Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Satu Lagi Sentimen Positif Buat Emiten Batu Bara, Apa Itu?

28 Jun 2022, 07:55 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image




Emiten batu bara mendapatkan sentimen positif dari penundaan penerapan pajak karbon. Awalnya mau dilaksanakan pada 1 Juli, dari yang seharusnya 1 April 2022. Beban produsen batu bara pun tidak makin berat.

Kenapa gak jadi naik?

Ini karena pemerintah melihat masih ada faktor ketidakpastian global dan menunggu kesiapan para pelaku industri.

Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan alasan penundaan itu karena ekonomi dalam negeri masih dibayangi ketidakpastian global. Akibatnya harga energi masih tinggi.

Pemerintah memilih mencari waktu yang lebih pas, dengan menimbang kondisi domestik dan global dalam menerapkan pajak karbon.

"Climate change adalah concern yang penting bagi dunia dan kita sendiri. Kita lihat timingnya, kita lihat sekarang ini dengan gejolak di sektor energi kita harus calculated mengenai penerapannya," jelas Sri Mulyani seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (27/6/2022).

"Penerapannya harus tetap positif untuk ekonomi kita sendiri terutama nanti diversifikasi energi, namun pada saat yang sama mengatasi ketidakpastian yang berasal dari global, terutama harga-harga energi yang sedang bergejolak," kata Sri Mulyani melanjutkan.

Saat ini negara-negara Eropa mulai lirik batu bara karena pasokan gas dari rusia yang disetop. Jadi, ada peluang buat Indonesia.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menambahkan pajak karbon bukan soal memajaki emisinya dengan cap trade tapi biar tiap sektor yang diemisikan siap.

"Jadi tiap sektor dibikinin berapa yang perlu diemisikan tiap sektor, terus kemudian dibikin pasar karbonnya sehingga yang menghasilkan emisi bisa nyari carbon credit di situ," jelas Suahasil dalam kesempatan yang sama.

"Ini bukan masalah penerimaan, ini masalah ekosistem. Kita perhatikan kesiapan keseluruhan ekosistemnya," kata Suahasil melanjutkan.

Well… penundaan ini nambah sentimen positif buat emiten batu bara. Selain permintaan yang numpuk, pasokan dunia tipis, dan harga komoditasnya melambung.

Lalu, saham apa aja nih yang potensial dan bisa kamu pilih?

Yuk upgrade ke VIP member Emtrade untuk mendapatkan fitur seperti, trading signal real-time, morning dan day briefing setiap hari, konten edukasi, konten analisis, seminar cuantastik, tanya jawab saham intensif. 

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

 

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi