Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Prospek Saham MBAP: Laba Bersih Naik 78%, Ikut Tebar Dividen Jumbo?

27 Apr 2023, 14:57 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
prospek saham mbap

Prospek Saham MBAP – Sektor pertambangan batu bara di Indonesia merupakan salah satu sektor saham yang cukup menarik bagi para investor. Salah satu perusahaan yang beroperasi di sektor ini adalah PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP). MBAP masuk ke dalam jajaran produsen batu bara terbesar di Indonesia dan memiliki kapasitas produksi yang cukup besar.

Dalam artikel ini, akan dibahas performa keuangan MBAP yang terbaru, sejalan dengan kondisi industri pertambangan batu bara di Indonesia. Tujuannya untuk memberikan gambaran mengenai potensi investasi di MBAP bagi para investor yang sedang watch atau sudah punya sahamnya. Berikut adalah prospek saham MBAP yang perlu kamu tahu

Profil Bisnis MBAP

PT Mitrabara Adiperdana Tbk (MBAP) adalah perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1992 dan berkantor pusat di Jakarta. Bisnis utamanya adalah penambangan, produksi, dan penjualan batu bara baik itu batu bara berkalori rendah maupun tinggi untuk kebutuhan dalam dan luar negeri. MBAP memiliki lokasi tambang batubara yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

Selain bisnis utama di sektor pertambangan batu bara, MBAP juga memiliki bisnis di sektor energi melalui anak perusahaan PT Energi Batubara Lestari (EBL). Bisnis di sektor energi meliputi pembangkit listrik tenaga batu bara dan pengembangan infrastruktur energi terbarukan.

Dalam pengembangan infrastruktur energi terbarukan, MBAP melalui EBL berencana untuk membangun PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan kapasitas 100 MW di wilayah Kalimantan Selatan. Dengan adanya diversifikasi bisnis di sektor energi, MBAP mampu meningkatkan pendapatan dan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.

Baca juga: Lebaran Usai, Inflasi April Diproyeksi Meningkat

Ulasan Prospek Saham MBAP

Pada tahun 2022, kinerja keuangan perseroan menunjukkan hasil yang positif. Terbukti dengan peningkatan laba bersih sebesar 78,39% secara tahunan mencapai US$179,39 juta dibandingkan dengan capaian laba bersih di tahun 2021 yang hanya sebesar US$100,566 juta.

Hal ini diiringi dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 45,08% dibandingkan dengan tahun 2021. Capaian pendapatan MBAP di tahun 2022 mencapai US$449,53 juta, sedangkan pada tahun sebelumnya hanya mencapai US$309,84 juta.

Performa yang cemerlang ini adalah hal yang wajar sebagaimana emiten batu bara lainnya juga membukukan kinerja positif sepanjang tahun 2022 mengingat adanya booming komoditas di tahun tersebut. Maka tidak heran jika beberapa emiten batu bara mampu membagikan dividen jumbo untuk tahun buku 2022.

Apakah MBAP ikut tebar dividen jumbo atau tidak akan terjawab pada rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada 24 Mei mendatang. Untuk diketahui, MBAP cukup konsisten bagi-bagi dividen. Tahun lalu total dividen yang dibagikan Rp 1,26 Triliun atau Rp 1.030 setiap sahamnya setara dengan dividen yield menarik sekitar 22,48%.

Meski begitu ada beberapa risiko yang harus diperhatikan di tahun ini karena berpotensi mempengaruhi kinerja MBAP. Di antaranya adalah perlambatan ekonomi global, fluktuasi harga komoditas, dan inflasi.

Baca juga: Jokowi Effect Bikin IHSG Terbang 3%, Bagaimana Ganjar Effect?

Lalu, bagaimana analisis teknikalnya? Dan bagaimana view ke depannya? Cari tahu prospek saham MBAP selengkapnya dengan cara upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Pakai kode promo: BLOG (untuk dapat bonus 1 bulan)

prospek saham mbap

Atau hubungi tim sales Emtrade +6282134277144


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.



Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi