Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Apa Itu Saham Gorengan yang Sering Bikin Kecanduan?

2 Jun 2022, 09:46 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
saham gorengan

Pernahkah kamu memainkan game yang membuatmu sulit untuk menghentikannya? Padahal kamu selalu mengalami kekalahan, namun mengapa rasanya semakin tertantang?

Gawat, kamu sudah terjebak candu game itu! Meskipun banyak waktu yang tersita karena memainkannya, kamu seolah merasa baik-baik saja. Bahkan, banyak dampak negatif yang sudah membuatmu merugi pun kamu tetap terus-terusan membuka game itu tanpa henti. 

BACA JUGA: Begini Cara Trading Saham Scalping

Logika dan perasaan memang sulit untuk disinkronkan. Sama seperti saat transaksi atau trading saham gorengan. Ketika bertemu dengan saham yang membuat adrenalin kita terpacu karena digoreng, bukannya berhenti malah menjadi-jadi.

Jika mendapatkan keuntungan, rasanya kamu ingin mencoba lagi. Lalu saat merugi, dendam menyelimutimu hingga kamu terus memainkannya sampai untung lagi.

Sebenarnya, apa sih saham gorengan itu? Mengapa dia bisa membuat dunia investor menjadi jungkir balik bak menelan zat adiktif?


Apa Itu Saham Gorengan?

Sama seperti gorengan super krispi yang menutupi kolesterol tinggi, saham gorengan juga tampak sangat menarik hingga menutupi hal-hal buruk di belakangnya. Saham gorengan adalah saham perusahaan yang kenaikan harganya diluar harga wajar karena direkayasa oleh oknum pasar demi meraih keuntungan sendiri. 

Saham gorengan ini dapat dideteksi dengan beberapa ciri-ciri tertentu. Emiten tersebut memiliki nilai kapitalisasi kecil dengan jumlah saham yang beredar juga kecil. Kemudian, tampak volatilitas yang sangat tinggi. Seringkali terjadi kenaikan saham secara cepat dan turun pun dengan cepat. Biasanya juga, muncul tanda antrean bid offer, volume dan nilai transaksi hariannya tidak wajar. 

Saham-saham yang digoreng ini memang bisa merugikan bagi yang tidak berani ambil risiko lebih tinggi. Oleh karena itu, belajar terus menerus harus dilakukan agar bisa berbaur bersama market

Satu hal yang sangat penting dalam transaksi di saham gorengan adalah lakukan tindakan pencegahan sebelum rugi makin dalam alias nyangkut!


Cegah Sebelum Tersangkut

Istilah saham nyangkut digunakan saat membeli saham dengan harga yang tinggi, lalu ternyata saham tersebut jatuh tiba-tiba karena volatilitas yang tinggi. 

Bahkan, harganya bisa menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Kemudian, karena tidak berani cut loss, kamu yang awalnya hanya ingin trading berubah menjadi investor dadakan. Hingga tanpa kamu sadari, uang-uangmu tidak bisa diambil kembali selamanya. 

Untuk itu, kamu perlu melakukan hal-hal berikut untuk mencegah perkara sangkut-menyangkut saham ini:

  1. Saham yang terindikasi gorengan tidak bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Sehingga transaksi untuk scalping atau jangka pendek

  2. Selalu pantau saham dengan disiplin. Jika memang harus cut loss, jangan ragu-ragu terlalu lama. 

  3. Lakukan diversifikasi portfolio

  4. Kenali profil risiko, timing, psikologi trading, dan pelajari strategi di Emtrade.


Jadi, jika kamu ingin transaksi di saham gorengan, pastikan kamu siap akan segala peluang dan risiko. Hal ini untuk membuatmu lebih nyaman dalam transaksi saham gorengan. 

Namun, bagi kamu yang baru saja memasuki dunia saham, akan lebih baik hindari dulu saham gorengan untuk mempersiapkan diri dan terbiasa di oasar saham. Saham Bkue Chips bisa jadi pilihan terbaik bagi para pemula.

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi