Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconTeknikal

Memahami Istilah Breakout dalam Saham yang Wajib Trader Tahu

27 Mei 2022, 15:33 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
istilah breakout dalam saham

Istilah breakout dalam saham menjadi salah satu hal yang penting dipahami untuk mengamati pasar. Jika kamu seorang trader aktif, kondisi harga saham yang ter-breakout bisa menjadi sinyal yang membantu saat ingin mengambil keputusan trading.

Istilah ini menunjukkan posisi saham yang berhasil menembus ke atas level harga tertentu. Sehingga seringkali kondisi ini dinanti-nantikan oleh para trader karena dapat memberikan peluang yang baik dalam meraup keuntungan.

Untuk itu pada artikel ini kita akan membahas pengertian, cara menentukan breakout, strategi trading yang dapat digunakan, hingga potensi false breakout. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Arti Istilah Breakout dalam Saham

Breakout dalam saham adalah istilah yang menggambarkan suatu kondisi di mana harga saham bergerak menembus garis resisten. Resisten mengacu pada level psikologis yang menahan agar saham tidak naik terlalu signifikan. Sehingga ketika resisten tersentuh, ada kemungkinan kenaikan akan tertahan dan harga saham berbalik arah menjadi turun.

Namun apabila berhasil naik melewati resisten, maka indikasinya saham mengalami breakout yang kemudian berpotensi untuk melanjutkan tren naik yang lebih panjang. Sinyalnya akan lebih akurat jika dikonfirmasi oleh volume transaksi yang tinggi. Inilah alasannya mengapa breakout dianggap sebagai peluang yang baik bagi para pelaku pasar. Maka dari itu istilah breakout dalam saham harus kamu pahami.

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya breakout. Mulai dari adanya peningkatan kinerja yang tercermin dalam laporan keuangan emiten tersebut, hingga isu-isu regional maupun global yang membawa dampak positif dan pada gilirannya menyebabkan penguatan pada harga saham.

Baca juga: 7 Faktor yang Memengaruhi Pergerakan Harga Saham

Cara Menentukan Breakout Saham

Pertama-tama kita perlu menentukan garis support dan resisten terlebih dahulu. Kebalikan dari resisten, support adalah alas harga yang posisinya ada di bawah harga saat ini untuk menahan penurunan harga saham.

Support dan resisten bisa ditentukan dengan menggunakan horizontal line, trendline, moving average, dan lain-lain. Cara menentukan breakout saham dilihat dari posisi harga saham yang naik melewati area tersebut. Jika resisten sudah tertembus, itu artinya breakout sudah terjadi.

istilah breakout dalam saham

Gambar di atas menunjukkan LPPF yang ter-breakout dari horizontal line sebagai resistennya. Horizontal line didapat melalui garis yang ditarik dari satu titik.

istilah breakout dalam saham

Sedangkan contoh gambar ini menggunakan MA100 daily sebagai resistennya. Maksud dari MA100 adalah indikator moving average yang menghitung rata-rata harga saham selama 100 hari. Terlihat harga saham di atas berhasil melewati garis resisten dari MA100 daily.

Baca juga: Indikator Lagging dan Leading, Mana yang Harus Dipakai untuk Analisis Teknikal?

Strategi Trading Saat Breakout

Selain mempelajari istilah breakout dalam saham, pelajari juga strateginya sebagai bekal saat melakukan trading. Pada dasarnya breakout dijadikan sinyal beli karena harga cenderung terus bergerak naik setelah mengalami breakout. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk menambah koleksi saham.

Posisi pembelian dilakukan ketika harga ditutup di atas resisten (buy on breakout) dan disertai dengan volume transaksi yang tinggi sebagai konfirmasi. Akan lebih ideal kalau breakout terjadi di stage 1 (fase akumulasi) yang selanjutnya bergerak ke stage 2 (fase partisipasi). Sebab fase partisipasi merupakan fase bullish continuation di mana harga saham akan terus merangkak naik sampai ke tinggi tertinggi yang baru.

istilah breakout dalam saham

Baca juga: 4 Tips Screening Saham Multibagger

Potensi False Breakout

Tahukah kamu? Kalau sekalipun saham berhasil menembus resisten, tetap ada potensi di mana harga saham kembali bergerak turun dan tidak melanjutkan penembusan. Hal ini disebut dengan istilah false breakout. Maka dari itu trader harus benar-benar cermat saat membaca pergerakan pasar supaya bisa terhindar dari jebakan ini yang tentunya merugikan.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk menghindari false breakout? Tips pertama, jangan langsung beli ketika saham mengalami breakout. Lebih baik tunggu sampai harga ditutup di atas resisten. Tips kedua, jika ingin jual, tunggu sampai harganya ada di bawah support.

Selengkapnya bisa kalian baca di artikel berikut ini.

Baca juga:  Cara Mengetahui False Breakout Pattern pada Saham

Demikian adalah penjelasan mengenai istilah breakout dalam saham. Kira-kira saham apa yang berpotensi untuk buy on breakoutUpgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade.

Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.





Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelInsight

Saham Grup Barito Merosot, Kapan Balik Arah?

10 Jan 2024, 10:48 WIB
article
ArtikelTeknikal

Strategi Trading Saham Saat Market Sideways

14 Jan 2023, 13:30 WIB
article
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelTeknikal

Setting Moving Average Terbaik yang Wajib Kamu Tahu

2 Des 2022, 17:05 WIB
article
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi