Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPerencanaan Keuangan

5 Cara Menabung dengan Cepat untuk Mewujudkan Tujuan Keuangan

4 Jul 2022, 16:30 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
cara menabung dengan cepat

Setiap orang pasti punya tujuan keuangannya masing-masing yang ingin diwujudkan. Baik itu jangka pendek seperti beli gadget dan liburan, maupun jangka panjang seperti dana pensiun dan dana pendidikan anak. Untuk itu kalau kamu mau tujuannya bisa segera terealisasi, yuk mulai nabung dari sekarang! Gimana cara menabung dengan cepat? Berikut adalah ulasannya.

Punya Tujuan Menabung yang Jelas

Cara yang pertama, kamu harus punya tujuannya dulu. Kemudian uraikan tujuan tersebut dengan detail supaya lebih mudah diukur. Tipsnya adalah buat tujuan keuangan menggunakan metode S.M.A.R.T (Specific, Measurable, Actionable, Realistic, dan Time Bounded). Apa maksudnya? Perhatikan contoh di bawah ini.

Tujuan keungan tanpa metode S.M.A.R.T → Tahun ini mau nabung untuk beli kamera baru

Tujuan keuangan S.M.A.R.T→ Tahun ini mau nabung sebanyak Rp20 juta untuk beli kamera baru dalam waktu 12 bulan. Nominal yang harus disisikan setiap bulannya adalah Rp1,7 juta (dibulatkan).

Intinya, tujuan keuangan yang dibuat menggunakan metode ini harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, tujuannya harus spesifik. Kedua, harus bisa diukur, kira-kira dalam berapa periode waktu untuk mencapai tujuan tersebut.

Ketiga, pastkan tujuan keuangannya memang bisa dilaksanakan. Nominal yang disisihkan setiap bulan harus menyesuaikan dengan pendapatan. Jangan sampai budget-nya membebankan keuangan.

Keempat, buat tujuan yang realistis. Kalau sekiranya melampaui batas kemampuan, lebih baik hindari. Be more realistic!

Kelima, tujuan tersebut harus punya tenggat waktu. Dengan demikian semuanya sudah terencana dengan matang dan punya target kapan tujuannya bisa tercapai.

Baca juga: Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah Lewat KPR

Buat Rekening Tabungan Terpisah

Bedakan rekening tabungan dengan rekening untuk pengeluaran harian. Dengan membuat rekening terpisah, kamu bisa lebih fokus dan konsisten dalam menabung. Hal ini juga mengurangi risiko terpakainya uang tabungan untuk pengeluaran sehari-hari. Sehingga kamu bisa melacak progres tabungan dengan lebih mudah karena tidak tercampur dengan anggaran lainnya. 

Lunasi Semua Utang

cara menabung dengan cepat

Cara menabung dengan cepat berikutnya adalah dengan melunasi semua utang. Alasannya karena utang yang menumpuk bisa menghambat proses menabung. Untuk itu bagi yang masih punya tagihan kartu kredit dan segala macam jenis utang lainnya, usahakan untuk melunasi utang-utang tersebut dengan segera agar proses menabung jadi semakin lancar.

Ada dua metode pembayaran utang yang bisa kamu coba. Yang pertama adalah snowball method. Coba kalian bayangkan bola salju yang menggelinding dari ketinggian. Bola salju yang tadinya kecil, lama kelamaan akan membesar. Itulah cara kerja snowball method di mana utang bernominal kecil akan lebih diprioritaskan supaya bisa cepat lunas.

Metode kedua adalah debt avalanche method yang mengurutkan prioritas berdasarkan bunga tertinggi hingga terendah. Secara matematika, metode ini lebih ekonomis, alias menghemat lebih banyak uang karena dapat memangkas pengeluaran untuk pembayaran bunga.

Baca juga: Cara Mengumpulkan Dana Pensiun Paling Mudah

Ketahui Mana Kebutuhan dan Keinginan

Supaya kamu bisa menerapkan cara menabung dengan cepat, bedakan hal-hal yang masuk dalam kategori kebutuhan dengan keinginan. Ini juga menjadi satu hal dasar yang penting dilakukan saat mengelola keuangan pribadi. Kebutuhan dan keinginan berhubungan erat dengan keputusan finansial yang kerap dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.

Kebutuhan adalah segala hal yang harus dimiliki karena berkaitan dengan kelangsungan hidup, jadi pastinya tidak bisa ditinggalkan. Sedangkan keinginan pada dasarnya adalah sesuatu yang bersifat secondary dan biasanya kehadirannya hanya untuk memuaskan emosi pribadi. Tanpa keinginan, umumnya orang-orang masih bisa hidup nyaman selama kebutuhan dasar terpenuhi.

Nah, sebetulnya memenuhi keinginan sah-sah saja kok. Tapi perlu diingat bahwa ini tidak bersifat wajib karena dampaknya terhadap kehidupan tidak terlalu signifikan. Maka yang perlu dilakukan adalah menentukan prioritas. Kita perlu lebih bijak lagi dalam membelanjakan uang untuk keinginan agar budget untuk menabung tetap aman. Pastikan pula kebutuhan dasar sudah terpenuhi dengan baik.

Baca juga: 4 Cara Mencapai Financial Freedom, Apa Saja?

Cara Menabung dengan Cepat di Saham

Jika kamu mau uang yang dimiliki bertambah banyak tanpa khawatir nilainya tergerus inflasi, tidak ada salahnya untuk coba menabung saham. Menabung saham berarti membeli atau berinvestasi saham yang caranya dilakukan secara bertahap. Maka dari itu bisa dibilang modalnya relatif ringan karena tidak langsung beli dalam jumlah besar.

Cara ini biasa disebut dengan istilah dollar-cost averaging. Dollar-cost averaging menginvestasikan uang yang dimiliki dalam porsi yang sama secara berkala. Misalnya satu bulan sekali, tiga bulan sekali, atau enam bulan sekali.

Strategi ini menghasilkan rata-rata harga beli rendah dan tinggi yang membuatnya lebih minim risiko dibandingkan lump sum (beli pakai modal besar sekaligus) karena tersebar di harga yang variatif. Kamu bisa gunakan ini sebagai cara menabung dengan cepat dengan catatan untuk tujuan yang orientasinya jangka panjang, ya!

Mengapa demikian? Karena pergerakan harga saham sangat berfluktuasi. Kadang bisa naik cepat tapi bisa turun cepat juga. Sehingga ketika harganya jatuh dalam, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk bisa recover dari gejolak pasar terbilang cukup lama. Jadi kalau dipakai untuk mewujudkan tujuan jangka pendek, bisa-bisa waktu mau direalisasikan nilainya masih minus. Tentu cara ini jadi kurang efektif karena hasil akhirnya menjadi tidak sesuai dengan target yang diinginkan.

Baca juga: 6 Tips Investasi Saham untuk Pemula

Gimana Emtraders? Tertarik coba 5 cara menabung dengan cepat yang barusan dijelaskan? Kalau kamu mau mulai nabung saham, yuk belajar di Emtrade! Karena selain dapat edukasi dari coach berpengalaman, kamu juga akan dapat trading signal secara real time. Gimana caranya?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPerencanaan Keuangan

4 Metode Membuat Tujuan Keuangan 2023 Agar Cepat Tercapai

27 Des 2022, 16:22 WIB
article
ArtikelPerencanaan Keuangan

Begini Cara Menghitung Dana Darurat yang Ideal Saat Mengelola Uang

11 Nov 2022, 16:21 WIB
cara menghitung dana darurat yang ideal
ArtikelPerencanaan Keuangan

Financial Checkup Sebelum Berinvestasi yang Wajib Dilakukan

2 Nov 2022, 15:49 WIB
article
ArtikelPerencanaan Keuangan

Delayed Gratification: Rahasia Menuju Financial Freedom

4 Okt 2022, 16:12 WIB
delayed gratification
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi