Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

4 Bullish Continuation Candlestick yang Muncul Saat Saham Lanjut Naik

5 Jul 2022, 15:50 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Bullish continuation candlestick adalah formasi candlestick yang menunjukkan harga saham akan terus bergerak naik dan mengonfirmasi adanya uptrend. Biasanya muncul ketika saham masuk ke stage 2 atau fase partisipasi di mana penguatan terjadi karena pelaku pasar mulai optimis. Kekuatan beli yang besar kemudian mendorong harga saham naik ke level yang lebih tinggi lagi.

Di bawah ini adalah contoh pola candlestick bullish continuation.

White Marubozu


White marubozu adalah candlestick bullish dengan tubuh panjang berwarna hijau tanpa shadow yang artinya harga pembukaan sama dengan harga terendah dan harga penutupan sama dengan harga tertinggi. Munculnya candlestick ini menunjukkan kelanjutan uptrend yang kuat terlihat dari kekuatan bull yang mendominasi perdagangan tanpa ada sedikit pun perlawanan dari pihak bear.

Baca juga: Belajar Membaca Chart Saham untuk Pemula

Rising Three


Pola candlestick rising three terdiri dari tiga candle bearish menurun dengan ukuran tubuh candle yang pendek dan dikawal oleh candle bullish berwarna hijau di sebelah kanan dan kiri dengan ukuran tubuh yang panjang.

Harga penutupan di candle kelima berada di atas posisi tertinggi candle pertama. Hal ini menandakan bahwa tekanan jual tidak cukup kuat untuk membalikkan tren naik sebelumnya. Koreksi singkat yang terjadi ketika harga menguat bersifat sementara karena banyak trader yang melakukan take profit jangka pendek. Kemudian pasar kembali dikendalikan oleh permintaan beli yang mendorong harga saham lanjut.

Baca juga: Bearish Reversal Candlestick Patterns: Pola yang Harus Diwaspadai Trader

Three White Soldiers


Three white soldiers terdiri dari tiga buah candlestick bullish dengan tubuh panjang serta posisinya harus berada di atas candle sebelumnya. Itu artinya harga ditutup semakin tinggi pada hari trading berikutnya dengan warna candle yang seragam yakni, hijau. Three white soldiers muncul ketika kondisi pasar sedang sangat bullish karena candle tersebut menunjukkan dorongan beli yang cukup kuat dan terus meningkat.

Baca juga: 5 Bullish Reversal Candlesticks: Saham Bakal Naik Kalau Muncul Pola Ini!

Upward Gap Tasuki


Formasi upward gap tasuki terdiri dari dua candlestick dan diawali oleh tren naik. Candle pertama merupakan candle bullish yang memiliki gap up dari candle sebelumnya. Gap up mengacu pada celah kosong di mana harga saham bergerak melampaui beberapa level harga. Kemudian candle kedua berwarna merah yang menunjukkan tanda bearish. Posisi low pada candle kedua tidak boleh melewati high pada candle awal sebelum candle pertama.

Pola ini menunjukkan adanya dorongan beli yang sangat kuat sehingga mengakibatkan gap up lalu terkoreksi normal mendekati gap tersebut sebelum akhirnya melanjutkan penguatan. Upward gap tasuki biasa disebut dengan istilah lain seperti bullish tasuki gap atau upside tasuki gap.

Baca juga: Gap dalam Chart Saham: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Demikian adalah 4 candlestick dengan sinyal bullish continuation. Mau tahu saham apa saja yang sedang dalam masa bullish continuation? Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelPemula

Pilih Jadi Swing Trader atau Super Trader? Harus Tahu Ini Dulu!

26 Okt 2022, 16:38 WIB
article
ArtikelPemula

Kamu Bisa Jadi Full Time Trader Kalau…

13 Okt 2022, 16:20 WIB
full time trader
ArtikelPsikologi Trading

3 Mindset Trader Saham yang Penting Dimiliki Agar Lebih Konsisten

5 Sep 2022, 16:01 WIB
mindset trader
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2023, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi