasi saham engak? Setelah baca ini, semoga nggak terlewat lagi ya. 


Baca juga: 7 Faktor yang Memengaruhi Pergerakan Harga Saham


Kalau mau belajar saham secara intensif dan praktis, kamu bisa gabung sebagai VIP user Emtrade. Dengan menjadi VIP user Emtrade, kamu bisa mendapatkan konten analisis, konten edukasi, research report, tanya-jawab saham, referensi saham, seminar rutin, dan webinar morning briefing serta day briefing. 


Gabung VIP user Emtrade dengan klik di sini


-S-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.







Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi