Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconInsight

Mengenal Saham Bluechips, Pilihan Saham Recomended Buat Pemula

16 Jun 2022, 16:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Kamu ingin mencari saham yang memiliki performa keuangan yang bagus dan stabil serta tahan banting? Maka pilihlah saham Blue Chip. Apa itu saham Blue Chip? lalu kenapa disebut Blue Chip?

Pada tahun 1923-1924, Oliver Gingold sedang berada pada bursa saham dan mengamati perdagangan saham saat itu. Oliver tertarik dengan transaksi saham yang harganya sangat tinggi, yakni bernilai US$200 - US$250 perlembar. Oliver pun teringat pada permainan poker, dimana ada kepingan-kepingan warna biru, merah dan putih di dalamnya. Kepingan warna biru merupakan kepingan yang memiliki nilai paling besar dan harga yang mahal, sama seperti saham tersebut.

BACA JUGA: 5 Saham Blue Chip yang ternyata Syariah Banget

Akhirnya, setelah kembali ke kantor, Oliver pun menyuruh temannya untuk menuliskan blue chip stocks, yang berisi daftar saham-saham unggulan. Akhirnya, istilah blue chip pun digunakan untuk bermain saham dan menjadi salah satu indikator investor dalam memilih saham.

Berdasarkan New York Stock Exchange, saham blue chip adalah saham dari perusahaan yang memiliki reputasi nasional dari sisi kualitas, kemampuan, dan keandalan untuk beroperasi yang menguntungkan dalam berbagai situasi ekonomi baik dengan keadaan baik maupun buruk. 

Bisa diartikan bahwa saham blue chip ini merupakan saham unggulan dan merupakan perusahaan besar dengan fundamental dan finansial yang baik. Dengan berbagai alasan tersebut, saham blue chip pun menjadi saham yang kuat dalam menghadapi tantangan apapun, seperti krisis ekonomi. 

Oleh karena itulah, saham blue chip menjadi saham dijuluki sebagai saham paling aman untuk berinvestasi dibandingkan dengan saham lainnya.

Gerak harga saham Blue Chip memang tidak seatraktif saham gorengan, namun return yang diberikan tidak kalah tinggi. Apalagi jika berinvestasi untuk jangka panjang karena ditopang oleh kinerja fundamental yang oke.

Melihat faktor-faktor di atas, maka blue chip sangat cocok untuk investor saham pemula dan investor konservatif ketimbang saham gorengan.

Berikut adalah daftar 5 saham blue chip pada tahun 2022 pilihan Emtrade:

  1. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA)

  2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI)

  3. PT Astra Internasional Tbk. (ASII)

  4. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM)

  5. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)


Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi di saham blue chip tanpa khawatir. Kamu bakal diajarin dan dibimbing berinvestasi sampai paham di Emtrade.


Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, referensi saham, morning dan day briefing, cryptoclass, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-FR-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.








Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelPemula

Cara Mengetahui Saham yang Lagi Aktif Diperjualbelikan

7 Nov 2022, 15:54 WIB
article
ArtikelPemula

Berapa Minimal Cuan dari Trading Saham?

2 Nov 2022, 15:48 WIB
article
ArtikelPemula

Mau Buka Rekening Saham? Begini Ciri-Ciri Sekuritas yang Bagus

26 Sep 2022, 15:54 WIB
sekuritas yang bagus
ArtikelPemula

Tips Memilih Saham dan Menyusun Portofolio untuk Pemula

23 Sep 2022, 16:06 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi