Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Saham ZINC Bergerak di Bidang Apa? Simak Profil Emitennya di Sini!

28 Jul 2022, 15:23 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham zinc bergerak di bidang apa

Bagi kalian yang sering trading saham second liner pasti sudah tidak asing lagi dengan emiten berkode ZINC. Ya, ZINC masuk ke kategori second liner karena kapitalisasi pasarnya yang sebesar Rp2,05 triliun. Namun sudahkah kamu mengenal emiten ini secara lebih jauh? Kira-kira saham ZINC bergerak di bidang apa, ya? Mari simak ulasannya.

Profil Singkat

PT Kapuas Prima Coal Tbk (ZINC) berdiri sejak tahun 2005 dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan di Indonesia. Hasil tambang yang diproduksi awalnya adalah bijih besi, tetapi mulai tahun 2014 ZINC fokus ke dalam produksi galena, besi, seng, timah, dan bijih perak. Daerah konsensi penambangan terletak di Desa Bintang Mengalih, Provinsi Kalimantan Tengah dengan luas wilayah mencapai 5.569 hektar.

saham zinc bergerak di bidang apa

Perusahaan ini resmi listing di bursa menggunakan ticker ZINC pada tanggal 16 Oktober 2017. Total dana terkumpul melalui aksi IPO tersebut sebesar Rp77 miliar.

Baca juga: Zimbabwe Inflasi 191% Tapi Sahamnya Bisa Cuan, Kok Bisa?

Lini Bisnis: Saham ZINC Bergerak di Bidang Apa?

Menurut website resmi perseroan, berikut adalah tiga produk utama ZINC:

  • Bijih Besi

Besi adalah sumber utama besi yang dibutuhkan oleh industry besi dan baja global. Sulfat besi, senyama bijih besi biasa digunakan sebagai fungisida, oksalat besi dalam pengembangan fotografi, limonit, dan hematit sebagai pigmen dan abrasif.

Sedangkan magnetite digunakan dalam produksi elektroda industry, besi klorida dan nitrat digunakan sebagai morden dan reagen industry terutama di industry pewarna.

  • Timbal

Galena merupakan bijih utama timbal (timah hitam). Dalam bisnis perdagangan logam, timah hitam menjadi salah satu jenis logam yang banyak dibutuhkan. Pemanfaatan galena biasa digunakan pada baterai, selubung kabel, manfukatur mesin, galangan kapal, industry ringan, oksida timbal, proteksi radiasi dan industry lainnya.

  • Seng

Sphalerite adalah bijih utama dari seng dan sering ditambang untuk campuran kadmium, indium, gallium atau germanium (pengganti untuk seng dalam struktur sfalerit). Hal ini biasanya ditemukan dalam hubungan dengan galena, pirit, dan sulfida lainnya bersama dengan kalsit, dolomit, dan fluorit. 

Seng (sphalerite) dapat dibuat menjadi berbagai paduan dengan banyak logam lainnya. Terutama dalam bentuk galvanisasi, paduan berbasis seng dan seng oksida, yang memiliki aplikasi di industri pembuatan mobil, konstruksi dan perkapalan, industri ringan, mesin, peralatan listrik rumah tangga, baterai dan industri lainnya.

Baca juga: Analisa Bid Offer Saham Untuk Mengetahui Likuiditas Saham

Pemegang Saham

Pemegang saham ZINC per 31 Maret 2022:

1.  Saham publik (34,28%)

2. Sim Antony (14,42%)

3. Kioe Nata (12,33%)

4.  Budi Mulio Utomo (10,15%)

5.  PT Sarana Inti Selaras (10,09%)

6.  Haroen Soedjatmiko (9,57%)

7.       William (9,16%)

Baca juga: 4 Tips Menghadapi Pasar Saham Saat Bearish

Kinerja Terbaru

Setelah tahu saham ZINC bergerak di bidang apa beserta pemegang sahamnya, perlu tahu juga nih dengan kinerja keuangannya yang terbaru. Pada kuartal I-2022 ZINC mencetak laba bersih sebesar Rp22,67 miliar. Angka ini menurun 65,09% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni Rp64,95 miliar. Total penjualan di tiga bulan pertama tahun ini lebih rendah 10,45% dari Rp228,40 miliar menjadi Rp204,53 miliar.

Penjualan material zinc (seng) berkontribusi terbanyak terhadap pendapatan mencapai Rp95,10 miliar. Adapun penjualan konsentrat besi menyumbang Rp38,64 miliar, perak Rp39,19 miliar, dan galena-timbal Rp31,56 miliar.

Penurunan laba ZINC disebabkan oleh beban pokok penjualan yang membengkak menjadi Rp132,67 miliar dari periode sama tahun 2021 sebanyak Rp115,12 miliar.

Baca juga: Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan Tbk

Nah, itu tadi adalah ulasan mengenai saham ZINC bergerak di bidang apa. Mau tahu strategi trading saham ZINC? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Pemilu di Depan Mata, Ini Deretan Emiten yang Terafiliasi Masing-Masing Paslon

13 Feb 2024, 12:11 WIB
article
ArtikelInsight

Daftar Saham MNC Group yang Terdaftar di BEI, Ada yang Menarik?

17 Jan 2024, 12:55 WIB
article
ArtikelInsight

GGRM Berpotensi Bagi Dividen Jumbo, Gimana Prospek Kinerja Keuangannya?

20 Okt 2023, 15:24 WIB
article
ArtikelInsight

Kenapa Saham GOTO All Time Low di Tengah Penutupan TikTok Shop?

18 Okt 2023, 16:01 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi