Insight
Teknikal
Pemula
Fundamental
Psikologi Trading
Manajemen Risiko
Perencanaan Keuangan
Emtradepedia
premium-iconPemula

3 Cara Mengetahui Big Investor Masuk ke Saham Tertentu

18 Mei 2022, 17:46 WIB
Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
banner-image

Big investor atau big fund adalah mereka yang punya modal investasi dalam jumlah masif. Biasanya merupakan investor asing dan investor institusi seperti manajer investasi. Sebagai retail, penting untuk kita memperhatikan arus modal mereka. Alasannya karena selain punya dana besar, big fund terutama smart money juga punya keunggulan berupa expertise dan informasi yang baik. Sehingga cukup signifikan dalam menggerakkan harga saham. Contohnya saat big fund melakukan pembelian, besar kemungkinan harganya akan naik. Sebaliknya saat big fund melakukan penjualan, harganya berpotensi turun.

Top Foreign Buy

Top foreign buy adalah informasi yang berisikan daftar saham dengan nilai transaksi asing terbesar. Biasanya ada di aplikasi saham atau platform lain yang menyediakan berita seputar capital market.

Top foreign buy menjadi salah satu indikator masuknya big investor mengingat IHSG yang sampai saat ini masih secara signifikan digerakkan oleh flow asing. Hal ini terbukti dari kenaikan indeks selama kuartal pertama 2022, yaitu sebesar 7,2% dengan net buy asing mencapai Rp3,2 triliun.

Melihat besarnya angka tersebut, trader maupun investor dapat memperhatikan aksi jual dan beli asing untuk mengetahui masuknya aliran dana big investor sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan.

Baca juga: Net Buy dan Net Sell Asing di Pasar Saham, Apa dan Bagaimana Pengaruhnya?

Top Transaction

Cara berikutnya adalah dengan melihat top transaction saham. Seperti namanya, top transaction memuat beberapa saham dengan transaksi paling besar dalam satu hari bursa. Namun perlu diketahui, top transaction merupakan sumber informasi yang sifatnya lagging (telat).

Selain itu investor dan trader harus lebih teliti karena tidak semua transaksi tinggi menandakan bahwa ada big fund yang masuk ke saham tersebut. Transaksi tinggi juga bisa berarti aksi jual yang tinggi. Sehingga harus diperhatikan lagi, apakah harga sahamnya naik atau justru turun saat ada transaksi besar?

Cermati pula saham yang menjadi top transaction. Sebab seringkali transaksi besar terjadi pada saham-saham yang rentan dimanipulasi yang secara prospek bisnisnya mungkin masih dipertanyakan.

Baca juga: Analisa Bid Offer Saham untuk Mengetahui Likuiditas Saham

Chart Saham


Tidak hanya top foreign buy dan top transaction, indikator masuknya big investor juga dapat dilihat melalui chart saham. Sebagai informasi, cara big investor membeli suatu saham biasanya tidak dilakukan dalam satu kali pembelian. Hal ini dikarenakan besarnya modal yang mereka miliki mungkin saja dapat mengganggu pergerakan harga sahamnya jika dilakukan secara sekaligus.

Maka dari itu umumnya metode cicil digunakan oleh big fund saat membeli saham tertentu. Masa di mana big fund melakukan cicil beli saham disebut dengan istilah fase akumulasi atau stage 1 siklus saham. Jika dilihat melalui chart, fase ini ditandai dengan tren saham yang relatif bergerak sideways dan volume yang konvergen. Artinya, harga naik volume naik, harga turun volume juga ikut turun.

Baca juga: Belajar Membaca Chart Saham untuk Pemula

Upgrade jadi VIP member untuk menikmati semua fitur Emtrade. Dengan menjadi VIP member, kamu bisa menikmati trading signal, referensi saham, konten edukasi, analisis, research report, tanya-jawab saham intensif, morning dan day briefing, dan seminar rutin setiap akhir pekan.

Klik di sini untuk upgrade menjadi VIP member Emtrade.

-RE-

emtrade.id/disclaimer

Setiap saham yang dibahas menjadi case study, edukasi, dan bukan sebagai perintah beli dan jual. Trading dan investasi saham mengandung risiko yang menjadi tanggung jawab pribadi. Emtrade tidak bertanggung jawab atas setiap risiko yang mungkin muncul.






Bagikan
whatsapp
Facebook
Twitter
linkedin
telegram
Artikel Lainnya
ArtikelTeknikal

Ciri-Ciri Saham yang Menarik untuk Trading Saat Market Turun

10 Jan 2023, 15:32 WIB
article
ArtikelPemula

Pilih Jadi Swing Trader atau Super Trader? Harus Tahu Ini Dulu!

11 Mar 2023, 11:07 WIB
article
ArtikelPemula

Kamu Bisa Jadi Full Time Trader Kalau…

13 Okt 2022, 16:20 WIB
full time trader
ArtikelPsikologi Trading

3 Mindset Trader Saham yang Penting Dimiliki Agar Lebih Konsisten

5 Sep 2022, 16:01 WIB
mindset trader
Video Populer
logo-emtrade

Aplikasi edukasi saham, bisa tanya jawab, dapat referensi saham, praktis, membuatmu bisa langsung praktek

Instagram
Youtube
Tiktok
Twitter
Facebook
Spotify
Telegram
Download Aplikasi
appstoreplaystore

Terdaftar dan Diawasi

logo-ojkIzin Usaha Penasihat Investasi : S-34/D.04/2022
kominfoTanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik Nomor :002568.01/DJAI.PSE/04/2022

© 2024, PT Emtrade Teknologi Finansial

Syarat & KetentutanKebijakan Privasi