Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Ini Dia! 5 Perusahaan Paling Berharga di Dunia, Ada dari indonesia?

2 Sep 2022, 16:44 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Perusahaan melantai di bursa efek untuk mencari investor yang ingin menyuntikan dana. Investor membeli perusahaan saat pertama kali listing atai IPO dengan nilai yang sudah ditentukan.

Kemudian setelah namanya perusahaan tersebut tercatat di papan bursa, nilai perusahaan dipengaruhi oleh pasar sehingga membentu kapitalisasi pasar. Jika onvestor mengapresiasi perusahaan tersebut, maka nilai kapitalisasi pasar akan makin tinggi. Sehingga perusahaan tersebut akan makin berharga.

Nah… berikut5 perusahaan paling berharga di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya hingga kuartal II/2022:

1. Apple Inc

· Pendapatan : $378,3 miliar

· Laba bersih : $100,5 miliar

· Kapitalisasi pasar : US$2,65 triliun

· Bursa : Nasdaq

· Tahun Berdiri : 1976

Apple telah menjadi perusahaan paling berharga di dunia. Apple mendesain, memproduksi, dan memasarkan berbagai produk teknologi konsumen. Produknya  termasuk smartphone, komputer pribadi, tablet, dan banyak lagi.

Beberapa produk pun jadi yang paling populer se jagad termasuk smartphone iPhone dan komputer Mac.

2. Saudi Aramco (2222.SR)

· Pendapatan: US$346,5 miliar

· Laba bersih: US$88,1 miliar

· Kapitalisasi pasar : US$2,33 triliun

· Bursa : Tadawul (Bursa Efek Arab Saudi)

· Tahun Berdiri: 1933

Saudi Arabian Oil, lebih dikenal sebagai Saudi Aramco, adalah perusahaan minyak dan gas terintegrasi yang berbasis di Arab Saudi. Perusahaan ini didirikan sebagai operasi luar negeri Standard Oil dan saat ini dimiliki oleh pemerintah Saudi. Aramco mengoperasikan segmen hulu dan hilir.

Segmen hulunya bergerak di bidang eksplorasi dan produksi minyak mentah, kondensat, gas alam, dan gas alam cair (NGL). Segmen hilir bergerak di bidang penyulingan dan manufaktur petrokimia, distribusi, dan pembangkit listrik. Saudi Aramco juga mengoperasikan bisnis bahan kimia yang membuat produk seperti aromatik dan olefin dan produk kompleks seperti karet sintetis.

3. Microsoft Corp. (MSFT)

· Pendapatan: US$184,9 miliar

· Laba bersih: US$71,2 miliar

· Kapitalisasi pasar: US$2,10 triliun

· Bursa : Nasdaq

· Tahun Didirikan: 1975

Microsoft adalah pengembang global dan pemberi lisensi perangkat lunak, perangkat, solusi, dan layanan. Perusahaan ini terkenal dengan perangkat lunak Windows dan Office Suite serta perangkat keras game Xbox-nya. Microsoft juga memiliki dan mengoperasikan LinkedIn, situs jejaring sosial populer untuk pencari kerja.

4. Alfabet inc (GOOGL)

· Pendapatan: US$257,6 miliar

· Laba bersih : US$76,0 miliar

· Kapitalisasi pasar : US$1,54 triliun

· Bursa : Nasdaq

· Tahun Didirikan: 1998

Alphabet adalah induk dari Google, yang mesin pencarinya mendominasi pasar global. Perusahaan ini menawarkan berbagai tekn­­ologi dan layanan digital, termasuk pencarian, sistem operasi smartphone Android, browser Chrome, layanan email Gmail, platform penyimpanan file online Google Drive, Google Maps, Google Foto, toko aplikasi Google Play, dan Youtube.

BACA JUGA: 3 Macam Profil Risiko, Kamu Termasuk yang Mana?

Perusahaan juga menyediakan layanan cloud melalui Google Cloud, yang memungkinkan pengembang untuk membuat dan menerapkan aplikasi serta berbagai alat kolaborasi ruang kerja. Selain itu, perusahaan memperoleh pendapatan melalui rangkaian produk perangkat keras yang berkembang seperti ponsel Pixel, Fitbit, dan koleksi rumah Google Nest. Alphabet juga mengoperasikan segmen Taruhan Lainnya yang mencakup bisnis baru seperti bisnis mobil self-driving Waymo.

5. Amazon.com Inc (AMZN)

· Pendapatan: US$469,8 miliar

· Laba bersih: US$33,4 miliar

· Kapitalisasi pasar: US$1,42 triliun

· Bursa : Nasdaq

· Tahun Berdiri : 1994

Amazon.com adalah pengecer e-commerce yang menjual berbagai produk dan layanan secara global dan merupakan penyedia layanan komputasi awan terbesar di dunia. Bisnis e-commerce mencakup barang dagangan dan konten yang dibeli untuk dijual kembali dari vendor dan yang ditawarkan oleh penjual pihak ketiga. Amazon juga menawarkan berbagai layanan berlangganan dan layanan web, termasuk layanan komputasi awan dan bisnis hiburan streaming yang berkembang pesat. Selain itu, perusahaan memproduksi dan menjual perangkat elektronik, seperti e-reader Kindle, tablet Fire, Fire TV, dan Echo dan Alexa. Amazon menjual bahan makanan melalui anak perusahaannya, Whole Foods Market Inc.


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi