Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Berhasil ATH, Ini Harga 1 Lot Saham BMRI

24 Okt 2022, 10:24 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sudah tahu belum harga 1 lot saham BMRI setelah berhasil mencetak rekor tertinggi sejak IPO? Ya, saham big cap perbankan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk baru saja menyentuh titik all time high (ATH) pada 21 Oktober 2022. Di hari itu BMRI menguat 4,55% yang artinya dalam perdagangan satu pekan harga sahamnya sudah naik sebesar 9,81%. 


Bukan hanya market cap-nya yang jumbo, BMRI memang menjadi salah satu saham favorit karena fundamental perusahaannya yang solid. Jika kamu tertarik investasi jangka panjang, tidak ada salahnya untuk pertimbangkan saham blue chip ini. Namun sebelum itu, yuk kita telisik dulu pergerakan harga sahamnya dari waktu ke waktu!

Harga 1 Lot Saham BMRI

Sebelum dibahas, ketahui dulu lot adalah satuan transakai jual dan beli saham. Jadi walaupun harga yang muncul di running trade itu harga per lembar, perdagangannya tetap harus dilakukan dalam satuan lot.


Pertanyaannya, 1 lot berapa lembar saham? Berdasarkan ketentuan yang masih berlaku sampai saat ini, 1 lot setara dengan 100 lembar saham. Sehingga transaksi tidak bisa diproses sistem kalau jumlah yang dimasukkan misalnya 10 lembar atau 120 lembar. Minimal transaksi dilakukan sebanyak 100 lembar maupun kelipatannya.

Lalu berapa sih harga 1 lot Saham BMRI?

Jika mengacu pada harga penutupan per 21 Oktober 2022, maka untuk beli 1 lot BMRI butuh modal sebesar:

10.350 x 100 lembar = Rp1.035.000. Menurut kamu murah atau mahal nih? Murah-mahalnya harga saham tetap harus mengacu pada metode valuasi, ya.

Baca juga: 7 Metode Valuasi Saham dalam Analisis Fundamental

Rekam Jejak Stock Split BMRI

Apa itu stock split? Stock split merupakan aksi korporasi yang memecah harga saham dengan jumlah rasio yang sudah ditentukan. Maka efek yang langsung dirasakan adalah harga sahamnya menjadi jauh lebih terjangkau bagi investor ritel.


Nah, BMRI sendiri baru melakukan stock split sebanyak satu kali pada tahun 2017 silam. Aksi ini menerapkan rasio 1:2. Jadi apabila dulu sebelum stock split kamu punya 1 lot atau 100 lembar saham BMRI, itu artinya sekarang jumlah kepemilikan sahamnya ada 2 lot atau 200 lembar.

Baca juga: Suku Bunga BI Naik Lagi, Begini Dampaknya

Harga Saham BMRI dari Tahun ke Tahun

BMRI resmi IPO tanggal 14 Juli 2003 dengan harga Rp675 per lembar saham. Secara tren dari tahun ke tahun BMRI stabil naik walaupun tetap berfluktuasi dalam jangka pendek. Ketika terjadi market crash akibat pandemi Covid-19, BMRI turun dari 7.825 ke 3.760 atau 203% dalam tiga bulan, yakni Februari-Mei 2020.

harga 1 lot saham bmri

Kemudian jika dihitung kenaikan harganya dari tahun 2005 sampai sekarang, sahamnya 1.325%.

Baca juga: Harga Saham BMRI Tembus All Time High, Begini Penjelasannya

Return yang Didapat Jika Beli Sejak IPO

Pasti kamu penasaran, berapa sih return yang didapat kalau hold BMRI sejak awal IPO? Nah, setelah tahu pergerakan harga 1 lot saham BMRI sekarang mari kita hitung persentase keuntungannya.


Kebijakan satuan lot yang lama memberlakukan perdagangan minimal 1 lot atau 500 lembar. Dengan harga IPO senilai Rp675 per lembar, maka simulasi perhitungannya:

Rp675 x 500 = Rp337.500 modal untuk 1 lot BMRI

Nah, berhubung BMRI pernah stock split sekali dengan rasio 1:2, otomatis jumlah lembar saham yang dimiliki berubah menjadi 1.000 lembar. Dengan demikian jika mengacu pada harga penutupan 21 Oktober 2022 Rp10.350 per lembar, nilai aset 1.000 lembar BMRI sejak IPO sudah senilai Rp10,350 juta atau tumbuh 3.066%

Baca juga: 3 Ciri Saham Akan Naik dan Berikan Kamu Cuan

Nah, itu tadi ulasan tentang harga 1 lot saham BMRI setelah berhasil ATH baru-baru ini. Mau tahu prospek saham BMRI ke depannya? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi