Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Grafik Harga Batu Bara Hari Ini, Begini Cara Ceknya

3 Okt 2022, 17:14 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
grafik harga batu bara hari ini

Tahun 2022 bisa dibilang tahunnya batu bara. Soalnya komoditas satu ini menjadi salah satu yang harganya solid sepanjang tahun. Sejak April 2022  batu bara Newcastle masih konsisten berada di atas level US$300/ton.

Salah satunya karena Rusia memangkas pasokan gas alam ke sejumlah negara di Eropa yang membuat lonjakan permintaan. Jadi tidak heran kalau emiten-emitennya juga kena durian runtuh.

Apakah kamu tertarik koleksi sahamnya? Atau justru sudah punya? Pantau harga komoditasnya juga, ya! Jika di artikel sebelumnya kita membahas cara melihat grafik CPO, kali ini kita akan mencari tahu cara melihat grafik harga batu bara hari ini.

Kenapa Pakai Harga Newcastle?

 Harga Newcastle umumnya lebih sering dipakai karena market di Asia Pasifik mengacu pada perhitungan harga tersebut. Di mana ekspor batu bara yang dilakukan oleh emiten-emiten di bursa itu sebagian besar ditujukan untuk market Asia. Kalaupun ada yang ke Eropa, porsinya tidak terlalu besar.  

Lain halnya dengan perdagangan batu bara antara negara di Eropa. Biasanya mereka memiliki acuan sendiri, yakni Rotterdam coal.

Baca juga: Cara Lihat Grafik CPO Hari Ini, Ikuti Langkah-Langkahnya

Cara Lihat Grafik Harga Batu Bara Hari Ini

Untuk lihat grafik batu bara, kamu bisa pakai fitur chart gratis dari TradingView. Caranya cukup mudah, simak di bawah ini.

1.       Buka tradingview.com.

2.       Klik kolom pencarian “Search markets here”.


3.       Masukkan kode NCF (Newcastle Coal Futures).

4.       Klik “Launch chart” pada kode NCF.

grafik harga batu bara hari ini

5.       Grafik harga akan muncul seperti berikut.

grafik harga batu bara hari ini

Baca juga: Hati-Hati Jebakan Valuasi Murah Ala Saham Batu Bara dan Cara Menghindarinya

Harga Kontrak Batu Bara

grafik harga batu bara hari ini

Ketika kita cek grafik harga batu bara hari ini, biasanya ada pilihan grafik berdasarkan bulan kontrak misalnya September 2022, Oktober 2022, November 2022, dan seterusnya. Ada juga current contract in front dan next contract in front. Istilah ini berkaitan dengan batu bara sebagai kontrak berjangka atau futures yang mewajibkan pemegangnya untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan.

Nah, maksud dari istilah front month adalah kontrak dengan tanggal jatuh tempo terdekat dalam futures trading. Kontrak ini cenderung ramai diperdagangkan, sehingga tergolong cukup likuid. Sebab ada gap yang relatif kecil antara harga spot komoditas atau komoditas yang mendasari kontrak dan harga futures. Maka jika ingin lihat grafik harga batu bara hari ini yang mendekati harga spot, bisa cek kontrak current front month atau next front month. 

Sementara itu untuk kontrak yang kedaluwarsanya masih jauh, biasanya disebut back month. Kontrak ini cenderung lebih mahal karena ada lebih banyak ketidakpastian. Selain itu juga kurang likuid dibandingkan dengan front month. Bisa dilihat dari volume perdagangannya yang jauh lebih sedikit, sehingga bisa menambah risiko secara keseluruhan.

BACA JUGA:

Itu tadi cara lihat grafik harga batu bara hari ini. Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi