Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Review Market Hari Ini: GGRM & HMSP Kompak Naik, Ada Apa Nih?

28 Sep 2022, 20:15 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Hello Emtraders…


Wow!! Tiba-tiba dua saham rokok, HMSP dan GGRM, melejit pada perdagangan hari ini membuat investor happy. Bagaimana saham yang lain?





GGRM & HMSP Diam-diam Melejit

Harga saham PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Gudang Garam Tbk (GGRM) melejit pada perdagangan hari ini.

HMSP pada perdagangan hari ini tercatat 920, menguat 3,95%. Sementara GGRM melonjak 6,78% ke 24.400. Penguatan ini terjadi di tengah inflasi yang meningkat dan daya beli konsumen yang terancam melemah.

Sepanjang 2022 kinerja kedua saham produsen rokok terbesar di Indonesia terus merosot. HMSP turun 4,66% dan GGRM lebih parah, yakni turun 20,26% secara point-to-point (ptp).

GGRM saat ini sedang menggarap proyek bandata Kediri sebagai alternatif pendapatan. Operasi bandara Kediri ditargetkan pada 2023 dan diharapkan mampu melayani pesawat besar. 

Proyek ini dibangun dengan total investasi mencapai Rp10,8 triliun. Secara rinci Rp6,6 trililiun untuk tahap I, Rp1,2 triliun untuk tahap II, dan Rp3 triliun untuk tahap III.

Sementara itu, HMSP melanjutkan ekspansi bisnis rokok bebas asap HEETS dengan sasaran pasar domestik dan ekspor di kawasan Asia Pasifik.

BACA JUGA: Dana Pihak Ketiga Bank Melambat, Gimana Nasib Saham Bank?

Kabar Ramai di Pasar

+ PT XL Axiata Tbk (EXCL) berkolaborasi bersama Huawei mengembangkan teknologi terbari "FDD Smart 8T8R" dalam rangka memperbesar kapasitas jaringan. Ini karena adanya lonjakan trafik data EXCL yang harus diimbangi dengan kapasitas jaringan.

PT Bank Capital indonesia Tbk (BACA) melakukan aksi right issue sebesar Rp1,99 triliun dengan melepas 19,94 miliar lembar dengan harga pelaksanaan Rp100 per saham. Jumlah ini setara dengan 72,14% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Aksi ini dilakukan untuk memperkuat modal inti minimum pada 2022 sesuai aturan OJK.

PT Adaro Energy indonesia Tbk (ADRO) mengatakan akan terus mlekaukan diversifikasi di bisnis energi hijau salah satunya dengan bisnis logam. Melalui PT Adaro Indo Aluminium, ADRO mengembangkan semleter aluminium di kawasan industri PT Kalimantan Industrial Park Indonesia ( KIPI ) Kalimantan Utara.

+ Optimisme menaungi PT Perintis Triniti Properti Tbk (TRIN) untuk mencapai target marketing sales pada 2022 di Rp900 miliar hingga Rp1 triliun. Selama delapan bulan pertama, marketing sales TRIN sudah mencappai Rp624,2 miliar atau 69% dari target tahun ini.

Bank mandiri Tahan Menaikkan Suku Bunga

Dalam hingar bingar kenaikan suku bunga acuan, Bank Mandiri memutuskan tetap menahan suku bunganya.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melalui Direktur Utama Darmawan Junaidi mengatakan bank Mandiri belum berencana meningkatkan tingkat suku bunganya, baik kredit maupun deposito. Meskipun suku bunga acuan Bank Indonesia naik 75 basis poin menjadi 4,25%.

"Dari sisi profitabilitas kita belum tentu menaikkan suku bunga secara serta merta di kredit karena saat ini secara target kita sudah berada di level ditargetkan untuk baki debet kredit," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi XI DPR RI di Jakarta, Rabu (28/9/2022).

BMRI optimis kinerja hingga akhir tahun tidak akan terpengaruh oleh kneaikan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia. 

"Kita tidak perlu berlomba-lomba bersaing dengan menaikkan suku bunga dana supaya dana itu pindah ke kita," ungkapnya.

Adapun tantangan pada 2023 menurut Darmawan adalah kenaikan suku bunga Bank Indonesia yang dilakukan hingga tahun depan. Begitu pula dengan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (The Fed). 





Mau dapat update market sebelum pasar buka di Morning dan Day Briefing setiap hari? yuk upgrade menjadi VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
premium-iconArtikelInsight

Saham Menarik Ketika Natal dan Tahun Baru, Gimmick atau Fenomena?

24 Des 2022, 10:27 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kenaikan Suku Bunga BI Mulai Melandai, Begini Efeknya ke Saham

22 Des 2022, 15:00 WIB
article
premium-iconArtikelInsight

Kilas Balik Pasar Saham 2022: Nikel dan Kendaraan Listrik Jadi Primadona?

22 Des 2022, 15:02 WIB
article
premium-iconArtikelPemula

Begini Persamaan Arti GOAT dalam Sepak Bola dan Investasi Saham

19 Des 2022, 16:25 WIB
arti GOAT dalam sepak bola
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi