Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-icon

Ini 30 Istilah dalam Investasi Saham, Bisa Bikin Investor Pemula Jadi Pro!

1 Jul 2022, 16:54 WIB
Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Sebagai investor pemula yang baru memasuki dunia saham, pasti akan tercengang saat melihat bahasa-bahasa asing yang ada di dalamnya. Padahal, bahasa saham itu sebenarnya simpel dan mudah dipahami, kok!

Nah, Emtrade sudah merangkum beberapa istilah dasar yang perlu kamu tahu sebagai langkah awal menyelami dunia saham. Apa saja tu?

IDX/ Bursa Efek Indonesia

Lembaga penyelenggara dan penyedia fasilitas sistem perdagangan efek di pasar modal Indonesia.

Broker/ Perusahaan Sekuritas

Tempat transaksi saham yang berfungsi sebagai jembatan untuk menghubungkan investor dengan pasar modal. Telah mendapat lisensi dari OJK, serta dapat digunakan untuk membuka RDN.

Kustodian

Pihak yang bekerjasama dengan perusahaan sekuritas untuk menyimpan aset kekayaan investor. Biasanya, bank kustodian digunakan sebagai tempat penitipan kekayaan dan dapat memberikan pinjaman bagi investor yang ingin menaikkan modalnya.

Emiten dan Efek

Emiten merupakan perusahaan yang mendaftarkan diri untuk menjual sahamnya di BEI.

Efek merupakan lembaran yang diperjual belikan sebagai bukti kepemilikan saham.

IHSG

IHSG merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan. IHSG merupakan indeks utama yang menjadi indikator pergerakan seluruh saham yang terdaftar dalam BEI.

Sektor

Saham-saham yang terdapat di BEI dikelompokkan menjadi 11 sektor usaha berdasarkan IDX-IC. Mulai dari Sektor Energi hingga Sektor Transportasi dan Logistik.

Indeks 

Statistic yang digunakan untuk mewakilkan karakteristik dari komponen saham yang diperjualbelikan dalam pasar saham. Contoh dari Indeks adalah LQ45, JII, SRI-KEHATI, ISSI, dan masih banyak lainnya.

Kapitalisasi Pasar

Kapitalisasi Perusahaan akan besar jika perusahaan melepas lembar saham dengan jumlah yang banyak serta harga tinggi. Jumlah lembar saham yang dilepas oleh perusahaan, dapat mempengaruhi naik turunnya IHSG.

Blue Chips, Middle Cap, Small Cap

Blue Chips merupakan sebutan untuk saham-saham dengan fundamental bagus dan pergerakan harga sahamnya dapat mempengaruhi IHSG.

Middle Cap atau 2nd Liner adalah saham-saham yang masih belum sebagus blue chip, namun sudah lebih stabil daripada 3rd liner.

Small Cap atau 3rd Liner adalah saham-saham baru yang fundamentalnya masih berkembang, serta memiliki volatilitas harga yang tinggi.

Saham gorengan

Istilah slang untuk saham 2nd Liner atau 3rd Liner, yang kenaikan harganya berpotensi dimanipulasi oleh bandar. 

Rekening Dana Nasabah (RDN)

Rekening ini berbeda dengan rekening tabungan biasa. RDN berguna untuk menyimpan dana investor. 

Initial Public Offering (IPO)

Peluncuran saham perdana sebuah perusahaan di lantai bursa efek, setelah melalui kriteria panjang dari BEI.

Kode Saham

Setiap perusahaan yang ada di BEI memiliki kode saham yang terdiri dari 4 huruf. Kode ini untuk memudahkan transaksi dalam pasar saham.

Listing dan Delisting

Listing merupakan pencatatan saham perusahaan oleh BEI setelah melalui kriteria bursa efek. Sedangkan, delisting adalah penghapusan saham dari bursa karena suatu alasan tertentu. 

Deviden

Laba yang dibagikan oleh perusahaan kepada investor dalam jangka waktu tertentu tergantung dengan kondisi perusahaan.

Profit taking dan Cuan

Profit taking adalah penjualan saham yang dimiliki pada saat mencapai harga yang diinginkan. Bermakna sama, cuan adalah Bahasa slang dari profit taking yang dalam Bahasa China berarti “untung”.

Cut Loss dan Stop Loss

Cut loss adalah penjualan saham yang dimiliki untuk menghindari kerugian yang lebih besar karena pergerakan harga yang terus menurun. Sedangkan stop loss adalah menjual saham untuk menekan kerugian pada batas persentase kerugian yang sudah direncanakan. 

Buyback

Tindakan perusahaan yang membeli kembali saham yang telah disebar pada investor, untuk mengurangi jumlah saham yang tersebar di pasar saham.

Capital Gain dan Capital Loss

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga penjualan yang lebih tinggi dari harga beli. Sedangkan capital loss merupakan kerugian yang harus ditanggung karena harga pembelian yang lebih tinggi dari penjualan. 

Bullish dan Bearish

Bullish adalah pergerakan harga alias tren saham yang meningkat dalam jangka waktu tertentu. Bearish adalah pergerakan harga alias tren saham yang cenderung menurun dalam jangka waktu tertentu.

Bid dan Offer

Merupakan antrian pembelian dan penjualan dalam satuan lot pada tiap harga saham. Pesanan tidak akan diproses sebelum ada yang mau mengalah.

Watchlist

Merupakan daftar saham-saham yang menjadi fokus investor untuk diamati. Sehingga akan mudah untuk melakukan Analisa saham-saham tersebut karena jumlahnya tidak terlalu banyak.

Jam Perdagangan Bursa

Perdagangan bursa dapat dilakukan pada jam kerja bursa. Ada dua sesi waktu perdagangan dalam satu hari, yakni pagi dan siang. 

Ex Date, Recording Date dan Cum Date

Cum Date : Tanggal batas akhir bagi investor yang mau mendapatkan deviden dari perusahaan

Ex Date : Hari berakhirnya Cum Date, sehingga penerima saham tidak terhitung

Recording Date : tanggal pencatatan transaksi pasar tunai Cum Date kepada penerima

Tindakan Korporasi (Corporate Action)

Aksi korporasi adalah tindakan yang diambil perusahaan untuk menanggulangi masalah yang terjadi, maupun sebagai langkah awal untuk mengembangkan bisnisnya. 

Diversifikasi

Membagi modal atau portfolio ke dalam beberapa saham.

Portfolio

Detail dari investasi yang dilakukan. Berisi kumpulan aset saham yang sedang dimiliki beserta keuntungannya. 

Analisa Teknikal

Mempelajari aktivitas pasar dengan menggunakan data-data historis harga untuk memprediksi arah pergerakan saham.

Analisa Fundamental

Analisa yang dilakukan untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan melihat kondisi laporan keuangan, tata kelola perusahaan, hingga kekuatan brand.

Valuasi Saham

Valuasi saham disebut juga nilai intrinsic, yakni menunjukkan harga wajar dari sebuah saham berdasarkan Analisa fundamental dan valuasi yang dilakukan.


Ternyata bahasa saham itu simpel dan mudah, kan? Sekarang kamu bisa membaca buku-buku saham, mengikuti kelas saham, hingga terjun ke dunia saham dengan leluasa. Jadi, selamat menyelami dunia cuan! 

Agar mendapatkan keuntungan maksimal, kamu bisa mengikuti rekomendasi pilihan saham dari Emtrade yang selalu di-update setiap hari. 


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan s
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi