Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Apa itu Unusual Market Activity (UMA)? Wajib Tahu Supaya Tetan Cuan!

16 Sep 2022, 17:15 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
apa itu unusual market activity

Apa itu Unusual Market Activity (UMA)? Buat kamu yang rajin update berita market pasti sudah tahu bahwa BEI kerap menyatakan UMA terhadap suatu saham lewat publikasi yang dilayangkan di laman resmi mereka. Bahkan beberapa waktu lalu saham GOTO juga sempat dicap UMA karena harganya yang terus mengalami tekanan.

Sebagai trader maupun investor saham, kamu patut waspada kalau saham yang dipegang ternyata masuk ke dalam kategori UMA. Sebab kondisi UMA dapat menimbulkan beberapa kemungkinan seperti suspensi yang tentunya akan merugikan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk, langsung simak pembahasan berikut ini!

Apa itu Unusual Market Activity (UMA)?

Unusual Market Activity (UMA) adalah tanda peringatan dari BEI untuk saham-saham yang memiliki aktivitas perdagangan atau pergerakan harga yang tidak wajar pada kurun waktu tertentu. Baik itu naik tinggi atau turun dengan sangat dalam. Mengapa ada peringatan UMA? Karena pihak bursa melihat hal ini berpotensi dapat mengganggu terselenggaranya perdagangan saham.

Informasi terkait daftar saham UMA bisa dicek melalui idx.co.id di menu Berita lalu klik bagian Unusual Market Activity (UMA). Pengumuman tersebut bertujuan agar para pelaku pasar tetap berhati-hati serta mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan transaksi pada saham-saham yang masuk kategori UMA.

Namun di sisi lain pengumuman UMA juga bukan berarti menandakan adanya pelanggaran di pasar modal yang dilakukan pihak perusahaan. Status UMA hanya menunjukkan kondisi harga saham yang sedang dicermati bursa karena pergerakannya di luar kebiasaan. Hal ini jelas tertulis di dalam disclaimer yang menyatakan ‘Pengumuman UMA tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran di bidang pasar modal’.

Baca juga: 7 Faktor yang Memengaruhi Pergerakan Harga Saham

Penyebab Saham UMA

apa itu unusual market activity

Setelah nemahami apa itu unusual market activity, sudah tahu belum penyebabnya? Singkatnya, penyebab suatu saham dinyatakan UMA adalah terjadinya pergerakan saham secara tajam. Meskipun seringkali saham-saham UMA sebelumnya mengalami ARA atau ARB selama berhari-hari, ketentuan UMA sebenarnya berbeda dengan ARA dan ARB. Sebab pengawasan UMA dilakukan berdasarkan sistem SMART bursa yang memantau setiap perdagangan secara oromatis.

Kondisi saham yang menyentuh batas atas dan batas bawah hanya menjadi salah satu indikator saja sebelum bursa memberikan peringatan UMA. Dikutip dari Bisnis.com, Peraturan Perdagangan No II-A Pasar II.10 menyebutkan dalam rangka melakukan pengawasan perdagangan efek, bursa melakukan pemantauan terhadap informasi atas setiap efek yang herkaitan dengan:

  •  Fluktuasi harga dan volume

  •  Frekuensi

  • Order atau pesanan

  • Transaksi

  • Pola transaksi

  • Informasi penyelesaian transaksi

  • Informasi lain yang penting dan relevan

Nah, beberapa parameter tersebut akan terlebih dahulu diperiksa sebelum memutuskan untuk menyatakan UMA. Keputusan UMA bisa diberikan apabila lebih dari satu parameter itu terpenuhi.

Sementara itu alasan mengapa saham IPO terkena UMA adalah karena volatilitasnya yang tinggi. Pasalnya, saham-saham tersebut kerap ditawarkan dengan harga murah, sehingga gerakannya cenderung sangat fluktuatif. Selain itu saham IPO lebih mudah untuk naik secara signifikan jika jumlah saham yang beredar tidak terlalu banyak.

Berapa lama UMA saham? Tidak ada tenggat waktu yang pasti. Bila pergerakan harga sahamnya sudah kembali normal, maka otomatis ia bakal keluar dari status UMA.

Baca juga: Apa Arti ARA dalam Saham? Cari Tahu di Sini!

What to Do?

Trader maupun investor yang memiliki saham UMA wajib memerhatikan prospek saham tersebut ke depannya. Apakah akan kembali bergerak secara tidak wajar atau sudah terpantau aman? Karena kalau masih bergerak liar, status UMA bisa berubah menjadi suspensi, di mana perdagangan saham akan diberhentikan sementara. 

Biasanya harga saham yang terkena suspensi akan mengalami penurunan. Maka dari itu sebagai langkah antisipasi, pertimbangkan untuk take profit (jika sudah profit) atau cut loss (jika masih merugi) ketika saham di portofolio dinyatakan UMA.

Kalaupun tetap ingin masuk ke saham UMA, ketahui dulu penyebab mengapa harganya bergerak liar dan cermati validasi kabar terkait pemicu pergerakan fluktuatif tersebut. Penting untuk tetap perhatikan kondisi keuangan terkini perusahaan dan histori perdagangan dari saham yang ingin dibeli. Tujuannya supaya bisa mengukur berbagai kemungkinan yang mungkin timbul di kemudian hari. Apabila setelah diselidiki perusahaan benar melakukan pelanggaran, menjual saham bisa jadi opsi terbaik kalau sudah terlanjur beli.

Mau baca selengkapnya? Klik artikel di bawah ini!

Baca juga: Saham Masuk UMA? Ini yang Harus Kamu Lakukan

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu unusual market activity yang kerap terjadi di pasar saham. Biar tidak terjebak UMA, yuk cari tahu dulu kinerja perusahaan dari saham yang mau dipilih. Di Emtrade kamu bisa dapat edukasi analisis teknikal dan fundamental secara intensif, lho! Gimana caranya?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Perhitungan Break Even Point Supaya Kamu Tahu Sudah Untung atau Belum

13 Jan 2023, 16:28 WIB
article
ArtikelPemula

Istilah Price In Harga Saham, Apa Maksudnya?

10 Nov 2022, 16:18 WIB
price in harga saham
ArtikelPemula

Aset Safe Haven Emas, Pahami Maksud dan Keuntungannya Di Sini

11 Nov 2022, 16:21 WIB
aset safe haven emas
ArtikelPemula

Ekonomi AS Diprediksi Double-Dip Recession, Apa Maksudnya?

2 Nov 2022, 15:45 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi