Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Fakta Laba PGAS Naik 21%, Begini Penjelasannya

23 Sep 2022, 14:14 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) kamis lalu (22/09) telah merilis laporan keuangan semester 1 tahun ini. PGAS berhasil mencatatkan laba bersih senilai US$238,6 juta atau naik 21,4% dibandingkan semester pertama tahun lalu. Pertumbuhan yang baik juga dicapai pada kinerja top line nya, dimana pendapatan secara keseluruhan tumbuh 18,8% menjadi US$1,74 miliar.

Dari 8 segmen bisnis yang dimiliki PGAS, segmen penjualan minyak dan gas menjadi bisnis yang paling mendorong kinerja PGAS selama semester pertama, baik dari sisi pertumbuhan maupun nominal.

Meskipun hanya berkontribusi 17% dari total pendapatan, segmen tersebut mencatatkan pertumbuhan 130,7% dibandingkan semester 1 tahun lalu menjadi US$294 juta karena dampak dari kenaikan harga gas global saat mencuatnya konflik geopolitik global. 

Sebagai informasi, segmen penjualan minyak dan gas merupakan bisnis hulu PGAS dibawah Saka Energi Indonesia dimana perusahaan melakukan lifting migas untuk setelahnya dijual kepada pelanggan.

BACA JUGA: Tips Agar Tidak Terburu-buru Saat Trading

Sedangkan bisnis utama PGAS, yaitu niaga gas atau distribusi gas kepada pelanggan melalui pipa distribusi yang dimiliki perusahaan juga mencatatkan pertumbuhan sebesar 4,4% menjadi US$1,2 miliar.

Bisnis niaga gas tersebut merupakan transaksi jual beli gas antara pemasok dan PGAS untuk kemudian dijual kembali kepada pelanggan. Sehingga tak heran, PGAS memiliki beban pembelian gas bumi senilai US$891 juta, tumbuh 7,2% di beban pokok pendapatan PGAS.

Apabila dilihat secara kuartalan, kinerja PGAS mencatatkan pendapatan tertinggi selama 10 kuartal terakhir di US$903 juta. Bahkan, laba bersih perusahaan sudah melebihi level sebelum Covid. Menandakan pemulihan konsumsi gas seiring dengan aktivitas industri yang pulih serta momentum dari harga komoditas yang tinggi.

Bagaimana strategi investasi dan trading di saham PGAS? Temukan selengkapnya di member VIP Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Laba Bersih ICBP Terkoreksi Efek Pembengkakan Beban Keuangan

2 Mei 2024, 17:20 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan ASII di Kuartal I/2024 Menurun, Ini Penyebabnya

30 Apr 2024, 16:18 WIB
article
ArtikelInsight

Performa Keuangan UNVR Membaik, Gimana Efek Penarikan Es Krim?

26 Apr 2024, 15:09 WIB
article
ArtikelInsight

BBRI Cetak Laba Bersih Naik Tipis 2,7% Jadi Rp15,6 Triliun

25 Apr 2024, 13:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi