Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Kebijakan BLU Batu bara, Begini Efeknya ke Emiten

29 Jun 2022, 16:50 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Pemerintah berencana membentuk entitas khusus untuk batubara bernama Badan Layanan Umum (BLU) Batubara yang nantinya memiliki peran penting bagi industri batubara dan industri terkait dalam negeri, apakah akan memiliki dampak signifikan ke emiten batubara?

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

BLU Batubara Ditargetkan Terbentuk Bulan Juli

Kementerian ESDM memperkirakan BLU batubara akan terbentuk pada Juli mendatang sebagaimana yang disampaikan Staf Khusus Menteri ESDM di CNBCIndonesia. Saat ini pembentukan BLU batubara masih dalam pembahasan, dimana nantinya Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) digadang-gadang akan ditunjuk sebagai BLU tersebut.

 

Potensi Mekanisme BLU Batubara

Sebelumnya pemerintah telah mengatur harga jual batubara domestik atau yang biasa disebut domestic market obligation (DMO) untuk kebutuhan bahan baku/bahan bakar industri kecuali smelter sebesar US$90/ton melalui Kepmen ESDM yang berlaku April 2022 lalu. Peraturan tersebut ada potensi akan tergantikan dengan mekanisme baru dari BLU Batubara.

Mekanisme BLU Batubara tersebut nantinya akan melepas harga DMO batubara yang sebelumnya diatur menjadi mengikuti harga pasar yang mengacu pada indeks tertentu. Di sisi lain, BLU juga memiliki tugas khusus untuk memungut iuran iuran ekspor (royalti) batubara dari pengusaha batubara sesuai dengan besaran volume penjualan untuk menutup selisih antara harga pasar dengan harga DMO.

Dengan kata lain, meskipun harga batubara akan mengikuti harga pasar, perusahaan dengan bahan baku/bahan bakar batubara yang sesuai kriteria tetap akan menikmati harga batubara DMO, terutama industri kelistrikan (PLN). Meski demikian tidak menutup kemungkinan industri non kelistrikan juga akan masuk dalam industri yang ditangani oleh BLU.

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

Gimana Dampaknya Ke Emiten Batubara?

Terdapat 2 dampak yang kami rasa berseberangan, karena meskipun di satu sisi emiten batubara akan diuntungkan dari harga jual ke pasar domestik yang lebih tinggi, secara rata-rata kenaikan tersebut hanya akan berdampak ke kurang dari 21% volume penjualan perusahaan. Sedangkan di sisi lain, perusahaan batubara berpotensi terbebani oleh pungutan tambahan dari selisih harga pasar dan DMO.



Jadi gimana? masih tertarik dengan saham-saham batubara? Temukan strategi trading dan investasi saham batubara di VIP member.


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-AV-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Update Data Makro: Inflasi AS & China dan IKK Indonesia, Apa Implikasinya?

13 Mar 2024, 15:55 WIB
article
ArtikelInsight

Keluar dari MSCI, Indeks FTSE Siap Tampung CUAN

19 Feb 2024, 14:10 WIB
article
ArtikelInsight

Kembangkan Bisnis FTTH, ISAT Akuisisi Pelanggan MNC Play

21 Nov 2023, 12:01 WIB
article
ArtikelInsight

Adu Kinerja Marketing Sales Emiten Properti di Kuartal III/2023, Siapa Juaranya?

24 Okt 2023, 17:14 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi