Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPerencanaan Keuangan

6 Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Pelajar, Simpel Banget!

12 Jul 2022, 14:25 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
cara menabung uang jajan 2000

“Hemat pangkal kaya”. Pasti kamu sering dengar kata-kata ini waktu masih SD. Ya, dengan berhemat kamu bisa sisihkan lebih banyak uang untuk kemudian ditabung. Hasil tabungannya pun dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari beli barang kesukaan, liburan, beli gadget, dan sebagainya.

Menabung tidak harus pakai modal dengan nominal besar kok. Kamu bisa pakai sisa uang jajan asalkan targetnya jelas supaya tahu kapan tenggat waktu terkumpulnya. Berikut adalah cara menabung uang jajan 2000 yang mudah dilakukan untuk anak sekolah.

Buat Target Menabung

Hal pertama yang mesti dilakukan adalah buat tujuan atau target menabung secara detail. Mau dipakai apa uangnya? Berapa yang dibutuhkan? Selain lebih mudah diukur, cara ini juga bakal bikin kamu jadi termotivasi untuk rutin nabung. Tulisan target boleh diletakkan di mana saja yang sekiranya mudah terlihat. Seperti misalnya di dompet, wallpaper handphone, atau ditempel di lemari dan dinding kamar sebagai pengingat untuk menabung.

Baca juga: 4 Cara Mencapai Financial Freedom, Apa Saja?

Sisihkan Sebelum Dipakai untuk Jajan

Kendala terbesar sebagian orang adalah mereka tidak bisa menabung karena uangnya ludes terpakai. Maka dari itu untuk menghindari hal ini, siasati dengan menyisihkannya terlebih dahulu sebelum dipakai.

Kalau kamu dapat uang saku secara bulanan, begitu orang tua kasih, langsung sisihkan sebagian untuk ditabung. Kalau harian, berarti kamu mesti lebih disiplin untuk sisihkan uang jajan sebelum berangkat sekolah agar tidak terpakai.

Cara menabung uang jajan 2000 ini mungkin terlihat sulit karena harus konsisten menyisihkan uang. Namun lama-kelamaan kamu pun akan terbiasa dengan situasi tersebut. Apalagi kalau kamu punya alasan menabung yang kuat.

Nah, bagi kalian yang tidak dapat jatah uang jajan di hari Sabtu dan Minggu, maka tidak perlu menabung di hari tersebut jika memang tidak ada uang lebih. Intinya jangan terlalu memaksakan diri, sehingga kamu bisa lebih enjoy selama proses menabung.

Baca juga: 5 Cara Mencari Penghasilan Tambahan Saat Pandemi

Minta Tolong Orang Tua Potong Uang Jajan dan Simpan Uang

“Duh, males kalau harus rutin sisihin uang jajan. Takut nggak bisa konsisten dan ujung-ujungnya malah dipakai jajan.”

Mungkin sebagian dari kalian ada yang mengeluh soal ini. Jangan khawatir! Kalau menurut kamu menyisihkan uang secara mandiri itu berat, coba minta tolong orang tua untuk potong uang jajannya.

Sebagai contoh orang tua kasih Rp20.000 sehari. Berarti uang yang akan diterima hanya Rp18.000. Nanti sisa Rp2.000 akan disimpan oleh orang tua sampai mencapai target. Setelahnya, baru deh kamu bisa minta lagi uang tersebut untuk mewujudkan tujuan keuanganmu.

Karena di sini kamu butuh bantuan orang tua, pastikan sebelumnya sudah berdiskusi terlebih dahulu. Tujuannya supaya nantinya tidak terjadi miskomunikasi dan proses menabung pun jadi lebih lancar.

Baca juga: Harga Sembako Mahal, Tapi Mau Investasi. Begini Cara Atur Keuangannya!

Pakai Tabel Challenge Nabung

Cara menabung uang jajan 2000 ini bisa dibilang cukup unik. Pasti kamu sudah sering lihat beberapa challenge nabung di media sosial. Ada yang challenge dengan target Rp20 juta dalam setahun, Rp1 juta dalam sebulan, bahkan Rp300 ribu dalam sebulan pun ada.

Nah, berhubung namanya “challenge”, kamu harus menantang diri sendiri buat nabung sesuai dengan waktu dan nominal yang ditentukan di challenge itu. Ini jadi cara baru agar kamu semakin termotivasi dan semangat menabung. Kira-kira tabel challenge-nya seperti ini.

cara menabung uang jajan 2000

Sumber gambar

Ganti nominalnya menjadi Rp2.000 atau berapa pun yang ingin kamu tabung. Coret atau ceklis satu kotak setiap kali selesai nabung. Tabel challenge ini bisa kamu gambar sendiri di kertas, di-print, atau dibuat stiker untuk ditempel di celengan. Atau beli yang sudah jadi di e-commerce. 

Baca juga: 5 Cara Menabung dengan Cepat untuk Mewujudkan Tujuan Keuangan

Jangan Sepelekan Uang Receh

Seringkali uang receh dianggap sepele. Kadang diletakkan di atas meja tapi kemudian lupa disimpan sampai akhirnya hilang entah ke mana. Meskipun nominalnya kecil, menyimpan uang receh bisa menambah pundi-pundi tabungan kamu. Namanya juga nabung. Walaupun sedikit, lama-lama akan menjadi bukit.

cara menabung uang jajan 2000

Cara Menabung Uang Jajan 2000 di Reksa Dana dan Saham

Bosan dengan cara menabung yang konvensional? Di reksa dana kamu bisa menabung sekaligus menumbuhkan nilai uangnya, lho! Orang-orang biasa sebut investasi. Jadi reksa dana adalah produk investasi yang menghimpun dana masyarakat untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai instrumen. Singkatnya kamu cuma perlu beli reksa dana dan tunggu nilainya naik karena portofolionya sudah diatur oleh manajer investasi.

Sebetulnya reksa dana punya banyak jenis. Namun satu yang paling pas untuk menabung adalah jenis reksa dana pasar uang. Nilainya cenderung naik stabil, sehingga risikonya sangat rendah. Namun keuntungannya juga tidak terlalu besar. Setidaknya lebih baik daripada menabung yang tentunya tidak bisa bikin nilai uang bertambah, betul?

Kemudian untuk modal yang dibutuhkan mulai dari Rp100 ribu, beberapa ada yang Rp10 ribu. Jadi kamu mesti kumpulkan uangnya dulu. Persyaratan lain yang mesti dipenuhi saat berinvestasi reksa dana adalah kepemilikan KTP dan rekening pribadi. Pastikan punya keduanya, ya!

Sama halnya kalau mau nabung saham, kamu mesti pelan-pelan kumpulkan modalnya dulu. Karena uangnya terbatas, pilihan sahamnya punya juga terbatas. Namun dapat disiasati dengan cara trading yang biasanya untuk kategori saham second an third liner. Sebab kedua saham ini mayoritas harganya lebih terjangkau. Jadi pilihannya pun bisa beragam.

Saham hanya bisa dibeli dengan jumlah minimal 1 lot atau 100 lembar saham. Dengan asumsi modal awal sebesar Rp100 ribu, artinya harga saham yang dibeli maksimal Rp900 per lembar. Selain itu pilihlah sekuritas dengan biaya transaksi rendah tanpa minimal setoran.

Baca juga: Strategi Investasi Terbaik untuk Reksa Dana

Nah, itu tadi cara menabung uang jajan 2000 dengan cara konvensional serta melalui reksa dana pasar uang dan saham. Kalau kamu tertarik untuk belajar saham, yuk upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPerencanaan Keuangan

4 Metode Membuat Tujuan Keuangan 2023 Agar Cepat Tercapai

27 Des 2022, 16:22 WIB
article
ArtikelPerencanaan Keuangan

Begini Cara Menghitung Dana Darurat yang Ideal Saat Mengelola Uang

11 Nov 2022, 16:21 WIB
cara menghitung dana darurat yang ideal
ArtikelPerencanaan Keuangan

Financial Checkup Sebelum Berinvestasi yang Wajib Dilakukan

2 Nov 2022, 15:49 WIB
article
ArtikelPerencanaan Keuangan

Delayed Gratification: Rahasia Menuju Financial Freedom

4 Okt 2022, 16:12 WIB
delayed gratification
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi