Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Review Market Hari Ini: Dana Asing Menguap Rp1,7 Triliun

27 Sep 2022, 15:25 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Hello Emtraders…


Awal pekan IHSG terparkir di zona negatif karena tak kuat melawan sentimen hawkish dari bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Aliran dana asing [un keluar pasar saham Indonesia dengan derasnya.





Alert! Asing 'Cabut' dari IHSG Sebesar Rp1,7 T 

Pasar saham Indonesia pada perdagangan awal pekan hari ini lesu. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,71% ke posisi 7.127,5. Bahkan IHSG sempat ambles nyaris 2% di sesi awal perdagangan.

Pelemahan IHSG seiring dengan keluarnya dana asing yang besar, yakni mencapai Rp 1,37 triliun.

Hal ini tidak lepas dari meningkatnya ancaman resesi global karena para bank sentral dunia kompak menaikkan suku bunga acuannya.

Komite Pengambil Kebijakan (FOMC) memproyeksikan, suku bunga acuan The Fed bisa sampai 4,4% akhir tahun ini. Artinya dengan menyisakan dua kali pertemuan, kenaikannya bisa lebih dari 50 basis poin tiap kali peremuan mengngat saat ini suku bunga acuan The Fed berada di posisi 3% - 3,25%.

Bahkan sikap agresif Jerome Powell dkk, akan berlanjut hingga tahun depan demi menekan inflasi ke target 2%. Sebagai catatn, saat ini inflasi AS sebesar 8,3%.

Kenaikan suku buka dapat membuat pertumbuhan ekonomi dunia melambat. Bahkan hingga terjadi resesi global. Hal ini yang membuat para investor cemas sehingga keluar dari aset berisiko seperti pasar saham.

Kabar Ramai di Pasar

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) membukukan laba bersih sebesar Rp734,76 miliar, anjlok 14,13% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Pertumbuhan negatif laba disebabkan oleh penurunan penghasilan keuangan lain-lain. Padahal pendapatan usaha JSMR tumbuh 17,9% yoy menjadi Rp6,7 triliun.

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) bersama dengan anak usahanya PT Kargo Bersama Teknologi (KBT) mendirikan PT Kargo Bersama Logistik (KBL). ASSA akan menyetor modal senilai Rp1 miliar, dan KBT bakal menyuntik modal sebesar Rp9,9 miliar, dengan demikian nilai transaksi penyetoran modal tersebut total sebesar Rp10 miliar.

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) akan menerima pengalihan 7.499.999.999 lembar saham seri B atau 75,51% porsi kepemilikan pada PT Semen Baturaja Tbk(SMBR) milik pemerintah. Rencana itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 33 tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara kepada modal saham perusahaan SMGR pada tanggal 21 September 2022. SMGR akan menguasai 75,51% saham SMBR dan sisanya 24,49% dipegang oleh masyarakat.

+ PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT) atau Indosat melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap lebih dari 300 karyawan. "Karyawan menerima rata-rata Rp 1 miliar dan yang paling tinggi menerima Rp 4,3 miliar," ujar Head of Corporate Communication Indosat Ooredoo Hutchison Steven Saerang mengutip berita emitennews.com. PHK didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif.

Harga Saham GOTO Diramal Bisa Tembus Rp324

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diganjar predikat 'outperform' oleh PT Macquarie Sekuritas Indonesia. 

Istilah outperform ini biasa digunakan untuk saham-saham yang kenaikan harganya diperkirakan bisa melebihi acuan pasar (indeks harga saham) atau terkadang disebut juga dengan market outperform.

Saham GOTO ditarget akan mencapai Rp324 menurut riset Macquaire. di mana angka tersebut mencerminkan rasio nilai enterprise value/pendapatan bersih atau EV/net revenue sebesar 16,2 kali atau 9,0 kali pendapatan kotor estimasi 2024.

"(Perhitungan ini) didukung oleh penilaian dengan metodologi arus kas terdiskon atau discounted cash flow (DCF) dan sum-of-the-parts (SOTP). Saham GOTO diperdagangkan pada konsensus EV/net revenue 2023-2024 17 kali dan 11 kali," dalam riset Macquarie tersebut.

Dalam risetnya Macquaire menilai bahwa dengan monetisasi dan efisiensi yang lebih baik, GOTO dipercaya bisa mendapatkan rating yang lebih baik. Macquarie menilai harga saham GOTO lebih tangguh (resilient) dibandingkan dengan harga saham perusahaan teknologi sejenis.





Mau dapat update market sebelum pasar buka di Morning dan Day Briefing setiap hari? yuk upgrade menjadi VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi