Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Tips Agar Saham Trading Gak Kebablasan Jadi Saham Investasi

31 Okt 2022, 16:41 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Yang namanya trading, jangka waktu untuk hold sahamnya sudah pasti lebih singkat dibandingkan dengan investasi. Paling lama kurang dari setahun untuk strategi trend following. Namun nyatanya banyak yang mengalami nyangkut sampai akhirnya berubah haluan menjadi investasi karena berharap harga saham kembali bangkit dari posisi rugi. Makanya gak heran kalau kamu sering dengar candaan “investor adalah trader yang nyangkut”.

Lalu adakah solusi supaya gak kebablasan jadi investor? Simak tips-tipsnya di bawah ini!

Disiplin dengan Trading Plan

Di awal sebelum beli saham, idealnya harus tahu terlebih dahulu tujuan kita. Apakah untuk investasi atau trading? Sebab setiap tujuan pastinya punya strategi yang berbeda. Maka dari itu penting untuk punya trading plan supaya aktivitas jual-beli menjadi lebih terarah.

Trading plan layaknya setir yang akan bantu mengarahkan kita untuk tetap berada di jalur yang tepat sesuai dengan tujuan awal. Dengan disiplin mengikuti trading plan, pengambilan keputusan menjadi lebih objektif tanpa terbawa emosi. Sehingga ini juga jadi salah satu cara untuk menjaga kondisi psikologi di pasar saham. Pertanyaannya, gimana cara buatnya?


Pertama-tama ketahui dulu tujuan beli dan karakter sahamnya. Selanjutnya, tentukan timing beli dan jual. Misalnya untuk trend following beli saat harga saham breakout dari sideways stage 1 dan jual saat breakdown uptrend stage 2. Tentukan juga porsi yang akan dibeli. Di tahap ini kamu harus atur money management sebaik mungkin agar profit semakin maksimal dan risiko terjaga.

Baca juga: Cara Membuat Trading Plan Saham

Disiplin Batasi Risiko

Seperti yang kita tahu, saham trading biasanya di-hold dalam jangka waktu pendek. Dari hal tersebut kita bisa tarik kesimpulan bahwa ketika masuk di satu saham, kita tidak akan bingung lagi tentang apa yang harus dilakukan jika saham ternyata bergerak tidak sesuai ekspetasi.

Jika trading plan sudah dibuat, artinya kita harus disiplin melakukan pembatasan risiko sesuai dengan apa yang ada di dalam trading plan. Banyak trader yang ragu-ragu saat cut loss saat ada tanda perubahan tren. Padahal ini biang kerok yang sering kali bikin boncos dan akhirnya beralih menjadi investor karena sudah terlanjur turun banyak.

Untuk trading, kita bisa disiplin cut loss jika saham tersebut breakdown support. Hal ini mengindikasikan adanya kelanjutan penurunan. Oleh karena itu trader harus sigap dalam melakukan pembatasan risiko sebelum saham turun lebih dalam lagi.

Baca juga: Cara Mudah Menentukan Stop Loss Bagi Trader Pemula

Nah, kalau kamu mau semakin mantap jadi trader, yuk belajar sambil dibimbing oleh Coach Emtrade! Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Auto Rejection Simetris Tahap 1 Berlaku Pekan Depan, Begini Tipsnya

30 Mei 2023, 16:43 WIB
article
ArtikelTeknikal

Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

14 Jan 2023, 13:30 WIB
article
ArtikelRisk Management

Stop Loss

3 Okt 2022, 09:35 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi