Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

Mengenal Jenis Saham Big Ticket, Apa Itu?

14 Jun 2022, 15:12 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham big ticket

Tahukah kamu kalau ada jenis saham yang disebut dengan istilah big ticket? Belakangan ini saham big ticket sering disebut oleh media massa melihat inflasi yang sedang mengalami kenaikan. Memangnya apa sih saham big ticket? Mau tahu lebih banyak? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

Pengertian Saham Big Ticket dan Contohnya

Sebelum membahas saham big ticket, pertama-tama kita harus paham dulu arti dari big ticket itu sendiri. Big ticket adalah barang atau produk yang memiliki harga jual yang tinggi, biasanya dibeli dengan cara kredit atau pembayaran berkala. Misalnya seperti rumah dan mobil yang mana pembeliannya membutuhkan komitmen finansial dalam jangka panjang. Dalam ilmu ekonomi, big-ticket item disebut sebagai durable goods atau barang yang mampu bertahan dalam waktu relatif lama.

saham big ticket

Maka dapat disimpulkan bahwa saham big ticket adalah saham yang diterbitkan oleh emiten yang menjual barang dengan harga relatif tinggi dan cukup sensitif terhadap penurunan daya beli. Contoh saham big ticket di antaranya ada PWON dan CTRA yang bergerak di sektor properti serta ASII dan IMJS yang bergerak di sektor industri otomotif.

Baca juga: Mengenal Saham Mutibagger yang Bisa Bikin Untung Berkali-Kali Lipat

Prospek Saham Big Ticket

Saham-saham big ticket dinilai menarik ketika terjadi kenaikan inflasi yang juga menunjukkan bahwa kondisi ekonomi sedang bertumbuh secara positif. Kondisi seperti ini mendorong masyarakat untuk membeli produk-produk yang harganya tergolong mahal, sehingga tingkat konsumi serta daya beli masyarakat pun cenderung akan membaik.

Dampaknya, emiten-emiten penghasil big-ticket item akan diuntungkan. Hal ini memberikan sentimen yang bagus dan berpotensi memengaruhi pandangan pelaku pasar yang melihat saham big ticket atraktif. Merespons hal tersebut, harga saham big ticket pun berpotensi ikut terangkat. Namun apabila kondisi ekonomi masih belum stabil dan daya beli belum benar-benar pulih, kinerja saham big ticket bisa jadi tidak terlalu optimal.

Baca juga: Sektor Saham Potensial Saat Inflasi Indonesia Naik

Itu tadi adalah pembahasan singkat tentang saham big ticket. Mau belajar analisis fundamental dan teknikal saham sekaligus dapat live trading signal?

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Perhitungan Break Even Point Supaya Kamu Tahu Sudah Untung atau Belum

13 Jan 2023, 16:28 WIB
article
ArtikelPemula

Istilah Price In Harga Saham, Apa Maksudnya?

10 Nov 2022, 16:18 WIB
price in harga saham
ArtikelPemula

Aset Safe Haven Emas, Pahami Maksud dan Keuntungannya Di Sini

11 Nov 2022, 16:21 WIB
aset safe haven emas
ArtikelPemula

Ekonomi AS Diprediksi Double-Dip Recession, Apa Maksudnya?

2 Nov 2022, 15:45 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi