Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Fungsi Ekor dalam Candlestick yang Wajib Kamu Ketahui

5 Okt 2022, 17:01 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Siapa yang penasaran, apa sih arti ekor candlestick yang panjang banget. Kalau ada tanda-tanda ekor panjang begitu, apa yang harus trader lakukan?


Candlestick merupakan salah satu bagian chart yang paling mudah digunakan oleh trader ketika menggunakan analisa teknikal. Selain visualnya yang menarik, informasi yang disajikan pada chart candlestick juga lebih lengkap. 


Candlestick memvisualisasikan informasi seperti harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi, dan harga terendah sesuai dengan time frame waktu yang digunakan. Selain itu, juga terdapat warna yang berbeda yang menunjukkan harga saham tersebut ditutup menguat atau melemah dari periode sebelumnya.


Dalam sebuah tubuh candlestick terdapat body candle dan shadow (ekor) candle. Body candle biasanya mencerminkan harga pembukaan dan penutupan sedangkan shadow atau ekor candle mencerminkan harga terendah dan harga tertinggi suatu saham pada suatu periode waktu. Shadow atau ekor pada candle ini memiliki beberapa fungsi yang dapat kita gunakan untuk melakukan analisa suatu saham secara teknikal. Nah, untuk lebih lengkap seperti apa fungsi ekor pada candlestick simak ulasan berikut ini!


Mengetahui Risiko Volatilitas Saham

Shadow atau ekor candlestick dapat kita gunakan untuk mengetahui tingkat volatilitas atau naik turunnya harga saham. Semakin panjang ekor pada suatu candle menandakan bahwa saham tersebut memiliki risiko volatilitas yang tinggi, begitu juga sebaliknya. 


Contoh pada saham PNBS terlihat ekor yang sangat tinggi diatas dan dibawah pada beberapa candle. Pada candlestick tanggal 22 Juni 2022 PNBS sempat naik hingga 19% dari harga opening dan mencapai harga tertingginya di hari itu, namun di akhir sesi PNBS ditutup dengan hanya menguat sebesar 3.5%. 


Hal ini menandakan bahwa PNBS memiliki risiko volatilitas yang tinggi. Tinggi rendahnya volatilitas pada suatu saham digunakan oleh para trader untuk mengidentifikasi apakah saham tersebut berisiko tinggi atau tidak sehingga nantinya akan berpengaruh pada strategi yang akan digunakan.  


Menunjukkan adanya aksi profit taking


Ekor candle juga bisa digunakan sebagai tanda bahwa saham tersebut terdapat aksi profit taking. Seperti yang kita tahu yang menggerakan harga saham adalah supply dan demand. Ketika supply bertambah dan tekanan jual tinggi maka harga saham cenderung akan bergerak turun. 


Hal seperti ini biasanya terjadi pada area resistance sebuah saham yang sering digunakan oleh trader sebagai area profit taking. Ketika saham mencapai area resistance, seringkali candle yang terbentuk adalah candle yang disertai dengan shadow atau ekor. 


Contoh pada saham ITMG saat berada di area resistance terdapat candle dengan ekor yang menandakan adanya aksi profit taking. Ketika hal itu terjadi, trader bisa ikut menjual saham yang dimiliki untuk mengamankan profit.


Menunjukkan tanda reversal


Reversal atau pembalikan arah trend sering digunakan oleh para trader untuk menjadi timing beli atau jual saham. Selain dengan menggunakan chart pattern reversal, pola reversal candlestick juga bisa digunakan sebagai tanda. Pada saat reversal candlestick terbentuk biasanya akan disertai oleh candle yang memiliki ekor panjang. 


Contoh pada saham BBKP terdapat bullish reversal candlestick jenis morning star doji, candle yang ditengah memiliki ekor yang cukup panjang. Setelah candle itu muncul, saham BBKP yang awalnya pada trend turun, berubah arah jadi trend naik. Sebaliknya, pada saham PGAS terdapat bearish reversal candlestick jenis hanging man yang merupakan tanda pembalikan arah saham dari naik menjadi turun. Candlestick hanging man juga memiliki ekor panjang di bawahnya.


Itulah beberapa fungsi dari shadow atau ekor candle yang dapat kita ketahui sebagai bagian dari strategi trading dengan menggunakan analisa teknikal..


Mau belajar saham langsung dari coach berpengalaman?


Yuk upgrade jadi VIP member Emtrade. Dengan menjadi user VIP emtrade kamu bisa mendapatkan konten edukasi, konten analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, seminar rutin, sampai morning dan day briefing setiap hari perdagangan.

 

Klik di sini untuk menjadi VIP user Emtrade


-IG-


Emtrade.id/disclaimer

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi