Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Alasan orang beli saham apa lagi kalau bukan demi mendapatkan keuntungan. Untuk yang trading, berarti keuntungan yang diperoleh berasal dari capital gain saja atau selisih harga beli dan jual.

Di sisi lain kita sadar betul bahwa harga saham sangat berfluktuasi. Tidak heran kalau sebagian orang, terutama yang masih pemula memilih untuk masuk dengan modal besar sekaligus supaya begitu harganya naik, keuntungan yang didapat langsung besar.

Padahal kalau modal besar, artinya potensi rugi juga besar. Nah ini yang sering kali bikin bimbang. Soalnya, kalau modalnya kecil, otomatis cuannya juga sedikit.

Memangnya berapa sih minimal profit yang bisa didapat dari trading saham?

Profit Trading Saham

Potensi profit yang didapat trader bisa berbeda-beda tergantung strategi yang dipakai  dan situasi tren di market. Untuk scalping karena fokusnya cuan bungkus dalam waktu singkat, imbal hasilnya berkisar 3-5%. Sedangkan swing trading 10-15% dan super trader lebih dari 20% bahkan sampai ada yang bagger lebih dari 100%.

Namun perlu dicatat, sebenarnya tidak ada acuan berapa banyak yang bisa dihasilkan melalui trading. Intinya ketika masuk ke saham, tujuan kita hanya fokus kepada risiko dan inflasi. Harus dipastikan bahwa ketika melakukan trading, sebisa mungkin meminimalisir risiko dengan cara menerapkan risk management.

Kedua, tujuan dalam trading saham adalah untuk melawan inflasi, Jadi dari awal harus menjaga ekspektasi agar nantinya tidak kecewa yang kerap bikin pengambilan keputusan jadi kurang objektif.

Di saham, keuntungan itu belum pasti. Satu-satunya yang pasti adalah risiko. Oleh karena itu penting untuk mempelajari bagaimana caranya meminimalisir risiko dengan harapan memiliki portofolio yang dapat mengalahkan inflasi bahkan return IHSG.

Baca juga: Pilih Jadi Swing Trader atau Super Trader? Harus Tahu Ini Dulu!

Mindset yang Wajib Dimiliki

Keuntungan dari trading saham itu tidak bisa ditarget harus sekian persen. Trading saham layaknya orang yang sedang berseluncur, mengikuti ombak di laut. Seperti orang menari, mengikuti irama musik. Artinya ketika masuk di pasar saham, kita hanya bisa mengikuti tren di market. Apakah lagi uptrend, sideways, atau downtrend?

Jika pasar sedang dalam kondisi uptrend, pastinya potensi profit cukup besar. Namun jika sebaliknya, maka yang harus dilakukan adalah menerima bahwa profit yang bisa didapat memang sedikit atau mungkin ada yang sampai minus. Meski begitu juga tidak perlu disesali sampai merasa kapok trading saham.

Yang terpenting adalah diversifikasi dan punya money management yang ideal. Sehingga meskipun ada satu saham yang kurang perform bahkan sampai minus, seharusnya secara keseluruhan kita masih dalam posisi untung jika portofolio diisi dengan saham-saham bagus yang lain.

Baca juga: 3 Mindset Trader Saham yang Penting Dimiliki Agar Lebih Konsisten

Jika kamu tertarik untuk belajar saham mulai dari analisis, risk management, money management, dan psikologi agar dapat profit maksimal, Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
ArtikelPemula

Cara Lihat Grafik Harga CPO Hari Ini, Ikuti Langkah-Langkahnya

20 Sep 2022, 14:43 WIB
grafik harga cpo hari ini
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi