Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Siap-siap Besok Waran Terstruktur Dirilis, Begini Keuntungan dan Risikonya

13 Sep 2022, 17:18 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Bursa Efek Indonesia (BEI) baru-baru ini kedatangan salah satu produk yang bernama Waran Terstruktur (structured warrant). Lalu, apa keuntungan dan risiko dari produk Waran Terstruktur ini? Serta apa perbedaannya dengan waran saham biasa?


Pengertian Waran Terstruktur


Waran terstruktur adalah salah satu surat berharga yang memberikan hak kepada pemiliknya untuk menjual atau membeli suatu saham pada harga dan tanggal yang sudah ditentukan sebelumnya. 


Bicara waran, trader atau investor yang sering ikut initial public offering (IPO) atau rights issue sering mendapatkan waran gratis yang bisa dieksekusi menjadi saham jika sudah mencapai waktu yang sudah ditentukan. 


BACA JUGA: Apa itu waran dalam saham?


Namun, waran terstruktur berbeda dengan waran saham biasa tersebut. Beberapa perbedaannya antara lain:


Pertama, waran terstruktur diterbitkan oleh sekuritas, sedangkan waran biasa diterbitkan oleh emiten. 


Kedua, pemilik waran terstruktur akan otomatis tereksekusi dengan menjadi uang tunai hasil dari selisih harga pelaksanaan dengan harga saham saat tenggat waktu, sedangkan waran biasa harus menebus dulu untuk bisa eksekusi jadi saham. Jika tidak ditebus, waran akan hangus.


Ketiga, waran terstruktur memiliki penyedia likuiditas sehingga produknya selalu likuid, sedangkan waran saham biasa pergerakan harganya disesuaikan dengan supply and demand di pasar.


Namun, waran terstruktur dan waran biasa ini juga ada kesamaan, yakni keduanya memiliki harga waran tersendiri yang berbeda dari harga saham yang diacunya. Lalu, trader dan investor juga bisa trading waran terstruktur dan biasa hingga waktu eksekusi waran tersebut.


Jenis Waran Terstruktur


Ada dua jenis waran terstruktur. Pertama, Call Warrant yang memberikan pemiliknya hak untuk membeli. Kedua, Put Warrant yang memberikan pemiliknya hak untuk menjual. 


Keuntungan Waran Terstruktur


Pertama, waran terstruktur memberikan keuntungan berupa selisih dari harga pelaksanaan waran terstruktur dengan harga saham saat tenggat waktu eksekusi waran.


Seperti, untuk waran terstruktur tipe call, investor bisa mendapatkan keuntungan jika harga saham yang jadi acuan waran mengalami kenaikan signifikan hingga ke atas harga pelaksanaan warannya tersebut.


Lalu, untuk waran terstruktur tipe put, investor bisa mendapatkan keuntungan jika harga saham acuan waran mengalami penurunan signifikan ke bawah harga pelaksanaan.


Kedua, trader waran terstruktur bisa untung dari capital gain atau selisih harga waran selama masa perdagangan atau sebelum tenggat waktu eksekusi waran. 


Risiko Waran Terstruktur


Ada beberapa risiko waran terstruktur nih. 


Pertama, jika selisih harga pelaksanaan dan harga saham saat tenggat waktu eksekusi malah menjadi negatif atau minus. Misalnya, untuk pemilik waran terstruktur call bakal mengalami kerugian jika harga saham yang jadi acuan turun ke bawah harga pelaksanaan, sedangkan untuk pemilik waran put bakal rugi jika harga saham yang jadi acuan naik ke atas harga pelaksanaan.


Kedua, jika mengalami capital loss atau harga beli waran terstruktur lebih rendah daripada harga jual saat diperjual-belikan di masa perdagangan. 


Simulasi Investasi di Waran Terstruktur


Saat ini, sudah ada 3 waran terstruktur yang bakal dirilis pada 14 September 2022 oleh RHB Sekuritas. Ke-3 waran tersebut antara lain:


- BBRI: 

Kode: BBRIDRCM3A

Tipe Waran: Call

Harga penawaran: Rp278-Rp324

Harga pelaksanaan: Rp4.280-Rp5.225

Batasan Masa Penawaran: 14 September 2022

Penjatahan dan Penetapan harga: 15 September 2022

Pencatatan: 19 September 2022

Jumlah unit yang diterbitkan: 30 juta unit

Periode Perdagangan Waran: 19 September 2022 - 13 Juni 2023

Tanggal pelaksanaan waran: 19 September 2023


- UNVR: 

Kode: UNVRDRCM3A

Tipe Waran: Call

Harga penawaran: Rp300-Rp372

Harga pelaksanaan: Rp4.320-Rp5.275

Batasan Masa Penawaran: 14 September 2022

Penjatahan dan Penetapan harga: 15 September 2022

Pencatatan: 19 September 2022

Jumlah unit yang diterbitkan: 30 juta unit

Periode Perdagangan Waran: 19 September 2022 - 13 Juni 2023

Tanggal pelaksanaan waran: 19 September 2023


- ADRO

Kode: ADRODRCM3A

Tipe Waran: Call

Harga penawaran: Rp278-Rp344

Harga pelaksanaan: Rp3.780-Rp4.620

Batasan Masa Penawaran: 14 September 2022

Penjatahan dan Penetapan harga: 15 September 2022

Pencatatan: 19 September 2022

Jumlah unit yang diterbitkan: 30 juta unit

Periode Perdagangan Waran: 19 September 2022 - 13 Juni 2023

Tanggal pelaksanaan waran: 19 September 2023


Lalu, untuk simulasinya, jika investor membeli waran terstruktur UNVR berkode UNVRDRCM3A tersebut di harga sekitar Rp300-Rp372 per waran. 


Di sini, pemilik waran bisa untung, jika dia menjual waran terstruktur itu dengan harga di atas Rp300-Rp372 per waran saat periode perdagangan. Namun, akan jadi rugi jika menjual di bawah harga belinya. 


Pemilik waran yang ingin pegang hingga periode pelaksanaan berakhir pada 19 September 2023, maka pemilik waran bisa dapat untung jika harga UNVR pada periode pelaksanaan terbang di atas Rp4.320-Rp5.275. 


Misalnya, harga UNVR di 19 September 2023 senilai Rp10.000 per saham, berarti pemilik waran terstruktur bakal mendapatkan keuntungan dari selisih harga pelaksanaan dengan harga saham sesungguhnya senilai Rp4.725 sampai Rp5.680 per saham. 


Namun, bakal jadi rugi, jika harga saham UNVR malah jadi Rp2.000 per saham. Artinya, pemilik waran terstruktur bakal rugi Rp2.725 sampai Rp3.680 per saham. 


Sebaliknya, jika jenis waran terstruktur UNVR yang diterbitkan adalah Put, berarti pemilik waran bakal mendapatkan keuntungan jika harga saham turun dan rugi jika harga sahamnya naik. 


Cara Beli-Jual Waran Terstruktur


Untuk cara beli waran terstruktur bisa dilakukan di pasar primer dan sekunder. Untuk pasar primer, calon investor waran terstruktur bisa mengambil formulir pemesanan waran terstruktur (FPWT) di tempat penerbitnya. Kali ini, penerbit waran terstruktur adalah RHB Sekuritas. Setelah itu, nanti penerbit waran terstruktur akan melakukan penjatahan untuk investor yang mendapatkan produk itu dari pasar primer. 


Namun, jika kamu belum mendapatkan waran terstruktur di pasar primer tidak perlu galau karena bisa ditransaksikan di pasar sekunder. Caranya bisa menggunakan online platform trading sekuritas apapun yang sudah terdaftar di OJK dan BEI. Nanti, cara belinya tinggal mengetikkan kode waran terstruktur saja.


Nah, siap mencoba produk waran terstruktur ini? Atau mau belajar saham dengan coach berpengalaman? Yuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-WS-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Inflasi Indonesia DIproyeksi Melandai, Gimana Prospeknya?

30 Jan 2023, 14:50 WIB
article
ArtikelFundamental

Berapa Beban Operasional Emiten yang Ideal? Baca Penjelasannya di Sini

3 Jan 2023, 13:32 WIB
article
ArtikelFundamental

Kepentingan Non-Pengendali pada Laporan Keuangan itu Apa sih?

27 Des 2022, 18:31 WIB
article
ArtikelFundamental

Pembagian Dividen Saham 101: Penjelasan dan Prosedurnya

26 Des 2022, 16:54 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi