Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Perhatian! Ada Kabar Baik Buat Emiten CPO Nih. Apa Itu?

26 Jul 2022, 16:54 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Emiten sawit dapat kambar gembira nih. Pemerintah Indonesia berencana untuk menghapus kewajiban pemenuhan persediaan untuk pasar domestik atau Domestic Market Obligation (DMO). Lalu apa dampaknya buat emiten sawit?

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa pemerintah sedang merencanakan untuk menghapus kebijakan DMO minyak kelapa sawit (CPO) untuk mempercepat kegiatan ekspor, agar persediaan CPO dalam negeri tidak membengkak pada Jumat (22/7) seperti dikutip oleh CNBC Indonesia.

BACA JUGA: Siklus Psikologi Investor yang Wajib Kamu Ketahui

Menurut catata, persediaan CPO dalam negeri per Juli mencapai 7,1 juta ton. Sementara jika melihat rata-rata produksi CPO per tahun sebesar 46,8 juta ton menurut data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) pada 2021. Jadi jika dibagi 12 bulan, per bulannya produksi mencapai 3,3 juta ton CPO.

Ditambah saat ini pemerintah juga menghapus pungutan pajak ekspor CPO dan produk turunannya berdasarkan aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 115 tahun 2022 yang dimulai pada 15 Juli hingga 31 Agustus 2022. 

Dampak jika kebijakan DMO dihapus adalah mengalirnya keran ekspor CPO Indonesia. Volume ekspor pun akan meningkat. Sehingga pendapatan dari emiten-emiten CPO berpotsnis menguat.

Di sisi lain, penghapusan DMO akan berdampak negatif terhadap harga minyak kelapsa sawit kali ini. Soalnya Indonesia sendiri merupakan produsen CPO terbesar di dunia.

Saat DMO tidak diberlakukan lagi, pasokan di dunia pun akan meningkat. Sehingga harga komoditas CPO dunia berpotensi tertekan.

Pelemahan harga CPO akan berpengaruh terhadap harga rata-rata jual perusahaan. Akan tetapi penurunan tersebut akan terkompensasi dengan volume ekpsor yang juga ikut naik. Sehingga kinerja pendapatan masih berpotensi ciamik.

 

Lalu, bagaimana strategi trading saham sektor CPO hari ini?

Yuk, upgrade menjadi VIP member Emtrade untuk bisa mendapatkan update terkini saham yang menarik untuk trading dan investasi. 


Nantinya kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.


Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade


-FR-


emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi