Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Bearish Continuation Candlestick: Sinyal Harga Saham Akan Lanjut Turun

1 Jul 2022, 16:53 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
bearish continuation candlestick

Candlestick adalah indikator teknikal yang paling sering digunakan trader untuk analisis saham. Bentuk dan formasinya mampu menunjukkan sinyal pembalian arah maupun kelanjutan tren yang dapat membantu dalam membuat keputusan jual dan beli.

Salah satu formasi yang perlu diwaspadai adalah bearish continuation candlestick karena munculnya candle ini seringkali terjadi saat saham mengalami tekanan jual yang tinggi, sehingga harganya terus turun. Apa saja contohnya?

Black Marubozu

black marubozu

Black marubozu adalah satu candle bearish besar tanpa shadow yang terbentuk karena penurunan harga dari pembukaan hingga penutupan pasar. Selama perdagangan tidak ada perlawanan sedikit pun dari bull, sehingga pasar didominasi oleh tekanan jual dan membuat harga saham terus terkoreksi. Munculnya black marubozu menjadi pertanda saham berpotensi kembali terkoreksi di harga perdagangan berikutnya.

Baca juga: 4 Trik Melihat Perubahan Tren Melalui Candlestick

Falling Three

falling three

Falling three terdiri dari lima formasi candle. Di antaranya adalah tiga candle bullish berukuran kecil dengan harga yang ditutup lebih tinggi dan dua candle bearish berukuran besar yang ada di kanan kirinya. Harga terendah candle pertama ada di dekat harga pembukaan candle kedua, sedangkan candle kelima dibuka di bawah opening candle sebelumnya.

Pada formasi ini, kekuatan bear/seller lebih besar dibandingkan bull/buyer yang tercermin dari tubuh candle. Meskipun saham mengalami penguatan harga, namun sifatnya hanya sementara sebelum harga kembali lanjut turun.

Baca juga: 5 Bullish Reversal Candlesticks: Saham Bakal Naik Kalau Muncul Pola Ini!

Three Black Crows

three black crows

Dalam formasi three black crows, penurunan selama tiga hari secara beruntun terjadi cukup tajam setelah adanya tren naik yang cukup panjang. Setiap candle ditutup lebih rendah dari candle sebelumnya. Hal ini menandakan bull yang memulai sesi dengan harga dibuka sedikit lebih tinggi dari penutupan sebelumnya tapi kemudian harga didorong lebih rendah sepanjang sesi oleh langkah agresif bear.

Ketiga candle bearish pada three black crows memiliki body yang panjang dan diawali oleh downtrend. Selain itu ketiganya juga mempunyai shadow yang pendek yang menandakan bahwa bear mampu mempertahankan harga di dekat angka rendahnya pada sesi tersebut.

Baca juga: Belajar Membaca Chart Saham untuk Pemula

Downward Gap Tasuki

downward gap tasuki

Downward gap tasuki adalah formasi candlestick yang terdiri dari candle bearish berukuran besar dan muncul gap down dari candle sebelumnya serta candle bullish di mana candle ini tidak menembus low dari candle yang mendahului candle pertama.

Selain itu candle kedua harus dibuka di dalam candle pertama dan ditutup di atasnya. Munculnya candle kedua tidak boleh menutup gap antara dua lilin sebelumnya. Formasi downward gap tasuki juga bisa disebut downside tasuki gap atau bearish tasuki gap.

Baca juga: Golden Cross dan Death Cross: Sinyal Perubahan Tren yang Sering Dipakai Trader

Mau belajar baca candlestick supaya analisis teknikal kamu semakin oke? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Saham Grup Barito Merosot, Kapan Balik Arah?

10 Jan 2024, 10:48 WIB
article
ArtikelTeknikal

Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

14 Jan 2023, 13:30 WIB
article
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelTeknikal

Setting Moving Average Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

2 Des 2022, 17:05 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi