Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

3 Cara Agar Tidak Mudah Tergiur Take Profit di Saham Investing

9 Sep 2022, 14:19 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Adakah Emtraders yang pernah tergiur untuk take profit di saham investing karena sudah berhasil cuan? Secara prinsip berinvestasi itu artinya menyimpan saham dalam jangka waktu panjang. Namun ada kalanya harga saham naik lumayan padahal baru disimpan dalam rentang waktu yang singkat. Alhasil jadi ingin buru-buru take profit.

Di sisi lain kalau saham tersebut punya fundamental yang solid dan valuasinya pun masih murah, rasanya terlalu cepat untuk merealisasikan keuntungan. Alasannya karena saham dengan karakter seperti ini justru bisa memberikan return yang lebih maksimal dalam jangka panjang. Lalu, gimana caranya supaya tangan “tidak gatal” ingin buru-buru take profit di saham investing?

Pahami Alasan Berinvestasi di Emiten Tersebut

Cara yang pertama adalah pahami dulu alasan kamu berinvestasi di emiten tersebut. Ini juga jadi satu alasan mengapa berinvestasi itu tidak boleh asal ikut-ikutan orang lain tanpa dianalisis sendiri. Sebab kita akan lebih mudah terbawa emosi baik itu saat rugi maupun untung.

Ketika rugi ingin cepat-cepat jual, tapi pas sudah cuan juga ingin cepat-cepat take profit. Dengan kata lain kita jadi tidak punya alasan kuat mengapa sahamnya layak untuk disimpan lebih lama. Lain halnya kalau berinvestasi karena alasan fundamental emiten yang solid. Hal ini yang membuat kita yakin untuk terus hold sahamnya alih-alih terburu-buru untuk merealisasikan keuntungan.

Jika ternyata kamu masih belum paham alasan berinvestasi di saham tersebut, maka sebaiknya jangan dipaksakan untuk investing. Mungkin bisa pertimbangkan untuk trading saja pakai strategi jangka menengah atau trend following. Dengan catatan harus belajar analisis teknikal dulu supaya bisa baca timing kapan harus amankan posisi.  

Baca juga: [Artikel Panduan] Belajar Analisis Teknikal Part 1: Basic

Selalu Pantau Hasil Laporan Keungan

Cara kedua, lakukan pemantauan pada hasil laporan keuangan yang dirilis secara berkala oleh emiten. Cek hasil dari laporannya apakah bagus atau tidak? Sebagai tips tambahan, jangan hanya fokus pada angka atau hasil laporan setiap kuartal saja tetapi harus bisa forward looking juga.

Sebagai contoh harga saham SIDO mulai agak melambat pada pertengahan tahun 2022. Berdasarkan hasil riset tim Emtrade, hal ini dikarenakan banyak toko yang enggan mengamankan stok saat masa pandemi kemarin. Akan tetapi ke depannya masih berpotensi untuk recover. Oleh sebab itu harus forward looking supaya bisa menakar prospek emiten di masa mendatang.

Baca juga: Begini Ciri-Ciri Laporan Keuangan Emiten yang Bagus

Pakai Nominal yang Ideal untuk Diri Sendiri

Pakai modal dengan nominal yang sesuai dengan kenyamanan dan kesiapan kamu dalam menghadapi fluktuasi pasar. Artinya kalau posisinya lagi rugi, kamu tidak keberatan dengan nominal kerugiannya. Semakin besar modal, semakin mudah deg-degan baik ketika untung maupun rugi. Semakin kecil modalnya tentu akan menjadi semakin tenang. Namun di sisi lain keuntungannya juga sedikit yang mana hal ini terdengar kurang menyenangkan bagi sebagian orang.

Maka dari itu sebelum mulai berinvestasi, kita mesti mengatur rasa di dalam hati dan juga pikiran untuk mencukupkan diri dari segala hal. Ingat, kalau sudah bisa berinvestasi, itu berarti kita sudah punya uang dingin. Tanpa berinvestasi pun kita tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik. Investasi hanyalah tambahan saja.

BACA JUGA: Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

Nah, itulah 3 cara untuk kalian yang sering tergoda ingin buru-buru merealisasikan keuntungan dari saham yang sebenarnya disimpan untuk jangka panjang. Untuk edukasi saham selengkapnya dan trading signal bisa kamu akses secara bebas di aplikasi Emtrade dengan upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi