Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Prospek Cuan TOWR Setelah Jual Protelindo

6 Jul 2022, 14:39 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham TOWR

PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) dikabarkan akan menjual sebagian kepemilikannya di PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), anak usahanya yang berfokus pada operasional 29.011 menara milik TOWR. 

Dikutip dari Bloomberg, TOWR dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjual 15-20% kepemilikannya di Protelindo dari total kepemilikan sebesar 99,9%, dimana dari transaksi yang ditargetkan ke dana pensiun dan infrastruktur asing tersebut diperkirakan TOWR akan memperoleh dana sebesar US$1,0 miliar atau Rp14,5 triliun (kurs Rp14.500/US$).

BACA JUGA: Perhitungan Break Even Point Supaya Kamu Tahu Sudah Untung atau Belum

Meski demikian, menjual kepemilikan bukan satu-satunya opsi TOWR memperoleh dana segar. Sebab, peluang pendanaan dari utang dan ekuitas masih cukup terbuka lebar. Namun apabila transaksi tersebut terealisasi, ada kemungkinan yang cukup menarik untuk TOWR kedepannya:

  1. Ekspansi Menara Baru

Dari potensi dana Rp14,5 triliun tersebut TOWR bisa memiliki fasilitas untuk menambah infrastruktur menara sejumlah 14ribuan menara, dengan asumsi pembangunan per menaranya membutuhkan dana Rp1 miliar. Atau TOWR dapat mengakuisisi perusahaan menara dengan kapasitas kecil. Hal ini akan mengokohkan posisi TOWR sebagai market leader dengan jumlah menara terbanyak di Indonesia.


  1. Membayar Utang

Apabila seluruh potensi dana tersebut akan digunakan untuk membayar utang, maka TOWR dapat membayar 27% dari total utangnya, dari yang sebelumnya Rp53,8 triliun menjadi Rp39,3 triliun. Di mana kondisi tersebut akan menekan rasio debt to equity (DER) yang sebelumnya 2,68 kali menjadi 1,56 kali.


Skenario ini akan berdampak positif bagi TOWR, mengingat utang merupakan salah satu risiko yang cukup signifikan di industri infrastruktur terutama di siklus kenaikan suku bunga.

  1. Ekspansi Bisnis Pendukung

Peluang cukup besar juga akan terbuka untuk TOWR memperluas bisnis pendukungnya, terutama fiber optik dibawah iForte. Penggunaan infrastruktur fiber optik untuk pengembangan fasilitas 5G serta spesialisasi konsumen iForte yang fokus ke segmen perkantoran membuat peluang ekspansi bisnis fiber optik memiliki prospek yang cukup tinggi dan cukup resilient.

Sepanjang kuartal 1/2022, bisnis fiber optik TOWR menghasilkan pendapatan sebesar Rp158,7 miliar atau berkontribusi 6,1% dari total pendapatan TOWR di kuartal tersebut.

BACA JUGA: Istilah Price In Harga Saham, Apa Maksudnya?


Kemungkinan terealisasinya transaksi tersebut dalam pandangan kami cukup besar dengan asumsi bahwa TOWR lebih membutuhkan pendanaan non-utang. Hal ini mengingat pada kuartal 1 lalu TOWR telah mengakuisisi SUPR senilai Rp 16,7 triliun yang seluruhnya berasal dari pendanaan utang. Karena itu, kami menilai ekspansi TOWR kedepan akan lebih menjaga rasio utang mereka dengan lebih memanfaatkan pendanaan kas yang salah satunya dapat diperoleh dari penjualan kepemilikan.

 

Bagaimana prospek TOWR untuk trading dan investasi? Temukan selengkapnya di member VIP Emtrade


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AVV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Perhitungan Break Even Point Supaya Kamu Tahu Sudah Untung atau Belum

13 Jan 2023, 16:28 WIB
article
ArtikelFundamental

Laba Bersih vs Arus Kas, Mana yang Lebih Penting?

6 Des 2022, 15:37 WIB
article
ArtikelInsight

Saham Bank Umum vs Daerah, Mana yang Lebih Bagus?

5 Des 2022, 16:55 WIB
article
ArtikelFundamental

Begini Cara Kerja Bisnis Properti dan Faktor Penggeraknya!

6 Des 2022, 14:47 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi