Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

EXCL Akan Right Issue, Begini Ulasan Lengkapnya

7 Jul 2022, 17:14 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

EXCL mengumumkan rencana rights issue setelah sebelumnya mengumumkan rencana akuisisi saham LINK pada Juni 2022. Kira-kira, gimana prospek saham EXCL setelah rights issue?


Manajemen menyampaikan bakal menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 2,75 miliar lembar. Meski demikian, seperti yang disampaikan pada keterbukaan informasi manajemen, aksi right issue tersebut masih akan menjadi pembahasan pada RUPSLB tanggal 10 Agustus 2022. Apabila RUPSLB menyetujui rencana tersebut, setidaknya EXCL akan mengeksekusi right issue tersebut kurang dari 12 bulan setelah disetujui.

Sehingga belum terdapat informasi detail mengenai harga exercise, rasio HMETD, maupun tanggal pasti pelaksanaannya.


BACA JUGA: Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

Bukan Right Issue Pertama

Aksi korporasi right issue ini bukanlah yang pertama kali EXCL lakukan, pada tahun 2016 EXCL pernah melakukan aksi serupa. Di mana EXCL mematok rasio HMETD sebesar 100:25 atau setiap 100 pemegang saham lama berhak atas 25 saham baru dengan harga pelaksanaan yang terdiskon tidak lebih dari 20%. Saat itu, EXCL menggunakan seluruh dananya untuk membayar utang.

Untuk rights issue kali ini, dengan asumsi harga penutupan 7 Juli 2022 sekitar Rp2.200. Artinya, EXCL berpotensi menghimpun dana sekitar Rp4,84 triliun. 

Penggunaan Dana

Bersamaan dengan pengumuman rencana aksi korporasi tersebut, manajemen juga menyebutkan akan menggunakan seluruh dananya untuk membayar utang. Dengan potensi dana segar masuk sebesar Rp4,84 triliun, utang EXCL akan berkurang sebesar 9,4% menggambarkan potensi penurunan DER dari 2,02x menjadi 1,78x.

Pembayaran utang tersebut akan memperkuat struktur permodalan perusahaan, terlebih apabila EXCL membayar utang dengan bunga floating yang mendominasi total utang perusahaan saat ini.


Risiko Right Issue

Meskipun menurut pandangan kami penggunaan dana right issue tersebut akan cukup produktif untuk menguatkan struktur modal dan mengurangi beban bunga kedepan, terdapat risiko dari timing pelaksanaan right issue tersebut. Dimana ditengah kondisi ekonomi dan bursa saham yang dibayangi banyak risiko, momentum ini dapat menekan minat investor untuk mengeksekusi right issue tersebut, walaupun manajemen mengungkapkan akan terdapat pembeli siaga untuk membeli sisa saham right issue yang tidak terserap oleh pasar.

Sebagai informasi, apabila investor tidak melaksanakan right issue miliknya, maka kepemilikan akan terdilusi sebanyak-banyaknya 20,5%.

BACA JUGA: Begini Rekomendasi Secara Teknikal dan Fundamental Saham EXCL 

Mau dapat trading signal real-time serta strategi tradingnya? yuk upgrade menjadi VIP member Emtrade

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.




Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi