Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

BBNI Mau Jual BNI Life, Begini Dampaknya

12 Jul 2022, 14:09 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) dikabarkan sedang mempertimbangkan menjual kepemilikan sahamnya di unit bisnis asuransi jiwa yang diperkirakan nilainya bisa mencapai US$1 miliar atau sekitar Rp 14,5 triliun (kurs Rp14.500/dolar AS). 


Melansir dari Bloomberg pada 11 Juli 2022, BBNI tengah melakukan diskusi awal dengan penasihat terkait potensi transaksi untuk melepas 60% sahamnya di PT. BNI Life Insurance. Menurut kabar, kesepakatan bisa mencangkup kemitraan bancassurance dimana perusahaan asuransi diizinkan menjual produknya di cabang bank dan saluran ritel lainnya dalam jangka waktu tertentu. 


Lalu, pemegang saham BNI Life lainnya, yakni Japan's Sumitomo Life Insurance Co., yang memegang 40% saham perusahaan asuransi senilai US$354 juta sejak 2014, sedang meninjau kepemilikannya dengan penasihat. Adapum, kabarnya sudah ada beberapa perusahaan asuransi di Indonesia yang menunjukkan minat untuk mengakuisisi sebagian atau seluruh saham BNI Life.


BACA JUGA: Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?


Walaupun begitu, pertimbangan penjualan BNI Life ini masih dalam tahap awal dan proses penjualan juga belum tentu terjadi sampai akhir tahun ini. Artinya, BNI dan Sumitomo Life masih bisa memutuskan untuk tidak melakukan transaksi apapun. 


Gimana dampaknya jika BBNI Berhasil Jual BNI Life? 


Menurut kami, jika BBNI berhasil menjual BNI life, maka BBNI berpotensi mendapatkan dana segar yang bisa meningkatkan kas dan setara kasnya. Hal ini bisa meningkatkan kualitas dan meminimalisir risiko kredit macet, mengingat per kuartal I/2022 rasio kredit macet (NPL) BBNI di 3,5% lebih tinggi dari rata-rata NPL Industri di 3,1%.  


Selain itu, dengan kas yang banyak BBNI akan punya peluang yang lebih untuk ekspansi ke segmen yang lainnya. Walaupun, BBNI kehilangan segmen bisnis asuransinya yang mampu menghasilkan pendapatan Rp5,8 triliun dengan laba sebesar Rp145 miliar pada 2021.


Kami menilai, peluang ekspansi BBNI akan lebih diprioritaskan ke pengembangan segmen bisnis bank digital, mengingat BBNI sudah berhasil mengakuisisi Bank Mayora dan bekerjasama dengan Sea Ltd yang punya track record baik dalam teknologi perbankan digital. 


BACA JUGA: Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN


Kesimpulannya, kurang lebih prospek dari potensi penjualan BNI Life oleh BBNI bisa menjadi satu opsi strategis dalam meningkatkan kualitas asetnya, dan membuka peluang lebih dalam ekspansi ke bisnis bank digital. Mau belajar trading dan investasi saham lainnya secara praktis? yuk upgrade ke VIP member Emtrade.

 

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-TN-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi