Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Cara menentukan support dan resisten dengan Moving Average

25 Okt 2022, 15:30 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Support dan resisten adalah indikator dasar dalam analisis teknikal untuk melihat sejauh mana harga saham berpotensi naik maupun turun. Semua itu bisa dilihat dengan menentukan titik batas atas, yakni resisten, dan batas bawah, yakni support.


Ada banyak cara untuk menentukan support dan resisten salah satunya adalah menggunakan Moving Average (MA). bagaimana caranya menggunakan MA untuk support dan resisten ?


Sebelum mengetahui cara menggunakan MA untuk support resisten kita harus tahu dulu apa itu MA. Moving average (MA) adalah salah satu indikator dalam analisa teknikal dimana moving average ini merupakan rata rata pergerakan harga sebuah saham. 


BACA JUGA: Cara Menentukan Support dan Resisten untuk Trading Saham


Moving average memiliki banyak jenis ada Simple Moving average (SMA), Exponential Moving Average (EMA). Namun pada dasarnya setiap jenis MA itu menggambarkan pergerakan rata rata harga saham. 


Pada prakteknya emtrade biasa menggunakan Simple Moving Average karena SMA menunjukkan rata-rata harga penutupan saham selama periode tertentu dibagi dengan periodenya. Misalnya MA 20 daily menunjukkan rata rata harga saham selama 20 hari perdagangan. MA 20 menghitung pergerakan harga saham selama 20 hari menggunakan harga penutupan dan membaginya dengan 20. Setiap kali harga penutupan baru terbentuk, harga penutupan terlama tidak lagi dihitung. 


Sedangkan Exponential MA (EMA) menghitung nilai rata-rata dengan penambahan bobot, semakin besar periode yang digunakan maka pembobotan nilai hari terakhir semakin kecil. 


Kita dapat menggunakan berapa saja angka dalam menentukan garis MA, emtrade biasanya menggunakan:


  • MA 20 daily warna merah menunjukkan pergerakan rata rata harga saham dalam 20 hari  dan dapat menujukkan trend jangka pendek 

  • Ma 50 daily warna biru & 100 daily warna hijau menunjukkan pergerakan rata rata harga saham dalam 50 dan 100 hari dan dapat menunjukkan trend jangka menengah 

  • MA 200 daily warna abu abu  menunjukkan pergerakan rata rata harga saham dalam 200 hari dan dapat menunjukkan trend jangka panjang. 



Cara menggunakan Moving average sebagai Support


Support menggunakan moving average dapat digunakan hanya jika  garis MA berada dibawah harga saham. Contohnya pada saham ADRO kita bisa menggunakan Moving Average 50 3740 sebagai support 1 dan moving average 100 3410 sebagai support 2. 

Setelah mengetahui area support moving average, emtraders dapat memperhatikan area tersebut sebagai area untuk strategi buy on weakness jika terjadi pantulan dan apabila harga saham breakdown support MA maka bisa dipertimbangkan untuk mengurangi posisi. 


Cara menggunakan Moving average sebagai Resisten 

Moving average dapat digunakan sebagai Resisten hanya jika garis MA berada di atas harga saham. Contohnya pada saham ARTO kita bisa menggunakan Moving Average 20 6550 sebagai resisten 1 dan moving average 50 7900 sebagai resisten 2. Setelah mengetahui area resisten emtraders dapat mengetahui bahwa area tersebut rawan profit taking sehingga emtraders dapat memperhatikan untuk aksi profit taking. 


Nah itu dia bagaimana cara menentukan support dan resisten menggunakan moving average , tapi perlu diingat bahwa support resisten menggunakan garis MA  sifatnya dinamis yang artinya kita harus cek garis support dan resisten kita setiap hari sesuai dengan pergerakan garis MA yang kita gunakan.  


Mau belajar saham? yuk gabung VIP user Emtrade. 

Dengan menjadi user VIP emtrade kamu bisa mendapatkan konten edukasi, konten analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, seminar rutin, sampai morning dan day briefing setiap hari perdagangan. 

Klik di sini untuk menjadi VIP user Emtrade


-ATA-




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Saham Grup Barito Merosot, Kapan Balik Arah?

10 Jan 2024, 10:48 WIB
article
ArtikelTeknikal

Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

14 Jan 2023, 13:30 WIB
article
ArtikelTeknikal

Setting Moving Average Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

2 Des 2022, 17:05 WIB
article
ArtikelTeknikal

Cara Kerja Big Fund Saat Jual-Beli di Pasar Saham

9 Nov 2022, 15:37 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi