Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Saham AKRA Bergerak di Bidang Apa? Kenalan Dulu Yuk!

27 Jul 2022, 15:47 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham akra bergerak di bidang apa

Banyak yang bertanya-tanya, saham AKRA bergerak di bidang apa sih? Di artikel ini kita akan berkenalan dengan AKRA mulai dari profil perusahaannya, lini bisnis, daftar pemegang saham, hingga kinerja keuangan terbaru. Jadi buat kalian yang lagi pantau AKRA di watchlist, pastikan pahami perusahaannya dulu ya sebelum beli sahamnya.

Profil Singkat

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) didirikan tanggal 28 November 1977 dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada Juni 1978. AKRA berdiri dengan nama PT Aneka Kimia Raya Tbk sebelum akhirnya berganti menjadi PT AKR Corporindo pada September 2004. Adapun tujuan pergantian nama, untuk mencerminkan ruang lingkup bisnis yang lebih besar.

AKRA adalah perusahaan logistik dan rantai pasokan, bergerak dalam distribusi dan perdagangan minyak bumi dan kimia dasar. Saat ini, perusahaan di bawah kendali PT Arthakencana Rayatama yang menguasai 59,6% atau 2,39 miliar lembar saham. Selanjutnya, pada 3 Oktober 1994 AKRA beralih menjadi perusahaan publik dengan mencatatkan sahamnya ke bursa. Total dana segar yang dihimpun melalui aksi IPO tersebut sebesar Rp60 miliar.

Baca juga: Rebalancing Indeks LQ45 dan IDX30, Saham Apa Saja yang Masuk?

Lini Bisnis: Saham AKRA Bergerak di Bidang Apa?

AKRA bergerak dalam empat lini bisnis, yaitu:

  • Perdagangan dan Distribusi

Perusahaan ini memperdagangkan dan mendistribusikan produk minyak bumi dan bahan kimia dasar, seperti chloro-akali, pelarut, bahan-bahan kimia organik, dan non-organik. Pasokan diperoleh dari dalam maupun luar negeri. Bahan-bahan kimia tersebut digunakan oleh berbagai industri di Indonesia, terutama consumer goods, tekstil, rayon, kaca, dan lain-lain.

saham akra bergerak di bidang apa

AKRA merupakan perusahaan swasta nasional pertama yang beroperasi di bisnis BBM non subsidi. Infrastuktur AKRA dalam mendistribusikan BBM non subsidi mengantarkannya menjadi distributor BBM bersubsidi sejak tahun 2010, ditunjuk oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas). Sebagai salah satu distributor swasta terbesar untuk BBM dan kimia dasar, saat ini AKRA telah mengoperasikan 135 SPBU bermerek AKR yang menjual diesel dan bensin untuk kendaraan motor dan nelayan dipulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Anak usaha di segmen perdagangan dan distribusi: PT AKR Niaga Indonesia dan PT Anugerah Krita Retailindo. Kemudian anak usaha yang dimiliki melalui PT Anugerah Krita Retailindo antara lain PT Aneka Petrindo Raya, PT Dirgantara Petrindo Raya, dan PT Anugerah Lubrindo Raya.

  • Logistik

Bisnis ini merupakan bagian integral dari bisnis perdagangan dan distribusi yang memungkinkan AKRA mengirimkan produk minyak dan kimia ke seluruh Indonesia. Segmen jasa logistik menawarkan berbagai layanan, seperti penyewaan tangki penyimpanan dan gudang, bagging, penanganan pelabuhan, serta layanan transportasi terutama untuk bahan kimia cair dan padat, dan produk minyak bumi.

Saat ini AKRA memiliki tangki penyimpanan dan terminal di 15 pelabuhan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. AKRA bersama dengan anak perusahaannya juga menyediakan layanan logistik untuk lebih dari 2.000 perusahaan dan industri.

saham akra bergerak di bidang apa

Anak usaha di segmen logistik: PT Jakarta Terminal Tank, PT AKR Sea Transport, PT AKR Transportasi Indonesia, PT Usaha Era Pratama Nusantara, PT Andahanesa Abadi, dan PT Terminal Nilam Utara.

  • Manufaktur

Segmen manufaktur memproduksi dan menjual bahan perekat seperti sorbitol dan kanji. Sorbitol adalah bahan mentah untuk pasta gigi, obat-obatan, dan pemanis rendah kalori lain di berbagai produk makanan. Adapun produk-produk derivatif dari kanji seperti glukosa, hydrogenated maltose, dan maltitol.

Anak usaha di segmen manufaktur: PT Arjuna Utama Kimia, PT Anugrah Karya Raya, dan AKR (Guangxi) Coal Trading Co Ltd.

  • Kawasan Industri dan Pelabuhan Terintegrasi

Selanjutnya, saham AKRA bergerak di bidang apa? Bisnis AKRA yang satu ini menyewakan dan menjual kawasan industri dan pelabuhan. Saat ini perseroan tengah mengembangkan kawasan industri dan pelabuhan terintegrasi bernama Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

Anak usaha di segmen industri dan Pelabuhan terintegrasi: PT Usaha Era Pratama Nusantara beserta anak usahanya antara lain PT Energi Manyar Sejahtera, PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, PT Berlian Manyar Sejahtera, dan PT Berlian Manyar Stevedore.

Baca juga: Tips Mengatasi Fear and Greed di Pasar Saham

Pemegang Saham

Pemegang saham AKRA per 31 Maret 2022:

1.       PT Arthakencana Rayatama (59,60%)

2.       Saham publik (37,56%)

3.       Saham treasuri (1,68%)

4.       Haryanto Adikoesoemo (0,66%)

5.       Jimmy Tandyo (0,17%)

6.       Mery Sofi (0,03%)

7.       Bambang Soetiono (0,02%)

8.       Suresh Vembu (0,02%)

9.       Nery Polim (0,00% = 450.000 saham)

10.   Termurti Tiban (0,00% = 50.000 saham)

Baca juga: 4 Tips Menghadapi Pasar Saham Saat Bearish

Kinerja Terbaru

AKRA mencatatka peningkatan pendapatan dan laba bersih sepanjang semester I/2022.  Laba bersih tumbuh 74% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu Rp550 miliar menjadi Rp955 miliar. Sementara itu pendapatannya naik 107% dari Rp10,5 triliun pada semester I/2021 menjadi Rp22,1 triliun.

Peningkatan pendapatan disokong oleh pertumbuhan volume di segmen perdagangan dan distribusi, yang disertai peningkatan signifikan di harga jual rata-rata bahkan kimia dasar dan BBM yang didistribusikan oleh AKRA.

  •  Pendapatan BBM +121,1% menjadi Rp16,8 triliun

  • Pendapatan kimia + 115% menjadi Rp4,25 triliun

  • Pendapatan jasa logistik +13% menjadi Rp415 miliar

  • Pendapatan manufaktur +58% menjadi Rp429 miliar

  • Pendapatan kawasan industri -66% menjadi Rp150 miliar

Baca juga: [Artikel Panduan] Belajar Analisis Teknikal Part 1: Basic

Gimana, Emtraders? Setelah tahu saham AKRA bergerak di bidang apa, tertarik untuk koleksi sahamnya? Kira-kira gimana prospek dan strategi trading untuk saham AKRA? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Pemilu di Depan Mata, Ini Deretan Emiten yang Terafiliasi Masing-Masing Paslon

13 Feb 2024, 12:11 WIB
article
ArtikelInsight

Daftar Saham MNC Group yang Terdaftar di BEI, Ada yang Menarik?

17 Jan 2024, 12:55 WIB
article
ArtikelInsight

GGRM Berpotensi Bagi Dividen Jumbo, Gimana Prospek Kinerja Keuangannya?

20 Okt 2023, 15:24 WIB
article
ArtikelInsight

Kenapa Saham GOTO All Time Low di Tengah Penutupan TikTok Shop?

18 Okt 2023, 16:01 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi