Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Pendapatan Nikel Pertama MDKA, Seberapa Cuan?

12 Sep 2022, 17:36 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sebelumnya pada artikel berjudul MDKA Dapat Pendapatan Nikel? Begini Penjelasannya Emtrade telah membahas pendapatan nikel yang pertama kali MDKA catat sepanjang MDKA berdiri, dimana sebelumnya MDKA hanya berfokus pada komoditas metal emas, tembaga, dan perak.

Hari ini (12/09) MDKA merilis kinerja keuangannya untuk periode semester I/2022 di IDX, dimana pendapatan MDKA mengalami peningkatan 152% sepanjang 2022 menjadi US$341 juta. Kinerja yang lebih spektakuler bahkan terjadi di performa laba bersih perusahaan yang mencatatkan kenaikan 1.550% atau meningkat hampir 17 kali lipat menjadi US$96,8 juta.

BACA JUGA: Begini Deretan Saham Nikel Paling Likuid di BEI

Apabila dilihat secara kuartalan, kinerja kuartal 2 tahun ini merupakan kinerja tertinggi yang pernah tercatat oleh MDKA.


Meskipun kinerja keuangan dari tambang lamanya seperti Tujuh Bukit dan Wetar yang memproduksi tembaga, emas, dan perak mengalami penurunan secara kuartalan. MDKA mulai mencatatkan pendapatan dari proyek nikel yang berada dibawah PT Merdeka Battery Minerals yang memiliki bisnis pertambangan, smelter, hingga industrial park komoditas nikel. Sepanjang semester 1 tahun ini, MDKA mencatatkan pendapatan nikel sebesar US$94,1 juta yang apabila di bandingkan dengan komoditas lain, pendapatan dari penjualan nikel MDKA menjadi yang terbesar dengan kontribusi 28% terhadap total pendapatan MDKA. Meski demikian, proyek nikel MDKA masih memberikan margin yang relatif lebih kecil dibandingkan proyek di 3 komoditas lain dengan margin laba sebelum pajak sebesar 11,7% (vs Tujuh Bukut dan Wetar sebesar 71,3% dan 28,4%). 


Tercatat MDKA telah menjual komoditas nikel dengan jenis nickel pig iron sejumlah 5.041 ton dan dapat menjualnya dengan harga US$18.669 per ton, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya MDKA belum memiliki operasional dari nikel. Sedangkan pada komoditas lain MDKA relatif mencatatkan penurunan pendapatan karena menurunnya penjualan dan harga jual (ASP).



Konsekuensi Utang

Meskipun MDKA mulai mencatatkan pendapatan dari bisnis barunya, dalam proses akuisisi unit bisnis nikelnya MDKA menggunakan pembiayaan yang berasal dari utang. Utang MDKA tercatat mengalami kenaikan 142% dibandingkan dengan posisi utang pada akhir tahun, dimana utang obligasi naik 107% sedangkan utang bank naik 175%.

BACA JUGA: Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

Kondisi tersebut berdampak pada biaya keuangan yang meningkat, tercatat sepanjang semester I/2022 84,3% dibandingkan semester yang sama tahun lalu menjadi US$19,2 juta, dimana 85% biaya bunga MDKA berasal dari biaya utang obligasi.


Gimana potensi MDKA untuk investasi dan trading? upgrade menjadi VIP member Emtrade.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi